Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Windows Backup Error 0x8078012D, The request could not be performed because of an I/O device error

 


Beberapa pengguna Windows melaporkan bahwa saat mereka mencoba menggunakan Windows Backup and Restore Tool, itu akan selalu berakhir dengan melihat pesan error dengan error code 0x8078012D. Masalah ini dilaporkan terjadi pada Windows 7, Windows 8.1, Windows 10 dan Windows 11.


Pesan error lengkapnya akan terlihat seperti berikut dibawah ini.

The operation failed due to a device error encountered with either the source or destination, The request could not be performed because of an I/O device, Error 0x8078012D.



Setelah menyelidiki masalah khusus ini secara menyeluruh, ternyata ada beberapa penyebab yang mendasar yang dapat menyebabkan error 0x8078012D ini terjaddi saat menggunakan Windows Backup and Restore Tool. Penyebab itu antara lain service Windows Backup dinonaktifkan, bad sector hard drive, file system yang rusak dan juga terjadi konflik dengan Shark007 Codec Pack atau dengan antivirus pihak ketiga yang anda install.



Memperbaiki Windows Backup Error 0x8078012D, The request could not be performed because of an I/O device error


Dengan mengetahui penyebab umum terjadinya error ini, ada beberapa metode perbaikan yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki error 0x8078012D di system anda. Mari kita bahas satu per satu metode yang terlibat secara mendetail.



1. Jalankan CHKDSK /R pada Sumber atau Volume Tujuan


Error 0x8078012D, The request could not be performed because of an I/O device error dapat disebabkan oleh bad sector pada hard drive. Oleh karena itu, kita perlu memperbaiki bad sector pada hardrive tersebut dengan menjalankan perintah CHKDSK untuk memeriksa error pada disk.

  • Untuk itu luncurkan Command Prompt dengan hak admin dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter. Atau anda dapat membukany dari Search Windows dengan mengklik kanan dan pilih Run as administrator.
  • Kemudian, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.
chkdsk /r
  • Setelah selesai, restart PC anda dan coba kembali Windows Backup and Restore Tools.
Anda juga dapat memeriksa kesehatan hard drive anda menggunakan utilitas dari masing-masing produsen hard drive anda dan kemudian memperbaikinya.


2. Aktifkan Services Windows Backup

Solusi ini mengharuskan anda untuk mengaktifkan service Windows Backup dari Services Windows. Untuk mengaktifkan service ini, ikuti langkah-langkah yang dibawah ini.
  • Buka Services dari Start menu atau dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Services, temukan dan klik dobel pada service Windows Backup di panel kanan.


  • Selanjutnya ubah Startup type menjadi Manual dan klik Start.


  • Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Restart PC anda dan periksa apakah masalah masih berlanjut.


3. Pilih Lokasi Lain untuk Menyimpan File Backup

Jika anda masih menghadapi Error 0x8078012D, The request could not be performed because of an I/O device error saat menjalankan Windows Backup and Restore, maka coba pilih lokasi lain untuk menyimpan backup anda. Anda dapat melakukannya saat membuat backup file anda.


4. Buat Backup Anda dalam Clean Boot State

Jika masalah disebabkan oleh program yang bentrok, maka cobalah memperbaikinya di Clean Boot State. Anda juga dapat membackupnya dari sana. Untuk memecahkan masalah di Clean Boot State, anda dapat menonaktifkan semua Microsoft Services dan kemudian membuat backup kembali menggunakan Windows Backup and Restore tool.


5. Gunakan File History untuk Membuat File History

Jika anda menghadapi error 0x8078012D ini saat membackup file system anda, maka coba lakukan hal yang sama dengan File History. Untuk melakukannya, anda dapat membaca artikel saya tentang cara backup data anda menggunakan Windows File History.


6. Buat Backup Baru

Error 0x8078012D bisa jadi karena file backup yang rusak. Oleh karena itu, anda harus menghapus backup yang ada dan membuat ulang backup tersebut.
  • Untuk menghapus backup yang ada, luncurkan Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Selanjutnya di Control Panel, pilih System and Security dan klik Backup and Restore (Windows 7).
  • Atau anda dapat membukanya melalui Settings (Win + I), kemudian pilih Update & Security. Selanjutnya klik Backup di panel kiri dan klik Go to Backup and Restore (Windows 7) di panel kanan.


  • Sekarang klik Manage Space dan kemudian klik View Backups.


  • Kemudian pilih file backup anda dan klik Delete.



Dengan cara ini, backup anda yang ada dihapus. Dan sekarang, buat backup yang baru dan periksa apakah masalah tetap ada.

Saya berharap metode diatas membantu anda dalam memperbaiki Backup Error 0x8078012D. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang file yang wajib di backup untuk membantu memulihkan hard drive yang rusak di Windows atau cara backup data di PC Windows yang tidak dapat booting.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Windows Backup Error 0x8078012D, The request could not be performed because of an I/O device error"