Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Cache dengan Mudah di Android

 


Meskipun banyak smartphone memiliki ruang penyimpanan lebih besar dari sebelumnya, namun tidak butuh waktu lama untuk menggunakannya. Dengan aplikasi, foto, video, dan lainnya, perangkat anda akan kehabisan ruang dengan cepat. Pelaku tersembunyi lainnya adalah file cache. Untungnya, anda dapat menghapus file cache dengan mudah di Android dan mendapatkan ruang anda kembali.



Apa Itu File Cache


Terlepas dari bagaimana kedengarannya, file cache belum tentu merupakan hal yang buruk. Faktanya, aplikasi menggunakannya untuk menawarkan anda pengalaman yang lebih baik. Misalnya, browser anda menyimpan file dari website yang anda kunjungi agar saat anda berkunjung kembali ke website tersebut halaman website akan di muat lebih cepat.


Namun seiring waktu, ukuran dan jumlah file akan bertambah. Ini mengarah ke cache besar yang dengan mudah bisa berukuran gigabyte. Anda sebenarnya tidak membutuhkannya dan biasanya tidak akan melihat banyak perbedaan kecepatan.


Sebaiknya hapus file cache Android setiap minggu atau setiap bulan. Jika anda sering melakukan streaming musik dan TV, lebih baik menghapusnya setiap minggu.



Bersihkan Perangkat Android dengan Tools Bawaan


Tergantung pada versi Android yang anda miliki, ada dua opsi untuk membantu anda menghapus file cache Android. Sayangnya, Android 10 menghapus metode termudah, yang berfungsi dengan baik untuk pengguna Android 9.



1. Untuk Android 10 dan 11


Tergantung pada jumlah aplikasi yang telah anda instal, proses ini dapat memakan waktu lima hingga sepuluh menit. Saya memiliki sekitar enam puluh aplikasi di ponsel saya, dan saya membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk membaca semuanya.

  • Buka Settings dan pilih Apps.
  • Kemudian pilih aplikasi dan ketuk Storage.
  • Ketuk Clear Cache di bagian bawah. Jangan mengetuk Clear data karena anda akan menghapus semua data aplikasi, seperti akun, setting, kemajuan game dan lainnya.



Ulangi proses untuk setiap aplikasi. Kabar baiknya adalah anda benar-benar hanya perlu melakukan ini dengan aplikasi yang sedang anda gunakan. Jika anda memiliki aplikasi yang hanya anda gunakan sesekali, anda mungkin hanya perlu menghapus cache setiap beberapa bulan atau bahkan lebih jarang. Namun, periksa aplikasi yang paling sering anda gunakan setiap minggu atau setiap bulan, karena aplikasi tersebut akan bertambah lebih cepat.



2. Untuk Android 9

  • Buka Settings - Storage, kemudian ketuk Free Up Space.
  • Selanjutnya ketuk Temporary Files & Raw Files.
  • Pilih Cached data dan ketuk Delete di bagian bawah.


Jika anda mau, anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketig untuk menghapus file cache. Anda dapat menggunakan CCleaner, Cleaner for Android dari Systweak dan Phone Cleaner dari Innovana Techlabs.


Jika anda masih mengalami masalah dengan penyimpanan, anda mungkin memiliki file yang tersisa setelah menguninstall aplikasi Android. Anda juga dapat membaca lebih lanjut cara membebaskan ruang penyimpanan internal ponsel Android.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghapus Cache dengan Mudah di Android"