Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki PC Menggunakan Integrated Graphics, bukan GPU

 


Tidak ada seorangpun yang ingin menggunakan integrated graphics setelah menginvestasikan banyak uang pada GPU dedicated. Namun, anda mungkin memperhatikan bahwa dalam beberapa kasus, PC Windows menggunakan integrated graphics, bukan GPU dedicated anda. Dalam artikel ini, saya akan membahas masalah ini dan melihat bagaimana cara anda mengatasinya.



Memperbaiki PC Menggunakan Integrated Graphics, bukan GPU


Jika PC anda menggunakan integrated graphics dan bukan GPU dedicated anda, maka ikuti solusi, rekomendasi dan solusi yang disebutkan dibawah ini. Mari kita bahas ini secara terperinci.



1. Periksa Sambungan Kabel HDMI Anda


Pertama-tama, saya menyarankan anda memeriksa koneksi kabel HDMI anda dan memastikan semuanya utuh. Anda mungkin harus memeriksa kabel HDMI dan memastikan kabel tersebut dicolokkan ke graphics card di bagian belakang komputer atau ke motherboard tergantung pada OEM anda. Jadi, jika anda memiliki buku petunjuk, maka periksalah atau hubungi OEM anda dan mintalah panduan dari mereka. Jika koneksi anda baik-baik saja, tetapi anda mengalami masalah ini, lanjutkan ke solusi berikutnya. Anda juga dapat memeriksa graphics card anda berfungsi atau tidak.



2. Paksa Program untuk Dijalankan dengan Graphics Card Dedicated


Jika ada program yang tidak dapat berjalan pada integrated graphics, maka saya menyarankan anda memaksanya untuk dijalankan dengan GPU dedicated. Sebenarnya cukup sederhana, anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dibawah ini untuk melakukan hal yang sama.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih System di jendela Settings..
  • Di halaman berikutnya, klik Display di panel kiri dan klik Graphics settings di panel kanan.
  • Selanjutnya, pilih aplikasi anda dan klik Options.
  • Di jendela Graphics preference, pilih High performance dan klik Save untuk menyimpannya.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan pilih Display di panel kanan.
  • Sekarang, gulir ke bawah di panel kanan dan klik Graphics.
  • Selanjutnya, pilih aplikasi anda dan klik Options.
  • Di jendela Graphics preference, pilih High performance dan klik Save untuk menyimpannya.



Sekarang, saat anda menjalankan aplikasi tersebut, aplikasi tersebut akan menggunakan GPU dedicated yang jauh lebih bertenaga.



3. Update BIOS


GPU dedicated anda mungkin juga gagal berfungsi jika BIOS tidak diupdate. Oleh karena itu, saya menyarankan anda untuk mengupdate BIOS anda dan memeriksa apakah masalahnya telah teratasi atau tidak. Menjaga BIOS anda juga penting untuk solusi selanjutnya yang akan kita lihat.




4. Nonaktifkan Graphics Card Integrated


Jika ada banyak aplikasi yang seharusnya berjalan dengan graphics dedicated dan bukan yang integrated, maka saya tidak menyarankan anda memaksa semuanya satu per satu secara manual. Sebagai gantinya, anda dapat menonaktifkan GPU integrated untuk memastikan bahwa semua aplikasi menggunakan graphics dedicated.


Ikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini untuk melakukan hal yang sama.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Display adapters.
  • Selanjutnya, klik kanan pada graphics integrated anda dan klik Disable device.



Anda kemudian harus menonaktifkan juga card dari BIOS. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Booting ke BIOS anda.
  • Di jendela BIOS, pergi ke tab Advanced atau Chipset.
  • Kemudian, ubah Primary graphics adapter ke PCI/PCIe dari Auto atau IGFX. Atau ubah Integrated Graphics ke Disable.
  • Setelah itu, atur VGA priority ke Offboard.
  • Sekarang, simpan perubahan dan restart komputer anda.



Ini akan memaksa semua aplikasi yang berjalan di komputer anda untuk dijalankan dengan GPU dedicated yang lebih bertenaga dan mumpuni.



5. Update Graphics Card Dedicated Anda


Menonaktifkan grafis terintegrasigraphics integrated mungkin memaksa komputer anda untuk berjalan dengan driver display generik Windows jika driver GPU dedicated tidak up to date. Itu sebabnya, mengupdate driver anda adalah hal yang paling penting.


Oleh karena itu, saya menyarankan anda untuk mengupdate driver graphics card anda. Untuk mengupdate graphics card dedicated anda, ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk AMD, di artikel ini untuk NVIDIA dan artikel ini untuk Intel graphics.




6. Install Ulang Driver Display Anda


Jika mengupdate driver graphics dedicated tidak berhasil, saya menyarankan anda untuk menginstall ulang driver graphics dedicated untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi, pertama-tama, download driver versi terbaru dari website OEM dan gunakan DDU untuk menguninstall driver display anda. Terakhir, install driver yang anda download tadi.




Itu dia!


Cara menghentikan komputer saya menggunakan graphics integrated?

Untuk menghentikan komputer anda menggunakan graphics integrated, anda perlu menonaktifkannya dari Device Manager. Jadi, buka Device Manager, perluas Display adapter, klik kanan pada driver graphics integrated dan pilih Disable device. Anda dapat memeriksa langkah-langkah yang disebutkan sebelumnya untuk menonaktifkannya juga dari BIOS.


Apa yang terjadi jika anda menggunakan graphics integrated dan bukan GPU dedicated?

Graphics integrated tidak sekuat graphics dedicated. Jadi, jika anda memutuskan untuk menggunakan graphics integrated dan bukan GPU, banyak aplikasi dengan graphically-intensive akan berhenti berjalan. Bahkan jika mereka berjalan di komputer anda, pengalamannya tidak akan mulus.


Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki PC menggunakan Integrated Graphics, bukan GPU. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki PC Menggunakan Integrated Graphics, bukan GPU"