Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Install Realtek HD Audio Driver Failure, Error Code 0101

 


Pada artikel ini, saya akan membahas beberapa perbaikan untuk mengatasi Install Realtek HD Audio Driver Failure dengan Error Code 0101 pada Windows 10 atau Windows 11. Ketika driver mengalami malfungsi, perangkat tersebut berhenti bekerja atau tidak berfungsi dengan benar. Masalah ini diperbaiki dengan menginstall ulang atau mengupdate driver perangkat masing-masing. Menurut laporan, pengguna tidak dapat memperbaiki masalah sound di komputer mereka karena installer driver Realtek HD Audio gagal dengan error code 0101.



Memperbaiki Install Realtek HD Audio Driver Failure, Error Code 0101


Jika anda melihat Install Realtek HD Audio Driver Failure dengan Error Code 0101 saat menginstall driver Realtek HD Audio, ikuti beberapa saran yang disebutkan dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Periksa Update Windows


Pertama-tama, restart komputer anda dan coba lagi. Merestart komputer Windows akan memperbaiki error kecil yang mengganggu proses instalasi. Jika ini tidak berhasil, maka periksa update Windows. Jika update tersedia, maka download dan install.


Saya juga menyarankan anda untuk mengupdate driver anda dengan membuka halaman Optional Updates di pengaturan system anda dan melihat apakah ada update untuk driver Realtek HD Audio anda yang tersedia disana. Jika update tersedia disana, maka install. Anda dapat mengatur untuk menginstall Optional Updates secara otomatis di system anda.




2. Download Driver dari Website Resminya atau Install Versi Sebelumnya


Saya menyarankan anda mendownload driver audio dari website resmi pabrikan komputer anda dan kemudian menginstall driver di system anda. Lihat apa yang terjadi kali ini. Semua driver tercantum di website resmi produsen komputer, sehingga pengguna dapat mendownloadnya dengan mudah. Driver Realtek juga terdaftar di webiste resmi Realtek. Anda juga dapat mendownload driver dari sana.


Pergi website resmi perangkat anda atau ke website Realtek, kemudian temukan driver Realtek HD Audio dan download versi terbarunya. Anda juga dapat mencoba menginstall driver Realtek HD Audio versi sebelumnya jika versi terbaru menunjukkan error selama proses instalasi dimana mungkin ada bug pada file installernya.



3. Gunakan Software Khusus dari Pabrikan Komputer Anda


Merek manufaktur komputer menyediakan software khusus untuk penggunanya secara gratis. Anda dapat menggunakan software ini untuk memecahkan berbagai masalah dan menginstall update yang diperlukan. Jika anda mengalami masalah sound, anda dapat menggunakan sofware berdasarkan merek komputer anda untuk memperbaiki masalah tersebut dan mengupdate driver Realtek HD Audio ke versi terbaru.


Beberapa software yang populer antara lain:

  • MyASUS app
  • HP Support Assistant
  • Dell SupportAssist
  • Lenovo System Update



4. Install Driver dalam Safe Mode


Safe Mode adalah mode pemecahan masalah pada komputer Windows. Anda tidak dapat mengupdate driver dalam Safe Mode. Namun, instalasi driver melalui file installer dimungkinkan dalam Safe Mode. Jadi, saya menyarankan anda menginstall driver audio anda dalam Safe Mode dengan menjalankan file installer.



5. Uninstall dan Install Ulang Driver Audio


Driver yang diinstall sebelumnya terkadang dapat menyebabkan masalah. OLeh karena itu, uninstall dan install ulang driver audio melalui Device Manager. Langkah-langkah berikut akan memandu anda dalam melakukan hal ini.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Sound, video and game controllers.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver Realtek High Definition Audio dan pilih Uninstall device.
  • Sekarang, klik Uninstall pada jendela konfirmasi untuk melanjutkan proses uninstall.
  • Setelah menguninstall driver audio, restart komputer anda untuk melihat perubahan hardware.



Jika lankah ini tidak berhasil, uninstall kembali driver audio dan jalankan file installer. Lihat apakah error terjadi lagi selama proses instalasi.



6. Gunakan Opsi Add Legacy Hardware


Anda juga dapat menggunakan opsi Add legacy hardware di Device Manager untuk menginstall driver Realtek HD Audio di system anda. Langkah-langkah berikut akan memandu anda untuk melakukan hal ini.

  • Buka Device Manager seperti langkh diatas.
  • Di jendela Device Manager, klik pada nama komputer anda.
  • Setelah itu, klik menu Action dan pilih Add legacy hardware.
  • Pada jendela Add Hardware yang muncul, klik Next.
  • Di halaman berikutnya, pilih opsi Install the hardware that I manually select from a list (Advanced) dan klik Next.


  • Selanjutnya, pilih opsi Sound, video and game controllers dan klik Next.
  • Sekarang, pilih Realtek di pakel kiri dan pilih driver Realtek High Definition Audio di panel kanan.
  • Kemudian, klik Next untuk menginstall driver.



Setelah selesai, periksa apakah masalah audio telah diperbaiki di system anda. Jika tidak, install driver versi lain dengan mengikuti langkah-langkah yang sama yang dijelaskan diatas.



7. Lakukan System Restore


Jika tidak ada langkah diatas yang memperbaiki error ini, maka saya sarankan anda melakukan system restore. Saat memulihkan system anda, pilih restore point yang dibuat pada tanggal dimana system anda berfungsi dengan baik. Tindakan ini akan memulihkan system anda ke kondisi kerja sebelumnya dan memperbaiki masalah ini.




Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Install Realtek HD Audio Driver Failure, Error Code 0101 di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Install Realtek HD Audio Driver Failure, Error Code 0101"