Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membebaskan Ruang Penyimpanan Internal Ponsel Android


Salah satu penyebab anda mengganti ponsel Android anda dengan yang baru adalah besar ruang penyimpanan internal. Saat anda telah memilikinya, jika anda memeriksa penyimpanan anda sebagiannya telah digunakan oleh system operasi, bloatware atau aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya, yang berarti anda tidak dapat memiliki besar ruang penyimpanan yang sama persis seperti yang tertera pada spesifikasi produk. Untungnya, ada banyak cara untuk membebaskan ruang penyimpanan di ponsel Android.


Mengapa Ruang Penyimpanan Android Penuh?

Ruang penyimpanan yang tidak memadai adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi pengguna Android. Ada beberapa alasan untuk ini:
  • System operasi yang besar.
  • Berkas teks dengan foto dan video.
  • Aplikasi yang berisi file media besar seperti game, aplikasi pengedit audio atau video dan file yang didownload untuk penggunaan offline.
  • File resource media yang besar.
  • Aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan.
  • Pembaruan aplikasi utama.


Cara Menghapus Ruang Penyimpanan di Android

Jika anda kehabisan ruang yang menyebabkan anda harus terus-menerus mengelolanya, berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membersihkan ruang penyimpanan di ponsel Android anda.


Manajer Penyimpanan Internal Android

Android memiliki tools bawaan "free up space" yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan ruang penyimpanan yang dapat digunakan di perangkat anda. Dalam panduan ini saya menggunakan smartphone Samsung A50 + Android 10 + One UI v.2.0. Langkah-langkahnya mungkin tidak persis sama pada perangkat anda tetapi anda dapat mengikuti proses yang serupa.

1. Buka Settings pada ponsel anda dan ketuk Device Care.


2. Selanjutnya ketuk Storage. Anda akan melihat informasi tentang ruang yang tersedia, ruang yang digunakan dan berbagai kategori data pengguna pada perangkat anda.


3. Ketuk Advanced kemudian Internal storage maka anda akan disuguhkan informasi yang lebih terperinci. Untuk Android 9, ketuk tiga titik vertikal di bagian atas pada layar ini dan lihat Analisis penyimpanan dan Pengaturan Penyimpanan. Dalam Analisis Penyimpanan, gangguan penggunaan Penyimpanan Internal, file duplikat, file besar dan file yang tidak digunakan dapat dilihat.


4. Ketuk kategori mana saja untuk memilih item yang ingin anda hapus dari setiap kategori. Dalam contoh ini dan video dipilih dan dihapus dengan mengetuk ikon hapus (tempat sampah) di bagian bawah layar. Perangkat dan versi Android lainnya memiliki opsi Free Up space dan opsi seperti Remove Items, yang memungkinkan anda membersihkan file media setelah membackupnya, aplikasi yang tidak digunakan, dan file yang didownload. Atau gunakan Google Files jika diinstal.


5. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi tertentu, buka Settings - Apps dan ketuk nama aplikasi untuk mengetahui ukuran, penyimpanan yang digunakan oleh data pengguna, dan ruang yang digunakan oleh cache.


6. Ketuk Storage.

7. Layar selanjutnya menunjukkan opsi Clear data dan Clear cache untuk aplikasi tertentu.


Catatan: Anda sebaiknya memilih Clear cache daripada memilih Clear data karena hal ini mungkin secara tidak sengaja menghapus file atau data penting anda sekaligus.


Periksa Aplikasi di Perangkat Android Anda

Aplikasi sering menggunakan ruang penyimpanan paling banyak di perangkat anda. Seringkali ketika sebuah aplikasi didownload, ada kecenderungan anda tidak menguninstallnya jika tidak digunakan pada saat itu, dengan pemikiran bahwa anda mungkin akan menggunakannya untuk nanti.

Anda dapat menghemat ruang dengan menghapus aplikasi yang tidak pernah anda gunakan, atau yang jarang digunakan, atau yang tidak digunakan selama berbulan-bulan. Sangat mudah untuk menemukan aplikasi mana yang tidak pernah anda gunakan aplikasi dalam waktu yang lama dengan menggunakan langkah-langkah ini:

1. Buka Play Store dan kemudian ketuk Menu (tiga garis horizontal) di kiri atas layar, kemudian ketuk My apps & games.

2. Selanjutnya ketuk Installed.


3. Buka On this device dan ketuk ikon di sisi kanannya yang memungkinkan anda untuk mengurutkan daftar aplikasi anda.

4. Pilih Last Used. Di sini anda akan melihat aplikasi yang baru saja anda gunakan, dan anda dapat menemukan aplikasi yang sudah lama tidak anda gunakan dibagian bawah daftar aplikasi.


Gunakan File Manager

Perangkat Android anda mungkin memiliki file yang tidak diinginkan, duplikat, atau kedaluwarsa yang memonopoli ruang, terutama jika anda telah menggunakan perangkat anda untuk waktu yang lama.


File Manager dapat membantu anda melihat folder file yang mengambil ruang pada perangkat anda. Selain itu, beberapa pengelola file dapat membantu anda menemukan dan menghapus file yang menghabiskan penyimpanan anda seperti file yang sangat besar, file duplikat dan file sampah tanpa anda harus melakukannya secara manual.

Idealnya, anda harus memiliki waktu untuk memeriksa file-file yang ingin dihapus oleh File Manager sehingga hal-hal penting anda tidak dihapus sama sekali.


Upload File Media ke Cloud

Foto dan video adalah salah satu penyebab utama dari habisnya ruang penyimpanan. Mereka mengambil begitu banyak ruang sehingga lebih baik untuk mengirim mereka ke layanan penyimpanan cloud daripada menyimpannya di ponsel anda.

Untuk pengguna Android, foto anda mungkin sudah diupload ke Google Photos secara otomatis. Jika tidak, mulai backup foto anda ke Google Photos dan membebaskan ruang di ponsel anda.


Untuk file musik, upload koleksi anda ke Google Play Music daripada menyimpannya di ponsel anda dan streaming di ponsel atau tablet anda melalui koneksi Internet.

Jika anda mempunyai PC, sebaiknya anda sinkronisasikan menggunakan OneDrive sehingga file secara otomatis tersimpan di PC anda dan kemudian anda dapat menghapus file yang ada di ponsel Android anda. Ini merupakan cara yang selalu saya lakukan untuk membebaskan ruang penyimpanan ponsel sekaligus membackup file foto atau video secara otomatis.



Pindahkan Data Anda ke Kartu MicroSD

Masih kehabisan ruang? Anda dapat memindahkan file dan data anda ke kartu microSD. Banyak perangkat Android memiliki slot untuk kartu microSD, meskipun ini menjadi kurang umum di ponsel kelas atas.


Jika anda memilikinya, beli kartu microSD, masukkan ke perangkat dan miliki ruang penyimpanan ekstra untuk menyimpan file dan aplikasi media. Ingatlah untuk memformat kartu SD sebagai penyimpanan internal atau portabel dan sambungkan ponsel atau tablet Android anda ke komputer untuk memindahkan file ke ruang kosong di kartu.

Dengan ruang penyimpanan yang dibebaskan, anda sekarang dapat membuat ponsel anda berjalan lebih cepat, multitask dengan benar, atau bahkan menginstal Fortnite di ponsel Android anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pemikiran dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Membebaskan Ruang Penyimpanan Internal Ponsel Android"