Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Install Realtek Audio Driver Failure Dengan Error Code No driver supported in this driver package

 


Driver audio Realtek telah menjadi salah satu penyebab paling umum dari masalah Windows. Jika anda menerima error Install Realtek Audio Driver Failure dengan error code No driver supported in this driver package yang diikuti dengan error code seperti 0x00005b3, 0002, 0x000000FF atau lainnya, maka anda tidak akan dapat menginstall driver yang diperlukan untuk sound card Realtek anda.


Ada beberapa skenario dimana masalah ini dapat muncul dan berbagai kemungkinan penyebabnya. Beberapa solusi telah berhasil bagi pengguna yang telah mencoba pendekatan berbeda untuk memecahkan masalah tersebut. Jika masalah ini mempengaruhi anda, lanjutkan membaca untuk mempelajari cara menginstall driver dan memperbaiki masalah tersebut.




Mengapa error tersebut terjadi?


Ada beberapa alasan untuk error Realtek HD Audio Driver Failure, termasuk konflik dengan driver komputer, ruang disk yang tidak mencukupi, system operasi atau arsitektur system yang tidak kompatibel, gangguan dari software pihak ketiga dan masalah hardware dengan sound card.


Hal yang terpenting adalah mencaritahu kapan masalah ini mulai terjadi. Apakah masalah tersebut terjadi setelah menginstall update, driver atau masalah system?


Terkadang, sound card yang mati dapat menyebabkan error ini. Anda harus mengganti sound card anda karena tidak ada perbaikan software untuk masalah ini. Windows tidak akan mengizinkan anda menginstall driver karena hardware-nya mati dan anda tidak akan melihat error atau perangkat apapun di Device Manager dengan tanda seru berwarna kuning atau tanda tanya. Jika demikian, tidak satu pun metode yang disebutkan dibawah ini akan berfungsi.



Memperbaiki Install Realtek Audio Driver Failure Dengan Error Code No driver supported in this driver package


Untuk memperbaiki error Install Realtek HD Audio Driver Failure dengan error code 0x00005b3, 0002, 0x000000FF atau lainnya di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti beberapa solusi berikut dibawah ini.



1. Inisialisasi Ulang Driver


Kemungkinan ada kerusakan pada instalasi driver. Oleh karena itu, anda perlu menginisialisasi ulang instalasi driver pada system anda. Untuk melakukannya, gunakan metode dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Sound, video and game controllers.
  • Setelah itu, klik kanan pada driver Realtek(R) Audio dan pilih Uninstall device dari menu konteks.
  • Kemudian klik Uninstall pada jendela konfirmasi.


  • Selanjutnya, ikuti petunjuk di layar saat diminta untuk menghapus driver dari komputer anda.
  • Setelah uninstall driver selesai, klik menu Action dan pilih opsi Scan for hardware changes.
  • Windows akan mulai mencari dan menginstall driver yang hilang dengan sendirinya.



Setelah selesai, verifikasi apakah masalahnya masih ada atau telah di perbaiki.



2. Periksa Driver yang Tidak Berfungsi dan Update Secara Manual


Anda dapat menemukan driver sound yang tidak berfungsi dengan membuka Device Manager, kemudian memperluas kategori Sound, video, and game controllers dan memeriksa tanda seru atau tanda tanya di sebelah driver sound Realtek. Anda dapat mencoba mengupdate driver sound Realtek yang tidak berfungsi jika Windows tidak mengizinkan anda menginstall driver Realtek.



Ada kemungkinan driver yang diinstall pada PC anda bukan yang terbaru. Jadi, saya menyarankan anda untuk mendapatkan driver langsung dari driver OEM. Namun, sebelum itu hapus semua driver dan software OEM yang terkait dengannya.


Saya harap salah satu metode ini membantu menyelesaikan masalah ini.


Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Install Realtek Audio Driver Failure dengan error code No driver supported in this driver package di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Install Realtek Audio Driver Failure Dengan Error Code No driver supported in this driver package"