Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Scan for hardware changes di Windows 10/11

 


Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara Scan for hardware changes di Windows 10 dan Windows 11. Semua perangkat periferal yang kita hubungkan ke system kita memerlukan driver khusus. Driver ini diperlukan agar perangkat berfungsi dengan baik. Windows menginstall driver perangkat secara otomatis saat kita menghubungkan perangkat ke system kita.


Scan for hardware changes adalah fitur Windows 10 dan Windows 11 dimana Windows menscan perubahan hardware pada system dan menginstall driver setiap kali perangkat terhubung ke komputer. Windows menscan perubahan hardware setiap kali anda menghubungkan perangkat ke system anda dan menghapus perangkat dari system anda.



Cara Scan for hardware changes di Windows 10/11


Meskipun Windows 10 atau Windows 11 secara otomatis menscan perubahan hardware setiap kali anda menghubungkan perangkat baru ke system dan menghapus perangkat yang terhubung dari system, anda dapat menscan perubahan hardware secara manual. Saya akan menunjukkan kepada anda metode berikut untuk menscan perubahan hardware di Windows 10 dan Windows 11.

  • Menggunakan Device Manager
  • Melalui Command Prompt


Dibawah ini saya telah menjelaskan kedua metode tersebut secara mendetail.



1. Scan for hardware changes MenggunakanDevice Manager


Anda dapat menscan perubahan hardware menggunakan Device Manager dengan mengikuti petunjuk tertulis dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager. Anda juga dapat menekan tombol Win + R, kemudian ketik devmgmt.msc dan tekan Enter.
  • Selanjutnya, pilih kategori manapun di jendela Device Manager.
  • Setelah itu, klik pada menu Action dan pilih Scan for hardware changes.



Alternatifnya, anda juga dapat mengklik ikon terkait pada toolbar Device Manager. Di Device Manager, berbagai ikon tersedia di toolbar. Arahkan kursor mouse anda ke setiap ikon untuk melihat namanya. Dengan cara ini, anda dapat mengidentifikasi mana yang merupakan ikon Scan for hardware changes.



Satu lagi cara untuk menscan perubahan hardware di Device Manager adalah dengan mengklik kanan kategori perangkat manapun atau nama komputer anda di Device Manager. Klik kanan pada kategori perangkat apapun atau nama komputer anda dan pilih Scan for hardware changes di menu konteks klik kanan.




2. Scan for hardware changes Menggunakan Command Prompt


Cara selanjutnya untuk menscan perubahan hardware di Windows 10 dan Windows 11 anda adalah dengan menggunakan Command Prompt. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.
pnputil.exe /scan-devices
  • Anda kemudian akan melihat pesan Scanning for hardware changes di jendela Command Prompt.
  • Setelah scan selesai, Command Prompt akan menampilkan pesan Scan complete.
  • Sekarang, anda dapat menutup jendela Command Prompt.



Scan for hardware changes atau pnputil /scan-devices Tidak Berfungsi

Di atas, kita telah melihat dua cara Scan for hardware changes pada Windows 10 dan Windows 11, dimana satunya melalui Device Manager dan yang lainnya melalui Command Prompt. Namun jika Scan for hardware changes atau pnputil /scan-devices tidak berfungsi di komputer Windows anda, maka anda dapat menggunakan perbaikan berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

Biasanya, ketika perangkat berhenti bekerja atau tidak berfungsi dengan benar, menguninstall dan menginstall ulang drivernya akan memperbaiki masalah. Dalam proses ini, pengguna diinstruksikan untuk menghapus driver perangkat yang bermasalah melalui Device Manager dan kemudian me-restart komputer mereka. Alternatifnya, mereka dapat menscan perubahan hardware setelah menghapus instalasi driver perangkat. Windows secara otomatis menginstall driver yang hilang saat komputer direstart atau melakukan Scan for hardware changes.

Untuk beberapa pengguna, Windows gagal menginstall driver yang hilang. Mereka juga mencoba menscan perubahan hardware melalui Device Manager dan Command Prompt secara manual tetapi tidak berhasil.

Jika Scan for hardware changes atau pnputil /scan-devices tidak berfungsi di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, gunakan saran berikut untuk memperbaiki masalah tersebut.


1. Restart Komputer Anda

Saya mengalami masalah ini di laptop saya. Perintah Scan for Hardware Changes tidak berfungsi untuk saya. Saya me-restart laptop saya dan masalahnya telah teratasi. Terkadang masalah terjadi karena kesalahan kecil yang dapat diperbaiki hanya dengan me-restart komputer. Oleh karena itu, saya menyarankan qnda me-restart komputer qnda dan melihat apakah itu membantu.


2. Pastikan Anda Menggunakan Command Prompt dengan ak Admin

Jika anda menscan perubahan hardware melalui Command Prompt, anda perlu meluncurkannya sebagai administrator. Jika tidak, perintah tidak akan berhasil dijalankan dan anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.
Failed to scan for devices.
Access is denied.



3. Buat User Account Baru

Terkadang, masalah terjadi pada user account tertentu. Hal seperti itu terjadi ketika user account rusak. Oleh karena itu, hal pertama yang dapat anda lakukan adalah memperbaiki user account yang rusak. Namun jika itu tidak membawa perubahan, maka anda dapat membuat user account baru di system anda dan lihat apakah itu membantu.



4. Install Driver yang Hilang Secara Manual

Kita perlu menscan perubahan hardware saat kita menghapus driver perangkat atau jika Windows tidak menscan perubahan hardware secara otomatis. Jika anda telah menguninstall driver perangkat dan sekarang anda menghadapi masalah saat menginstall ulang driver, maka anda dapat menginstall driver secara manual. Download driver versi terbarunya dari website produsen dan jalankan file installer untuk menginstall driver perangkat.

Jika perbaikan yang disebutkan di atas tidak berhasil, anda dapat mencoba me-restore system anda ke titik kerja sebelumnya atau me-reset PC anda.


Opsi Scan for hardware changes Hilang

Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka tidak menemukan opsi Scan for hardware changes pada menu Action di Device Manager. Jika opsi Scan for hardware changes tidak ada di system anda, maka anda dapat menggunakan perbaikan berikut untuk mengatasi masalah tersebut. Sebelum melanjutkan, periksa update Windows secara manual dan install update tersebut jika tersedia.


1. Pilih Kategori di Device Manager

Saat anda hendak menscan perubahan hardware secara manual, penting untuk memilih kategori terlebih dahulu di Device Manager. Jika tidak, anda tidak akan melihat opsi ini di menu Action. Alternatifnya, anda juga dapat memilih nama komputer anda di Device Manager, kemudian klik pada menu Action. Ini akan menunjukkan opsi Scan for hardware changes kali ini.


2. Perbaiki File System

File system yang rusak dapat menjadi penyebab masalah ini. Jika setelah memilih kategori di Device Manager, opsi Scan for hardware changes masih tetap hilang, maka system anda mungkin memiliki file yang rusak. Oleh karena itu, anda perlu memperbaiki file system anda dengan menjalankan scan SFC dan DISM melalui Command Prompt.


3. Lakukan System Restore

System Restore adalah tool canggih di komputer Windows yang membantu pengguna memulihkan system mereka ke kondisi kerja sebelumnya jika terjadi masalah. System Restore dapat berfungsi dalam kasus ini. adi, lakukan System Restore, namun dengan catatan, anda telah membuat system restore point sebelum masalah ini terjadi. Saat melakukan tindakan ini, pilih tanggal sebelum masalah ini terjadi. 


4. Reset PC

Anda juga dapat mereset PC anda ke pengaturan default pabrik tanpa menghapus data. Ini seharusnya memperbaiki masalah ini.


Itu dia. Semoga membantu.

Bagaimana cara memeriksa hardware di Windows 10/11?
Anda dapat memeriksa spesifikasi hardware anda di Windows 10 atau Windows 11 melalui System Information. Untuk itu, klik Search Windows dan ketik System Information. Pilih pada hasil pencarian. Sekarang, anda dapat melihat ringkasan system, detail komponen dan lainnya. Alternatifnya, Anda juga dapat menginstall tool pihak ketiga seperti HWiNFO.

Bagaimana cara menscan perubahan hardware pada network adapter?
Proses untuk Scan for hardware changes pada network adapter anda atau pada hardware lainnya adalah sama. Buka evice Manager dan pilih kategori Network adapters. Sekarang, klik menu Action dan klik Scan for hardware changes.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menscan perubahan hardware di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Scan for hardware changes di Windows 10/11"