Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80070422 Saat Membuat System Restore Point di Windows 10/11

 


Jika anda mendapatkan error code 0x80070422 saat membuat system restore point, maka berikut cara memperbaiki masalah tersebut pada PC Windows 10 dan Windows 11. Karena hal ini terutama terjadi jika beberapa service tidak berjalan di background atau beberapa software antivirus pihak ketiga memblokirnya, saya telah membahas setiap kemungkinan solusi secara mendetail untuk memecahkan masalah tersebut untuk anda.



Memperbaiki Error 0x80070422 Saat Membuat System Restore Point di Windows 10/11


Jika komputer Windows 10 atau Windows 11 anda gagal membuat restore point dengan error code 0x80070422, maka ikuti beberapa solusi berikut untuk memperbaikinya.



1. Periksa Services


Ada beberapa service yang perlu dijalankan di background untuk membuat system restore point. Jika salah satu service tersebut tidak berjalan, maka anda mungkin mengalami masalah ini. Service-service tersebut adalah sebagai berikut:

  • COM+ Event System
  • Microsoft Software Shadow Copy Provider
  • Remote Procedure Call
  • System Event Notification Service
  • Volume Shadow Copy
  • Windows Backup


Untuk memeriksa apakah service ini berjalan atau tidak, anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, periksa semua Status pada masing-masing service yang disebutkan diatas.
  • Jika Stopped, maka klik dobel pada service tersebut.


  • Selanjutnya di jendela properties, ubah Startup type ke Automatic dan klik Start pada bagian Service status.
  • Setelah itu klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.




2. Nonaktifkan Antivirus untuk Sementara


Beberapa pengguna mengalami masalah ini karena mereka menginstall software keamanan atau aplikasi antivirus pihak ketiga di komputer mereka. Itu sebabnya saya menyarankan anda untuk menonaktifkan antivirus anda untuk sementara dan memeriksa apakah itu memperbaiki masalah anda atau tidak.



3. Pastikan Ruang Disk Tersedia


Saat anda membuat system restore point, ini menghabiskan sebagian ruang di hard disk anda. Jika anda tidak memiliki penyimpanan kosong yang cukup, maka ada kemungkinan besar masalah ini terjadi di komputer anda. Persyaratan penyimpanan yang tesedia bergantung pada jumlah data yang anda miliki di drive C atau drive system. Anda harus mengosongkan dan menambah ruang hard disk di komputer Windows anda



4. Jalankan CHKDSK


Terkadang, error ini mungkin terjadi ketika anda memiliki bad sector di hard drive anda. Itulah mengapa menjalankan CHKDSK dapat berguna bagi anda untuk mengatasi masalah ini. Anda mungkin memerlukan waktu untuk menjalankanna dan jangan hentikan prosesnya hingga selesai.




Saya harap solusi ini berhasil untuk anda.


Bagaimana cara memperbaiki error code 0x80070422?

Jika anda mendapatkan error code 0x80070422 saat mengaktivasi Windows 10 atau Windows 11, maka anda perlu memeriksa status Windows License Manager Service, menjalankan troubleshooter dan memastikan bahwa anda memiliki koneksi internet yang valid. Namun, jika anda mendapatkan error code 0x80070422 saat mengupdate Windows, maka anda harus memeriksa service Windows yang terkait update terlebih dahulu. Kemudian, anda dapat menjalankan troubleshooter.


Bagaimana cara memperbaiki error 0x80070422 pada Microsoft Store?

Untuk memperbaiki error code 0x80070422 Microsoft Store saat menginstall aplikasi atau game, maka anda perlu menjalankan troubleshooter menggunakan aplikasi Get Help terlebih dahulu. Kemudian, anda dapat menggunakan System File Checker dan memastikan anda memiliki cukup ruang di hard disk anda. Terakhir, disarankan untuk mendaftar ulang aplikasi Microsoft Store.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80070422 saat membuat System Restore Point di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80070422 Saat Membuat System Restore Point di Windows 10/11"