Widget HTML Atas

Cara Update dan Instal Ulang Realtek HD Audio Manager


Realtek HD Audio Manager adalah salah satu software paling umum dan berguna yang dimiliki pengguna Windows pada PC mereka tanpa menyadarinya. HD Audio Manager pada dasarnya adalah akhir GUI dari Realtek HD Audio Driver, yang merupakan driver sound default untuk sebagian besar sound card PC (termasuk yang terintegrasi ke motherboard). Cukup sering ada di PC anda, tetapi anda bahkan tidak dapat menemukannya menggunakan pencarian Windows.

Jadi bagaimana anda menemukan Realtek HD Audio Manager, dan bagaimana anda memperbarui dan menginstal ulang driver Realtek? Saya memiliki semua yang perlu anda ketahui disini.


Di mana Realtek HD Audio Manager?

Sebelum men-tweak Realtek HD Audio Manager, anda harus benar-benar tahu dimana menemukannya. Direktori instalasi default untuk Realtek adalah C:\Program Files\Realtek\Audio\HDA. Di sini Anda akan menemukan sejumlah besar file yang tampaknya dapat dieksekusi (.exe), tetapi yang paling penting adalah “RtkNGUI64.” Mengklik doble ini akan membuka Realtek HD Audio Manager.


Anda dapat membuat berbagai penyesuaian disini untuk pengaturan suara yang tidak dapat anda lakukan di tempat lain. (Misalnya, klik ikon roda gigi, lalu Opsi, dan anda dapat mengaktifkan fitur praktis untuk membuat dua perangkat audio terpisah memutar suara secara bersamaan - bagus jika anda ingin menggunakan speaker untuk mendengarkan suara game saat mengobrol dengan seseorang di headset.

Opsi lain yang bermanfaat adalah "Ikon tampilan di area notifikasi" yang memungkinkan anda mengakses HD Audio Manager dari area notifikasi daripada direktori yang disembunyikan dengan baik.


Juga, klik ikon roda gigi, lalu About untuk melihat versi driver anda. Ini penting jika anda ingin menginstal driver Realtek secara manual.


Cara Mengupdate Driver Audio Realtek HD

Mengupdate Realtek HD Audio Manager harus sederhana. Klik tombol Start, lalu ketik device manager, dan klik Device Manager ketika muncul.

Selanjutnya, klik panah di sebelah Audio inputs and outputs untuk menampilkan daftar perangkat audio anda. Anda akan melihat sesuatu di sepanjang baris Speakers (Realtek High Definition Audio). Klik kanan ini dan klik Update driver. (Windows biasanya menjaga driver ini diperbarui secara otomatis, tetapi diketahui tidak berfungsi).


Untuk menginstal ulang driver anda, klik kanan di Device Manager, klik Uninstall device, lalu reboot PC anda.

Jika Realtek di update, itu kabar baik, tetapi peringatan lain adalah bahwa driver terbaru tidak selalu yang terbaik, dan mungkin anda ingin memilih versi driver yang berbeda. Atau kadang-kadang driver terbaru yang disediakan oleh motherboard anda bukan yang terbaru, dan anda mungkin kehilangan kualitas suara terbaik.


Instal Driver Audio Realtek HD secara manual

Untuk mengupdate Driver Audio Realtek HD anda secara manual, anda harus membuka thread ini di Tenforums dimana mereka secara teratur menyediakan tautan ke Driver Audio Realtek terbaru di Katalog Microsoft. (Thread ini berfungsi menjelaskan perbedaan antara driver Audio Realtek). Orang-orang di sana memiliki pendapat berbeda tentang driver mana yang terdengar terbaik, jadi baca dan buat keputusan sendiri.

Ketika datang untuk menginstal driver yang sebenarnya dari Katalog Microsoft, mereka datang sebagai file CAB. Setelah mendownload file CAB, anda perlu menggunakan alat ekstraksi seperti 7-Zip atau WinRAR untuk mengekstrak file CAB ke foldernya sendiri.

Setelah anda mengekstraknya, kembali ke Device Manager, klik kanan Realtek High Definition Audio driver  dan klik Update driver.

Setelah itu, klik Browse my computer for driver software, kemudian pada layar berikutnya klik Let me pick from a list of available drivers.


Klik Have Disk, lalu pada jendela baru klik Browse, lalu pergi ke folder CAB anda yang diekstraksi dan pilih file .inf yang pertama darinya.


Setelah anda selesai melakukannya, klik OK dan driver harus menginstal.

Perlu diingat bahwa Windows umumnya bagus dalam mengupdate dan mencocokkan driver audio yang tepat untuk PC anda, jadi jika anda senang dengan kualitas suara PC anda yang sekarang dan tidak memiliki masalah, maka tidak ada gunanya melakukan banyak percobaan ini.

Apapun itu, selalu ada baiknya mengetahui dimana aplikasi Manajer bersembunyi, karena itu memiliki beberapa fungsi yang lebih dalam lagi.

Sekian tutorial kali ini dan semoga dapat membantu anda. Tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman anda tentang metode diatas. Terimakasih dan GBU.

3 comments for "Cara Update dan Instal Ulang Realtek HD Audio Manager"

  1. Boss..kalo Laptop saya tidak menerima suara dari Mic / earphone saya itu kenapa ya ???

    ReplyDelete
  2. Coba baca https://tipsorialindo.blogspot.com/2019/07/cara-memperbaiki-sound-yang-tidak.html

    ReplyDelete
  3. Mau baca baca harus ijin dl sama juragan blok ya?sedih deh

    ReplyDelete

Post a Comment