Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu SetupDiag dan Cara Menggunakannya Untuk Memperbaiki Masalah Update Windows 10/11


SetupDiag adalah utilitas Microsoft gratis yang digunakan untuk mendiagnostik masalah yang mungkin anda temui pada update Windows 10 atau Windows 11.

SetupDiag bekerja dengan memeriksa file log pada settingan Windows. Utilitas ini akan mencoba mem-parsing file log tersebut untuk menentukan akar penyebab kegagalan mengupdate atau mengupgrade komputer anda ke Windows 10 atau Windows 11. SetupDiag dapat dijalankan pada komputer yang gagal dalam update, atau anda dapat mengekspor log dari komputer anda ke lokasi lain dan menjalankan SetupDiag dalam mode offline.

Disini kita akan belajar bagaimana anda dapat menggunakan utilitas ini untuk mempelajari akar penyebab kegagalan dan mengambil tindakan korektif. Sebagai contoh, jika anda menghadapi masalah saat bermigrasi dari versi 1903 ke 1909 (update KB4532695), gunakan utilitas SetupDiag untuk percobaan, karena anda akan belajar apa hambatan sebenarnya.


Download dan Syarat

Download SetupDiag dari link resmi ini. Satu-satunya syarat untuk menggunakan software ini adalah anda menggunakan system operasi Windows 10 dan systemnya setidaknya harus memiliki .NET framework 4.6.

Perintah berikut dapat digunakan untuk memeriksa versi .NET framework di Windows 10 atau Windows 11 anda melalui jendela PowerShell. Selalu gunakan mode administrator untuk pemeriksaan hal semacam ini. Di Windows 10, klik Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin) sementara di WIndows 11, gunakan Search untuk menemukan PowerShell, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Setelah itu masukan perintah dibawah ini di PowerShell dan tekan Enter..

reg query "HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Net Framework Setup\NDP\v4" /s


Seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, versinya adalah 4.8, jadi system sudah memenuhi persyaratan. Anda selalu dapat mendownload versi .NET framework terbaru dari link ini.


Gunakan SetupDiag untuk Mendiagnosa Masalah Update Windows 10/11

Segera setelah anda mengklik file SetupDiag exe, itu akan terbuka pada sebuah jendela command prompt. Anda harus menunggu hingga prosedur selesai saat utilitas ini mengumpulkan informasi dasar dari berbagai log settings Windows.


SetupDiag mem-parsing seluruh system Windows 10 atau Windows 11 dan mencocokkannya dengan 60 atau lebih error rules. Ini termasuk deteksi kegagalan boot, partisi disk system yang tidak mencukupi, kegagalan komponen dan masih banyak lagi.


Dalam contoh khusus ini, SetupDiag mendeteksi satu fatal error plugin seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.


Ketika diagnosis selesai, dua file akan dibuat di folder yang memiliki SetupDiag exe: file log, dan file konfigurasi. Anda dapat melihat hasilnya menggunakan tools ekstrak Zip.


Detail errornya akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini.



Cara Mengatasi Masalah Kemudian

Ada begitu banyak jenis error yang mungkin terjadi selama update sehingga anda harus meninjau setiap error berdasarkan kasus per kasus. Dalam contoh khusus ini, error ini bernama "FindFatalPluginFailure - E48E3F1C-26F6-4AFB-859B-BF637DA49636."

Saya kembali ke error rules yang dibahas di bagian sebelumnya: cocok dengan rules nomor 41. Ini menunjukkan kegagalan fatal plug-in untuk di setup dengan output nama plugin, operasi, dan kode error.


Nama plug-in ditampilkan disini. Itu tersedia melalui pencarian folder sederhana. Seperti yang saya ketahui melalui penelitian online lebih lanjut, plug-in yang rusak tidak kompatibel dengan sebuah system tetapi tidak berbahaya. Ini adalah file DLL yang tidak membawa malware, sehingga dapat dengan mudah diabaikan. Tidak baik menghapus file seperti ini karena program lain mungkin menggunakannya. Selain itu, tidak disarankan untuk mendownload file DLL dari situs web non-Microsoft, karena dapat menyebabkan masalah.


Cara terbaik untuk menangani file yang rusak adalah memperbaikinya menggunakan tools System File Checker (SFC). Masukkan perintah berikut dalam Command Prompt  dengan mode administrator. Setelah file yang rusak diperbaiki, anda kemudian dapat melanjutkan dengan upgrade versi Windows 10 atau Windows 11 anda.

SFC /Scannow

Anda juga dapat melakukan pemeriksaan disk rutin untuk error dengan menjalankan perintah chkdsk diikuti dengan menekan tombol Enter.


Sebagian besar error lain biasanya dapat diperbaiki. Misalnya, jika ruang kosong yang tidak mencukupi pada volume system anda, maka anda dapat menghapus beberapa program yang tidak terlalu anda butuhkan. Lihat link resmi ini untuk pilihan komprehensif kode error upgrade Windows 10 atau WIndows 11 dan solusinya.

Setelah anda memiliki SetupDiag untuk memperbaiki masalah Windows 10 anda, anda dapat menginstal PowerToys untuk memperluas fungsionalitas Windows 10 atau memanfaatkan shortcut ini untuk bekerja lebih cepat di Windows 10.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda dalam mengatasi kegagalan update dan upgrade Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dalam menggunakan SetupDiag. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Apa itu SetupDiag dan Cara Menggunakannya Untuk Memperbaiki Masalah Update Windows 10/11"