Memperbaiki Windows Backup Error 0x8078012D, The request could not be performed because of an I/O device error
Beberapa pengguna Windows melaporkan bahwa saat mereka mencoba menggunakan Windows Backup and Restore Tool, itu akan selalu berakhir dengan melihat pesan error dengan error code 0x8078012D. Masalah ini dilaporkan terjadi pada Windows 7, Windows 8.1, Windows 10 dan Windows 11.
Pesan error lengkapnya akan terlihat seperti berikut dibawah ini.
The operation failed due to a device error encountered with either the source or destination, The request could not be performed because of an I/O device, Error 0x8078012D.
Setelah menyelidiki masalah khusus ini secara menyeluruh, ternyata ada beberapa penyebab yang mendasar yang dapat menyebabkan error 0x8078012D ini terjaddi saat menggunakan Windows Backup and Restore Tool. Penyebab itu antara lain service Windows Backup dinonaktifkan, bad sector hard drive, file system yang rusak dan juga terjadi konflik dengan Shark007 Codec Pack atau dengan antivirus pihak ketiga yang anda install.
Memperbaiki Windows Backup Error 0x8078012D, The request could not be performed because of an I/O device error
Dengan mengetahui penyebab umum terjadinya error ini, ada beberapa metode perbaikan yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki error 0x8078012D di system anda. Mari kita bahas satu per satu metode yang terlibat secara mendetail.
1. Jalankan CHKDSK /R pada Sumber atau Volume Tujuan
Error 0x8078012D, The request could not be performed because of an I/O device error dapat disebabkan oleh bad sector pada hard drive. Oleh karena itu, kita perlu memperbaiki bad sector pada hardrive tersebut dengan menjalankan perintah CHKDSK untuk memeriksa error pada disk.
- Untuk itu luncurkan Command Prompt dengan hak admin dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter. Atau anda dapat membukany dari Search Windows dengan mengklik kanan dan pilih Run as administrator.
- Kemudian, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.
- Setelah selesai, restart PC anda dan coba kembali Windows Backup and Restore Tools.
- Buka Services dari Start menu atau dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
- Di jendela Services, temukan dan klik dobel pada service Windows Backup di panel kanan.
- Selanjutnya ubah Startup type menjadi Manual dan klik Start.
- Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
- Restart PC anda dan periksa apakah masalah masih berlanjut.
- Untuk menghapus backup yang ada, luncurkan Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
- Selanjutnya di Control Panel, pilih System and Security dan klik Backup and Restore (Windows 7).
- Atau anda dapat membukanya melalui Settings (Win + I), kemudian pilih Update & Security. Selanjutnya klik Backup di panel kiri dan klik Go to Backup and Restore (Windows 7) di panel kanan.
- Sekarang klik Manage Space dan kemudian klik View Backups.
- Kemudian pilih file backup anda dan klik Delete.
Post a Comment for "Memperbaiki Windows Backup Error 0x8078012D, The request could not be performed because of an I/O device error"