Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Noise Statis Realtek Audio di Windows 10/11

 


Pada artikel ini, kita akan melihat cara memperbaiki noise statis Realtek Audio di Windows 10 atau Windows 11. Noise statis dapat menyebabkan masalah saat menggunakan komputer, terutama saat menonton video atau mendengarkan lagu favorit anda.



Memperbaiki Noise Statis Realtek Audio di Windows 10/11


Saran berikut ini akan membantu anda memperbaiki noise statis Realtek Audio di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan Audio Troubleshooter


Anda dapat menggunakan Audio Troubleshooter dengan menggunakan aplikasi Get Help atau menjalankannya dari jendela Settings Windows. Troubleshooter ini adalah aplikasi yang akan membantu anda mengatasi masalah tersebut. Setelah anda meluncurkannya, anda akan ditanyai beberapa pertanyaan. Pilih jawaban yang tepat berdasarkan masalah yang anda alami. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan kemudian klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, pilih Playing Audio di panel kanan dan kemudian klik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter yang muncul, ikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Setelah itu restart PC anda dan periksa kembali.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka jendela Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, temukan Playing Audio dan klik Run yang berada tepat di sampingnya.
  • Di jendela troubleshooter, ikuti petunjuk yang ditampilkan.
  • Setelah itu, restart PC anda dan periksa apakah masalah telah di perbaiki atau tidak.




2. Jalankan System Diagnostics


Anda juga dapat menjalankan system diagnostic. Windows 10 dan Windows 11 memiliki tool bawaan yang bernama System Information. Anda dapat menggunakan tool ini untuk menghasilkan laporan kesehatan untuk system anda.


Beberapa produsen komputer menyediakan fitur ini dalam software khusus yang mereka kembangkan. Misalnya, aplikasi MyASUS memungkinkan anda menjalankan pemeriksaan system lengkap di bagian System Diagnosis jika anda memiliki komputer ASUS.



3. Install Ulang Driver Realtek Audio


Driver Realtek Audio yang out of date atau rusak dapat menyebabkan masalah ini. Menguninstall driver dan kemudian menginstall driver Audio kembali dapat membantu memperbaiki masalah ini. Untuk melakukannya, gunakan langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Mnager, perluas bagian Sound, video and game controllers.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver Realtek(R) Audio dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian, klik Uninstall pada jendela konfirmasi.
  • Setelah menguninstall driver Realtek Audio, restart PC anda untuk menginstallnya kembali. Alternatifnya, anda dapat mengklik Action dan memilih Scan for hardware changes.



Anda juga dapat menginstall ulang driver Realtek Audio versi terbaru dari website produsennya.



4. Rollback Driver Realtek Audio


Terkadang, masalah ini dapat terjadi setelah update Windows tertentu, asalkan Windows Update juga telah memengupdate drivernya. Anda dapat mencoba me-rollback driver Realtek Audio anda dalam kasus seperti itu.



5. Nonaktifkan Audio Enhancement


Saya juga menyarankan anda untuk menonaktifkan Audio Enhancement. Terkadang, fitur ini dapat menyebabkan masalah pada beberapa perangkat audio. Untuk mengonfirmasi apakah anda mengalami hal ini, nonaktifkan fitur ini. Gunakan petunjuk dibawah ini untuk menonaktifkan fitur Audio Enhancement.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik mmsys.cpl dan tekan Enter untuk membuka pengaturan Sound.
  • Di jendela Sound, pilih perangkat audio default anda dan klik Properties.
  • Di jendela properties perangkat audio default anda, alihkan ke tab Enhancements.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Disable all sound effects (Windows 10) atau Disable all enhancements (Windows 11).
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.




6. Interferensi Elektromagnetik


Ada kemungkinan noise statis yang tidak diinginkan disebabkan oleh interferensi elektromagnetik. Noise yang tidak diinginkan ini dapat berupa noise statis, noise yang berdengung, noise yang bernada tinggi dan lainnya. Fenomena ini terjadi karena adanya medan elektromagnetik. Ada banyak sumber medan elektromagnetik, seperti kabel listrik yang membawa arus, perangkat elektronik dan lainnya. Untuk memeriksa dan memperbaiki masalah ini, pindahkan laptop anda ke tempat lain dan lihat apakah noise statisnya hilang atau tidak.



7. Update BIOS


Jika tidak ada solusi yang berhasil untuk anda, update BIOS anda (jika tersedia). Sebelum mengupdate BIOS, anda perlu memeriksa versi BIOS dari System Information atau Command Prompt. Jika update tersedia, maka install. Anda dapat mendownload update BIOS terbaru dari website resmi produsen komputer anda.



8. Periksa Sound Card Anda


Jika tidak ada solusi di atas yang memperbaiki masalah ini, masalahnya mungkin ada pada sound card anda. Ambil bantuan profesional untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut untuk memeriksa sound card pada laptop atau PC desktop anda.



Semoga membantu.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki noise statis Realtek Audio di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Noise Statis Realtek Audio di Windows 10/11"