Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Windows Stuck di Layar Edit Boot Options

 


Jika anda menggunakan mesin dual-boot, anda mungkin melihat layar Edit Boot Options selama proses booting. Layar ini biasanya hilang dengan menekan Enter, namun terkadang menolak untuk pergi dan memerlukan waktu lebih lama dari biasanya. Artikel ini akan menunjukkan cara menghapus layar Edit Boot Options. Jadi, jika komputer Windows anda stuck di layar Edit Boot Options, lihat solusi yang disebutkan dalam artikel ini.




Memperbaiki Windows Stuck di Layar Edit Boot Options


Jika komputer Windows 10 atau Windows 11 anda stuck di layar Edit Boot Options, maka ikuti beberapa solusi dibawah ini untuk memperbaikinya. Mari kita bahas solusinya secara terperinci.


Jika anda dapat membooting komputer anda ke system Windows, maka anda dapat langsung menuju ke solusi ketiga, dimana kita dapat melihat cara menghapus layar Edit Boot Options atau terus melihat layar karena keyboard anda mungkin akan berfungsi sekarang.



1. Reset CMOS


Solusi ideal untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menonaktifkan layar Edit Boot Options. Namun, karena komputer anda stusck dan tidak dapat melewati layar boot, maka anda tidak dapat melakukan itu.


Pada dasarnya, alasan anda terjebak di layar Edit Boot Options adalah karena komputer anda tidak mendaftarkan input dari keyboard anda. Alasan paling mungkin untuk hal ini adalah baterai CMOS yang terkuras habis. Jadi, anda dapat meng-clear CMOS atau jika baterai CMOS sudah terkuras habis, maka anda perlu mengganti baterai CMOS pada komputer anda.




2. Gunakan Keyboard Berkabel


Komputer anda mungkin gagal mendaftarkan keyboard wireless saat boot, sehingga anda tidak dapat menekan Enter untuk melewati layar Edit Boot Options. Jadi, saya menyarankan anda menggunakan keyboard berkabel untuk melakukan booting ke system operasi anda dan kemudian menonaktifkan layar Edit Boot Options sepenuhnya.



3. Nonaktifkan Layar Edit Boot Options


Untuk menonaktifkan layar Edit Boot Options, anda perlu masuk ke system operasi anda. Setelah anda berhasil masuk ke system operasi, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • D jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
bcdedit /set optionsedit no
  • Anda kemudian akan mendapatkan pesan The operation completed successfully.


Setelah selesai, anda tidak akan mendapatkan layar Edit Boot Options yang bermasalah setiap kali anda menyalakan komputer anda.


4. Reset BIOS

Jika semuanya gagal, saya menyarankan anda mereset BIOS anda ke pengaturan default, kemudian booting komputer anda ke Windows dan nonaktifkan Edit Boot Options seperti yang disebutkan sebelumnya. Jika masalah ini disebabkan oleh pengaturan BIOS yang salah dikonfigurasi, maka mereset BIOS adalah cara yang harus dilakukan.



Mudah-mudahan, anda dapat mengatasi masalah ini menggunakan solusi yang disebutkan disini.

Explorer lebih lanjut: Reset Windows 10 atau Windows 11 anda menggunakan Advanced Startup Options ketika PC tidak dapat booting.

Bagaimana cara memperbaiki PC yang stuck di menu boot?
Jika Windows stuck di menu boot, anda harus melakukan hard reset terlebih dahulu dan melihat apakah berhasil. Jika anda menggunakan desktop, coba lepaskan dari sumber listrik dan tunggu beberapa menit. Pengguna laptop sebaiknya melepas baterai jika memungkinkan atau membiarkan dayanya habis. Jika tidak berhasil, lihat panduan saya untuk mempelajari apa yang harus dilakukan ketika Windows tidak dapat booting.

Bagaimana cara memperbaiki PC stuck di Choose an Option?
Idealnya, anda harus bisa memilih OS dan masuk ke dalamnya. Namun jika menu dual boot tidak muncul atau tidak berhasil, maka buka Troubleshoot - Advanced Options. Kemudian, buka Startup Repair dan ikuti petunjuk di layar untuk memperbaikinya. Setelah memperbaiki system, anda seharusnya dapat mengatasi masalah tersebut.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Windows stuck di layar Edit Boot Options di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Windows Stuck di Layar Edit Boot Options"