Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Shortcut untuk Bekerja Lebih Cepat di Windows 10


Windows menyediakan banyak shortcut bawaan agar pengguna dapat bekerja lebih cepat dan menyelesaikan pekerjaan mereka. Sebagian besar shortcut ini tepat di ujung jari anda, dan jika anda tahu dan menggunakannya bisa lebih produktif. Tapi seperti banyak hal lain di Windows, shortcut ini selalu diabaikan atau tidak pernah digunakan karena sebagian besar pengguna bahkan tidak tahu bahwa shortcut itu ada.

Berikut ini adalah beberapa shortcut terbaik yang menggunakan mouse dan keyboard untuk bekerja lebih cepat di Windows.


1. F2

Banyak pengguna mencoba mengubah nama file atau banyak file dengan mengklik kanan dan kemudian memilih opsi Rename. Tapi tahukah anda ada cara mudah untuk melakukan ini? Untuk mengganti nama file, cukup pilih file kemudian tekan F2 dan ganti nama file apapun yang anda inginkan.



2. CTRL + Seret File atau Folder

Jika anda ingin mengcopy file dengan cepat dari satu folder ke folder lain, cukup tahan tombol Ctrl dan seret file dari sumber ke tujuan. Tindakan ini akan menyalin file dan folder dari satu tempat ke tempat lain. Jika anda hanya menyeretnya dalam folder yang sama maka file tersebut akan diduplikat di folder yang sama.



3. Shift + Seret File atau Folder

Untuk memindahkan file atau folder dari satu tempat ke tempat lain, anda sebenarnya tidak harus menggunakan dua shortcut terpisah. Yang harus anda lakukan adalah tahan tombol Shift dan seret file atau folder dari sumber ke tujuan. Tindakan ini akan memindahkan file dari satu tempat ke tempat lain.



4. ALT + Seret File atau Folder

Kebanyakan orang menggunakan menu konteks klik kanan untuk membuat shortcut untuk file atau folder. Tetapi cara cepat lainnya untuk membuat shortcut adalah dengan drag & drop (seret & melepaskan) file atau folder sambil menahan tombol Alt di keyboard anda.



5. ALT + Spasi

Meskipun tidak semua orang menggunakan Menu System lagi, ini adalah menu yang cukup praktis untuk meminimalkan, memaksimalkan, dan mengembalikan jendela di Windows dengan cepat. Untuk mengakses Menu System dengan cepat, cukup tekan pintasan Alt + Spasi.



6. Shift + Klik Aplikasi di Taskbar

Pernahkah anda bertanya-tanya bagaimana cara membuka banyak jendela dari aplikasi yang sama? Ini sangat sederhana: yang harus anda lakukan adalah tahan tombol Shift dan kemudian klik pada ikon aplikasi pada taskbar. Tindakan ini membuka jendela lain dari aplikasi. Ini sangat pas jika anda ingin membuka beberapa jendela file explorer.



7. CTRL + Klik Aplikasi di Taskbar

Jika anda telah membuka banyak jendela dari sebuah aplikasi yang sama, maka cukup frustasi untuk bolak-balik di antara jendela-jendela itu. Untungnya, anda dapat menggilir banyak jendela dari aplikasi yang sama dengan menahan tombol Ctrl dan mengklik ikon aplikasi di taskbar. Ini seperti membuka foto dan mengklik panah kanan untuk melihat foto selanjutnya.


8. Shift + Klik Kanan

Berbeda dengan menu konteks klik kanan normal pada Windows Explorer, anda dapat membuka menu konteks yang diperluas untuk melihat beberapa opsi tersembunyi tambahan. Untuk melakukan itu, cukup tahan tombol Shift dan klik kanan.



9. CTRL + Shift + Klik kanan pada Taskbar

Jika Explorer bertingkah aneh dan hang, maka restart Explorer adalah hal terbaik untuk dilakukan. Untuk melakukan itu, Ctrl + Shift + klik kanan pada taskbar dan pilih opsi Exit Explorer. Tentu saja, jika anda menggunakan Windows 8 atau 10, maka anda dapat memulai kembali Explorer dari task manager.



10. CTRL + F5

Jika anda ingin me-refresh halaman web sepenuhnya saat membatalkan local cache, maka gunakan Ctrl + F5. Saat anda menggunakan shortcut ini, browser akan menghapus cache halaman web tersebut dan akan meminta salinan baru dari server.


11. ALT + Klik Dobel atau ALT + Enter

Ketika anda menekan tombol Alt + klik dobel pada file atau folder apapun, itu akan dengan cepat membuka jendela Properties. Ini merupakan shortcut yang bermanfaat untuk mengakses properties file dan folder seperti ukuran, izin, dll.



12. CTRL + Klik Dobel atau CTRL + Enter

Jika anda ingin membuka sebuah folder pada jendela baru di Windows Explorer, maka cukup gunakan pintasan Ctrl + klik dobel atau pilih file dan tekan shortcut keyboard Ctrl + Enter.


13. Shift + Klik Tombol Close

Jika anda telah membuka banyak folder menggunakan shortcut di atas (Ctrl + klik dobel), maka menutup semua jendela satu per satu secara manual tidak begitu produktif. Dalam situasi itu, tahan tombol Shift dan klik tombol Close. Tindakan ini akan menutup jendela target bersama dengan jendela awalnya.


14. Win + T

Menggunakan Win + T, anda dapat dengan cepat menelusuri semua ikon di taskbar. Ini adalah shortcut yang sangat membantu jika anda benci menggunakan mouse hanya untuk membuka aplikasi dari taskbar. 



15. Win + Home

Jika desktop anda berantakan dengan jendela yang terlalu banyak, maka gunakan tombol Win + Home untuk meminimalkan semua jendela aplikasi yang terbuka kecuali yang ada dalam fokus anda.


16. CTRL + Shift + Tombol Panah

Saat mengedit dokumen atau menulis sesuatu, anda kadang-kadang mungkin perlu dengan cepat memilih sekelompok teks untuk alasan apapun. Biasanya, kebanyakan dari kita menggunakan tombol Shift + Panah untuk melakukan ini. Tetapi untuk melakukannya lebih cepat, gunakan shortcut Ctrl + Shift + Panah, karena ini akan memblok kata dan paragraf bukan karakter individu.



Sekian tips dari saya. Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan shortcut cepat di atas untuk membuat komputasi anda lebih mudah dan lebih cepat. Lihat juga tips saya lainnya tentang 17 shortcut keyboard khusus windows 10 yang wajib diketahui setiap pengguna. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "16 Shortcut untuk Bekerja Lebih Cepat di Windows 10"