Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Penipuan Dengan Malware Troubleshooter


Tidaklah aneh jika sebuah malware akan menyebabkan munculnya blue screen di PC anda. Namun, pernahkah anda mendengar tentang penipuan malware atau malware palsu? Ini adalah metode serangan malware Troubleshooter yang menghasilkan blue screen yang tampak meyakinkan untuk mengelabui dan membuat panik pengguna agar melakukan apapun yang mereka inginkan.


Apa Itu Troubleshooter?

Seperti yang anda ketahui, Troubleshooter adalah sebuah fitur Windows yang digunakan untuk memecahkan masalah pada system Windows. Sementara itu malware Troubleshooter sebenarnya bukan sebuah fitur troubleshooter yang sebenarnya. Nama proses yang digunakan oleh peretas ini adalah upaya untuk mengelabui pengguna agar mereka berpikir bahwa ini adalah bagian yang ditampilkan oleh system Windows sendiri. Terlepas dari namanya yang terdengar sangat membantu, tidak ada yang berguna sama sekali tentang malware jahat ini.


Malware Troubleshooter digolongkan sebagai metode serangan yang dikenal sebagai tech support scams (penipuan dukungan teknis). Metode penyerangan mereka biasanya adalah penyerang yang berpura-pura menjadi agen yang baik hati. Ini bisa datang dalam bentuk antivirus palsu atau malware cleaner yang membuat klaim palsu atas infeksi virus dan menuntut pembayaran untuk memperbaikinya. Terkadang peretas langsung menelepon orang untuk menanyakan tentang komputer mereka dan menawarkan bantuan dengan jumlah yang kecil.

Malware Troubleshooter, menggunakan metode yang tidak sering terlihat dengan serangan ini. Alih-alih mencoba mendorong pengguna untuk percaya tentang adanya sesuatu yang salah dengan PC mereka, kemudian mereka mencoba membuatnya terlihat seperti ada sesuatu yang salah dengan menampilkan blue screen of death (BSoD) palsu. Saat pengguna khawatir dan membutuhkan bantuan, malware Troubleshooter langsung masuk ke "help," meskipun menyebabkan masalah di tempat pertama.


Bagaimana Malware Troubleshooter Bekerja

Saat PC anda terinfeksi oleh Troubleshooter, hal pertama yang akan anda lihat adalah blue screen palsu. Setelah itu, Troubleshooter akan membuka jendela yang meniru Windows, memberitahu anda bahwa PC anda telah rusak. Mereka akan mengklaim bahwa ada kesalahan dengan file .DLL di system komputer dan jika anda mereset komputer, itu mungkin melakukan kerusakan permanen pada system operasi. Tentu saja, semua yang terjadi ini adalah palsu.


Troubleshooter yang disebut kemudian akan melakukan scan palsu pada PC anda dan menampilkan daftar file .DLL yang diklaim hilang. Ini kemudian akan memberitahu anda bahwa anda dapat memperbaiki "file yang hilang" ini dengan membeli Windows Defender Essentials dengan harga yang ditawarkan melalui PayPal. Tentu saja, anda sebenarnya tidak membeli apapun yang berhubungan dengan Windows. Yang anda lakukan disini hanyalah mengirim kepada pembuat Troubleshooter seharga yang di tawarkan. Setelah anda membayar, Troubleshooter mendeteksi ini dan menyatakan bahwa semua file .DLL telah diperbaiki. Jadi pada dasarnya, anda membayar untuk memperbaiki masalah yang disebabkan oleh Troubleshooter palsu itu sendiri.


Cara Mengalahkan Malware Troubleshooter

Tentu saja Troubleshooter palsu benar-benar melakukan penipuan terhadap anda. Ia mengunci anda dari PC anda sampai anda membayar. Dan ada cara untuk menghindari malware jahat ini.

Troubleshooter palsu mengklaim bahwa mereset PC anda akan merusak, tetapi klaim ini (seperti blue screen) adalah palsu. Ini murni upaya untuk menghentikan anda dari mencoba menyiasatinya. Jika anda memiliki cara untuk booting ke safe mode, restart PC dan masuk ke Safe Mode. Disini, anda dapat secara individual menghapus komponen Troubleshooter palsu dan mendapatkan kembali PC anda. Malwarebytes memiliki panduan mendalam tentang cara melakukan ini.


Pada halaman panduan tersebut, sudah dijelaskan secara terperinci langkah-langkah yang harus anda lakukan. Saya hanya menambahkan bagaimana cara masuk Windows dengan Safe Mode di Windows 10 atau Windows 8, setelah itu ikuti saja langkah demi langkah yang harus anda lakukan.


Meskipun tech support scams biasanya melaporkan error yang sebenarnya tidak ada, namun malware Troubleshooter adalah vektor serangan yang lebih langka yang mencoba mengelabui anda dengan berpikir bahwa error sedang terjadi. Dan sekarang anda tahu cara kerjanya dan yang lebih pentingnya adalah anda tahu cara memulihkan PC anda agar tidak terkena malware Troubleshooter.

Pernahkah anda atau seseorang yang anda kenal, terjebak dengan tech support scams? Ceritakan kisah anda di bawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Penipuan Dengan Malware Troubleshooter"