Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memeriksa dan Memperbaiki Bad Sector Pada SSD


Sangat menjengkelkan jika berurusan dengan komputer yang tidak bekerja, tidak mau booting, atau memiliki informasi yang tidak dapat dibaca. Mungkin ada sejumlah masalah yang dapat menyebabkan masalah ini, dan menentukan penyebabnya tidak selalu mudah. Anda harus memeriksa apakah ada bad sector di ruang penyimpanan anda.


Bad Sector

Bad sector terjadi ketika sebagian hard disk tidak dapat lagi ditulis atau dibaca. Ketika anda menyimpan sesuatu di hard drive, informasi disimpan di lebih dari satu sektor, yang mungkin berdekatan atau tidak berdekatan. Jika sektor apapun dengan informasi dari file tersebut rusak, tidak mungkin untuk mengakses file itu tanpa terjadi error.

Bad sector dari hard drive menyebabkan kinerja PC anda terlalu buruk dan terlalu panas karena itu sangat sulit untuk membaca data dari hard drive dengan banyak bad sector. Anda juga dapat kehilangan file penting atau mendapatkan error Blue Screen of Death (BSoD) ketika sektor-sektor ini menyebabkan masalah dengan komputer anda.


Freeware untuk Memeriksa Bad Sectors

Menggunakan freeware untuk mencari dan memperbaiki bad sector bukanlah solusi yang ideal. Banyak dari mereka memiliki fungsi terbatas dan dapat menetapkan batasan pada jumlah atau ukuran file yang dapat dipulihkan. Namun, jika anda ingin memulai dengan sesuatu yang gratis untuk melihat apakah anda dapat memperbaiki masalah tanpa menghabiskan banyak uang, salah satu tools ini dapat membantu anda memulai.


1. SeaTools dari Seagate

Seagate memiliki dua program software pengujian hard drive gratis - SeaTools Bootable dan SeaTools untuk Windows. Versi bootable lebih lengkap fitur, tetapi SeaTools untuk Windows lebih mudah digunakan.


Menjalankan tes dan melakukan perbaikan menggunakan SeaTools mudah dan cepat. Anda dapat memulai hanya dengan beberapa klik mouse anda.

SeaTools untuk Windows melakukan beberapa tes mendasar yang dapat membantu menentukan kesehatan hard drive anda, dan semua jenis drive internal dapat diuji, serta drive eksternal yang terhubung oleh firewire atau USB. Program menguji sebagian besar hard drive terlepas dari pabriknya. Ini juga termasuk informasi yang berguna tentang drive seperti nomor seri, kapasitas, tingkat rotasi, ukuran cache, dan revisi firmware.


2. Macrorit Disk Scanner

Macrorit Disk Scanner adalah program yang mudah digunakan yang memeriksa hard drive anda untuk bad sector. Ini diatur dengan cepat, karena sepenuhnya portabel dan anda tidak perlu menginstal apapun.


Sebagian besar layar Macrorit menampilkan representasi visual dari kemajuan proses scan dan secara jelas menunjukkan adanya kerusakan. Program sering diperbarui dan berfungsi pada banyak system operasi Windows.

Fitur yang berguna dari Macrorit Disk Scanner adalah tampilan yang menunjukkan berapa banyak waktu scan yang tersisa.

Ada versi berbayar dari program ini dengan lebih banyak fitur atau bagi mereka yang membutuhkan lebih dari penggunaan pribadi.


3. GSmartControl

Anda dapat mendownload GSmartControl untuk Windows sebagai program portabel atau sebagai program biasa yang kemudian anda instal secara normal. Ini berfungsi dengan semua versi Windows hingga XP. Ini juga tersedia untuk Mac dan Linux.


GSmartControl dapat menjalankan tiga tes hard drive yang berbeda dan memberi anda hasil terperinci untuk menunjukkan penilaian kesehatan keseluruhan drive.
  • Short Self-Test: Tes dua menit yang mendeteksi hard drive yang benar-benar rusak.
  • Extended Self-Test: Tes tujuh puluh menit yang memeriksa seluruh permukaan hard drive untuk menemukan kesalahan.
  • Conveyance Self-Test: Tes lima menit yang konon menemukan kerusakan yang terjadi selama pengangkutan drive.


Tes ini juga memberikan anda informasi tentang drive anda, seperti jumlah siklus daya, tingkat kesalahan multi-zona, dan jumlah coba ulang kalibrasi.


4. HDDScan

HDDScan adalah program pengujian hard-drive gratis untuk semua hard drive, tidak peduli pabriknya. Ini adalah program portabel dan tidak perlu diinstal.


Ini sangat mudah digunakan tetapi tidak memiliki dokumen bantuan atau kiat tentang cara menggunakan opsi yang berbeda. HDDScan mendukung sebagian besar antarmuka drive dan tampaknya diperbarui secara teratur. Anda dapat menggunakan HDDScan pada Windows 11, 10, 8, 7, Vista, dan XP, serta Windows Server 2003.

Anda tidak pernah tahu kapan masalah seperti bad sector akan memengaruhi mesin anda, jadi pertahankan semuanya didukung. Jika anda memiliki masalah dengan mesin anda dan mencurigai bad sector pada hard drive anda, pemeriksaan gratis ini mungkin merupakan langkah pertama yang bermanfaat.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memeriksa SMART Failure Predict Status drive di Windows 10/11. Janganlupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memeriksa dan Memperbaiki Bad Sector Pada SSD"