Widget HTML Atas

Cara Memutar Musik Melalui Speaker Saat Menggunakan Headphone di PC

 


Bisakah kita memutar musik melalui speaker saat kita menggunakan headphone? Ya kita bisa. Kita sebenarnya bisa menggunakan dua perangkat audio yang berbeda secara bersamaan. Hari ini, dalam artikel kali ini, kita akan belajar tentang tiga metode dimana kita dapat menggunakan headphone dan speaker secara bersamaan di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


Jika anda bertanya-tanya mengapa ada orang yang ingin menggunakan dua perangkat audio pada saat yang bersamaan, itu biasanya terjadi ketika satu orang dalam keluarga ingin menikmati musik di headphone sedangkan yang lain ingin mendengarkannya di speaker. Selain itu, beberapa audio mixing terkadang ingin memutar file audio di dua perangkat berbeda secara bersamaan.



Cara Memutar Musik Melalui Speaker Saat Menggunakan Headphone


Anda dapat memutar musik melalui Speaker saat menggunakan Headphone di Windows 10 atau Windows 11 dengan mengikuti prosedur dibawah ini.


Hubungkan speaker dan headphone anda ke PC anda. Pastikan kedua perangkat audio terhubung dengan benar ke PC anda.


Selanjutnya klik kanan ikon Volume di system tray anda dan pilih opsi Sounds. Langkah ini akan membuka pengaturan Sounds di PC anda.



Anda juga dapat membuka pengaturan Sounds dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik mmsys.cpl dan tekan Enter.


Untuk membuka jendela pengaturan Sound yang lama di Windows 11, anda dapat membacanya disini.


Di jendela Sound, alihkan ke tab Playback. Disini, klik kanan pada Speakers dan pilih Set as Default Device. Jika sudah diatur sebagai perangkat pemutaran default, maka opsi ini tidak di temukan atau akan berwarna abu-abu.



Selanjutnya alihkan ke tab Recording, kemudian pilih Stereo Mix dan klik Properties.



Kemudian alihkan ke tab Listen. Kemudian beri ceklist pada kotak Listen to this device dan pilih Headphone anda dari menu drop-down yang diberikan.



Setelah mengatur semuanya, klik Apply dan OK.


Sekarang anda dapat memeriksanya. Anda seharusnya dapat memutar musik melalui speaker saat menggunakan headphone anda.


Meskipun metode ini memungkinkan anda memutar musik melalui headphone dan speaker, kualitas audionya mungkin tidak terlalu bagus. Selain itu, anda mungkin melihat sedikit keterlambatan dalam output audio melalui kedua perangkat. Jadi, jika anda memerlukan pengaturan ini untuk penggunaan pribadi atau sementara, tidak apa-apa, tetapi jika anda mencari output audio berkualitas profesional, anda sebaiknya mencoba beberapa audio mixer yang bagus.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara merekam suara dengan aplikasi bawaan Windows di Windows 10/11 atau cara menggunakan fitur Enhance Audio di Windows 11.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memutar Musik melalui Speaker saat menggunakan Headphone di PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Memutar Musik Melalui Speaker Saat Menggunakan Headphone di PC"