Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus File dan Folder yang Tersisa Setelah Uninstall Aplikasi di Android


Terkadang, ketika suatu aplikasi telah habis masa manfaatnya, anda ingin menghapus instalannya untuk memberi jalan bagi yang baru. Menghapus instalan aplikasi cukup mudah: cukup buka daftar aplikasi, temukan aplikasi, dan tekan tombol Uninstall.

Sayangnya, bagi mereka yang menyukai system file yang bersih, beberapa aplikasi akan meninggalkan sisa file pada penghapusan instalasi. File-file ini dibuat oleh aplikasi sehingga dapat melakukan tugasnya tetapi tidak dihapus dengan benar setelah aplikasi dihapus. Ini bisa mengganggu ketika system perangkat anda secara perlahan tersumbat oleh file dan folder yang tidak digunakan. Solusinya kemudian, adalah menemukan cara untuk secara andal menghapus sisa data aplikasi pada perangkat Android.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghapus sisa data yang di tinggalkan oleh aplikasi tersebut.


1. Pembersihan Manual

Anda dapat mengurangi jumlah data yang tertinggal setelah dihapus dengan menghapus data. Ini tidak akan selalu sempurna, tetapi ini solusi yang bagus jika anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan apapun untuk melakukannya. Penting juga untuk dicatat bahwa anda melakukan ini sebelum aplikasi dihapus instalasinya.

Catatan : Dalam artikel ini saya menggunakan Android 9.

  • Untuk melakukan ini, masuk ke Settings perangkat anda (ini dapat bervariasi dari perangkat ke perangkat, tetapi anda biasanya dapat sampai disana dari aplikasi Settings dalam daftar aplikasi anda). Dari sini, pilih Apps.
  • Pilih aplikasi yang ingin anda hapus.


  • Pilih Storage, kemudian tekan Clear data dan/atau Clear cache (Untuk Android dibawahnya, langsung pilih Clear data dan/atau Clear cache).


  • Ini akan menghapus data tambahan yang telah diinstal aplikasi, yang mungkin memberikan penghapusan instalasi yang lebih bersih.
  • Setelah itu kembali ke halaman sebelumnya dan klik Uninstall, dan konfirmasikan dengan mengklik OK.




2. Menggunakan SD Maid

Jika anda lebih suka melakukan pembersihan yang benar (atau hanya menginginkan solusi aplikasi sederhana), SD Maid adalah cara yang fantastis untuk menghapus data aplikasi yang tersisa di ponsel Android. Ini adalah aplikasi pembersihan umum dengan beberapa opsi yang terkunci di balik pembelian premium. Namun, kemampuan untuk membersihkan file sisa yang tidak dikunci.

Segera setelah anda menjalankan SD Maid, anda akan diberikan beberapa opsi. Yang anda inginkan adalah CorpseFinder yang tidak bernama. Ketuk nama untuk melihat fungsinya, atau ketuk panah bundar di sebelah kanan untuk memulai. Ini akan mencari file yang tersisa oleh aplikasi yang dihapus.


Setelah pencarian, ia akan memberitahu anda jika telah menemukan file. Anda dapat mengetuk tombol CorpseFinder untuk melihat file yang menurutnya adalah file sisa atau tekan ikon delete di sebelah kanan untuk membuangnya.


Pada layar hasil file, anda dapat mengetuk file individual untuk menghapusnya atau menahan-tekan untuk memilih file yang akan dihapus. Ini sangat berguna jika anda ingin menargetkan file tertentu yang terdeteksi oleh CorpseFinder.

Jika anda ingin mengecualikan file, pastikan tidak ada file lain yang dipilih, kemudian tekan dan tahan file yang ingin anda simpan dan pilih pin di bagian atas.


3. Menggunakan ES File Explorer

ES File Explorer sedikit lebih penuh fitur daripada SD Maid. Pada intinya, ini memungkinkan anda untuk mengatur file di perangkat anda serta di perangkat di jaringan yang sama dengan anda. Itu juga dilengkapi dengan Cleaner tool yang tahan lama yang membantu membersihkan file tak berguna. ES File Explorer juga dapat membuang APK yang tidak lagi diperlukan, iklan sampah, dan file thumbnail. Namun, untuk artikel ini, kita akan fokus pada bagaimana hal itu dapat menghapus data aplikasi yang tersisa di perangkat Android.

Untuk menggunakannya, setelah menginstal ES File Explorer, gunakan Cleaner tool.


Aplikasi kemudian akan menscan perangkat anda untuk file yang berlebihan. File apapun yang tersisa dari aplikasi yang terinstal akan muncul di bawah Residual Junk di halaman hasil. Jangan ragu untuk menelusuri apa lagi yang ditemukan ES File Explorer untuk benar-benar membuang system file anda.


Anda dapat mengetuk hasil untuk melihat detailnya dan mengetuk ceklist di sebelah kanan untuk memilih/membatalkan pilihan file untuk dihapus. Setelah selesai, tekan Clean Now, dan itu akan menyingkirkan file-file sial tersebut untuk anda.

Sayangnya aplikasi ini telah dihapus dari Play Store karena alasan keamanan, dimana aplikasi pengaturan file gratis yang paling banyak di download ini sudah tertanam sebuah adware Charging Boot. Namun anda jangan kawatir karena anda dapat menggunakan versi Pro-nya.


4. Menggunakan Files by Google

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini adalah aplikasi pengatur file buatan Google. Anda cukup untuk menginstal Files by Google, kemudian buka. Penggunaannya cukup sederhana. Pada tampilan awal, silahkan pilih Clean dibagian bawah layar, kemudian pada bagian Junk files klik Confirm and free up xxx MB.

Pada pop-up yang muncul anda dapat melihat file apa saja yang akan di hapus. Setelah itu klik Clear dan proses pembersihan file akan berjalan.



Setelah mengetahui bahwa ES File Explorer versi gratisnya dipenuhi oleh bloatware maka pilihan yang baik untuk kita adalah SD Maid atau yang paling aman adalah Files by Google. Namun jika anda rela mengeluarkan sedikit biaya, pantas untuk tetap menggunakan ES File Explorer versi pro-nya karena tersedia begitu banyak fitur yang ada di dalamnya.

Memiliki file yang berlebihan di sekitar system anda bisa sangat menjengkelkan. Dengan trik ini, anda dapat menghapus data aplikasi yang tersisa di perangkat android untuk memberikan ruang bagi yang baru. Anda dapat melakukannya secara manual atau menginstal aplikasi yang akan mengurus semua pekerjaan yang membosankan untuk anda.

Semoga bermanfaat. Apa metode favorit anda untuk menghapus file sisa yang berlebihan pada perangkat anda? Beritahu saya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menghapus File dan Folder yang Tersisa Setelah Uninstall Aplikasi di Android"