Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merekam Suara Dengan Aplikasi Bawaan Windows di Windows 10/11


Terkadang kita membutuhkan sepotong audio yang ingin kita rekam melalui komputer untuk kebutuhan editing dan sebagainya. Banyak cara untuk melakukan hal tersebut dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Namun permasalahan yang akan anda hadapi tentunya adalah apakah kita memiliki aplikasi perekam tersebut? Bagaimana jika anda tidak memilikinya?

Ada cara yang dapat kita lakukan di Windows 10 atau Windows 11 dengan bantuan aplikasi bawaannya dan itu sudah sangat cukup untuk melakukan perekaman suara di komputer kita. Mari kita lihat cara untuk melakukannya.


Menggunakan Voice Recorder

Buka Search bar di di Taskbar Windows 10 atau Windows 11 anda dan ketik Voice Recorder atau Sound Recorder untuk membuka aplikasi tersebut.

Aplikasi akan muncul di bidang hasil pencarian. Klik Open untuk meluncurkan aplikasi. Ini adalah program yang sangat sederhana yang menggunakan tombol besar di tengah untuk memulai perekaman.


Selama perekaman, anda dapat menekan tombol Pause di bawah tombol rekam untuk menjeda perekaman dan kemudian tekan tombol Pause lagi untuk melanjutkan perekaman.


Anda juga akan melihat tombol Add a marker yang ditunjukkan oleh ikon bendera. Tombol ini digunakan untuk menandai bagian-bagian tertentu dari rekaman audio yang penting. Kemudian, anda dapat menggunakan penanda ini untuk menemukan bagian-bagian audio dengan mudah.


Ketika anda selesai dengan rekaman, ketuk tombol Stop recording untuk mengakhiri rekaman. Klip audio otomatis akan tersimpan.

Klip yang disimpan akan muncul dalam daftar di bagian kiri jendela Voice Recorder, tempat anda dapat mengaksesnya. Anda juga dapat berbagi, memotong, menghapus atau mengganti nama file menggunakan opsi yang tersedia di bagian bawah jendela atau klik kanan pada file.


Sayangnya, Voice Recorder tidak menangkap suara yang datang dari dalam komputer, seperti lagu yang diputar di YouTube. Anda hanya dapat menangkap suara eksternal saja.

Untuk menangkap suara dari file yang diputar di komputer anda, anda dapat menggunakan metode berikut.


Menggunakan Game Bar

Disini saya menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu Game Bar, namun anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya untuk merekam layar seperti VLC, Camtasia Studio dan lainnya.

Catatan : Saat anda menggunakan Game bar mungkin anda menemukan permasalahan dengan pesan seperti ini : Sorry your pc doesn't meet the hardware requirements for captures. Error tersebut muncul ketika graphics card PC anda tidak memenuhi spesifikasi minimum yang diperlukan untuk merekam game menggunakan Game DVR. Untuk mengatasi permasalahan ini, baca postingan saya lainnya tentang Cara Memperbaiki Game Bar Yang Tidak Dapat Merekam di Windows 10/11.

Untuk memulai, putar file video atau audio di komputer yang ingin anda rekam, dan pause file sesaat sebelum anda mencapai bagian yang ingin anda rekam.

Tekan Win + G untuk membuka Game bar. Fitur ini dimaksudkan untuk digunakan dalam merekam sesi permainan tetapi dapat dengan mudah merekam aktivitas di layar lainnya, seperti file video atau audio.

Klik pada tombol lingkaran putih di Game bar dan mulai mainkan file audio. Program akan mulai merekam secara otomatis. Klik tombol kotak biru untuk menghentikan rekaman setelah suara selesai diputar.


Rekaman akan disimpan dalam format mp4 di bagian Video dari file explorer di dalam folder Capture. File ini akan menampilkan audio yang ingin anda rekam dan juga videonya.

Untuk mengonversinya menjadi file audio murni, anda harus menggunakan Bigasoft Total Video Converter atau VLC. Ini adalah aplikasi favorit saya untuk mengkonversi hampir semua file audio atau video ke dalam format lain yang dapat digunakan untuk memotong file yang diinginkan.


Setelah menginstal dan memulai aplikasi konverter anda, konversikan ke file anda ke format mp3 atau format audio lainnya dan silahkan simpan. Sekarang anda dapat menggunakan file tersebut sesuka anda.

Metode di atas dapat digunakan untuk membuat rekaman audio dari sumber eksternal, seperti rekaman suara, atau dari file video atau mp3 yang diputar di komputer kita. Meskipun metode dengan menggunakan Game Bar tidak terlalu mudah, metode ini dapat digunakan tanpa harus menginstall aplikasi lainnya, apalagi hasil yang didapatkan dalam merekam audio sangat jelas.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Merekam Suara Dengan Aplikasi Bawaan Windows di Windows 10/11"