Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset Windows Update Agent ke Default di Windows 10/11

 


Jika anda menghadapi masalah saat mendownload atau menginstall Update Windows di Windows 11/10/8/7, anda pasti ingin menjalankan tools Reset Windows Update Agent dari Microsoft. Reset Windows Update Agent ini digunakan untuk mereset dan memperbaiki semua komponen dan key registry yang terkait  dengan Windows Update, mendeteksi kerusakan, mengganti file system yang rusak, memperbaiki system image yang rusak, mereset pengaturan Winsock, dan sebagainya.


Untuk mulai mengunakannya, download Reset Windows Update Agent. Setelah itu ekstrak semua file dan jalankan ResetWUEng sebagai administrator (Klik kanan dan pilih Run as administrator). Ini akan menjalankan skrip yang disertakan.



Anda akan melihat prompt seperti gambar dibawah. Untuk melanjutkan proses, ketik Y dan tekan Enter untuk mendapatkan layar berikutnya.



Di layar ini anda akan melihat berbagai opsi yang ditawarkan yang memungkinkan anda melakukan hal berikut ini:

  • Menscan semua file system yang dilindungi dan mengganti yang rusak (sfc /scannow).
  • Menscan, mendeteksi dan memperbaiki kerusakan pada system image Windows.
  • Clean up superseded component.
  • Mengubah value yang tidak valid di Windows Registry.


Tools ini juga memungkinkan anda untuk melakukan operasi berikut ini:

  • Membuka pengaturan Internet Explorer.
  • Mencari Windows Update.
  • Memaksa update Group Policy.

  • Explorer untuk solusi lokal atau online
  • Merestart PC anda.



Anda kemudian hanya memasukan nomor sesuai dengan operasi yang ingin anda lakukan dan tekan Enter.


Untuk tutorial ini saya akan mengetik 2 untuk mereset Windows Updates components. Setelah anda melakukan itu, anda akan melihat beberapa pesan seperti pada gambar dibawah ini dimana anda akan melihat Services dihentikan, kemudian Services dimulai, cleanup dijalankan, dan lainnya.


Setelah semua proses selesai, anda dapat menekan tombol apapun untuk melanjutkan. Melakukan ini akan membawa anda kembali ke layar utama tempat anda menemukan daftar semua operasi. Anda kemudian dapat menjalankan operasi lainnya jika anda mau.



Setelah selesai menjalankan semua operasi yang anda inginkan, anda kemudian harus merestart komputer Windows anda.


Tools ini berfungsi pada semua versi Windows, baik itu Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 maupun Windows 11.


Windows Update Troubleshooter adalah tools lain yang dapat membantu anda memperbaiki masalah Windows Update jika anda ingin menggunakannya. Anda juga dapat menggunakan command prompt atau menjalankan BITS Troubleshooter untuk memperbaiki masalah yang sama.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Reset Windows Update Agent ke Default di Windows 10/11"