Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Laptop Berbunyi Beep Saat Charger Dicolokkan

 


Artikel ini akan menunjukkan kepada anda apa yang dapat anda lakukan jika laptop Windows anda berbunyi beep saat charger terhubung. Pengguna yang terkena dampak melaporkan mendengar bunyi beep setiap kali mereka menghubungkan charger dan menyalakan power supply. Laptop mengeluarkan bunyi beep yang sama untuk beberapa pengguna saat melepas charger.



Mengapa Laptop Mengeluarkan Bunyi Beep Saat di Charger?

Ada banyak alasan mengapa charger anda mengeluarkan bunyi beep. Masalahnya mungkin terkait dengan charger anda, adaptor charger, port charger dan lainnya. Selain itu, baterai laptop anda mungkin rusak.



Memperbaiki Laptop Berbunyi Beep Saat Charger Dicolokkan


Jika laptop Windows 10 atau Windows 11 anda berbunyi beep saat charger dicolokkan, gunakan saran berikut untuk memperbaiki masalah ini.



1. Ini Bisa Menjadi Fitur Laptop Anda


Ini bisa menjadi fitur laptop anda. Anda dapat merujuk ke panduan pengguna laptop anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini. Namun, saya menyarankan anda mencoba semua solusi yang dijelaskan di bawah.



2. Hard Reset Laptop Anda


Terkadang, masalah terjadi karena sisa muatan pada kapasitor. Saya menyarankan anda melakukan hard reset dan melihat apakah berhasil. Langkah-langkah berikut akan memandu anda dalam hal ini.

  • Matikan laptop anda.
  • Putuskan sambungan semua perangkat periferal yang terhubung ke komputer anda.
  • Cabut charger dan keluarkan baterai.
  • Tekan dan tahan tombol power dari 30 hingga 45 detik.
  • Setelah itu nyalakan laptop anda.
  • Sekarang, hubungkan charger dan hidupkan power supply. Lihat apa yang terjadi.



3. Periksa Port Charger


Masalahnya juga bisa terjadi pada port charger. Periksa port charger laptop anda. Jika kotor, bersihkan dengan hati-hati. Pastikan juga port charger tidak rusak.




4. Coba Charger Lain


Saya juga menyarankan anda menghubungkan charger lain (jika tersedia). Selain itu, chargernya harus dari merek laptop yang sama. Ini akan memberi tahu anda apakah masalahnya terkait dengan charger anda atau tidak. Jika laptop anda tidak mengeluarkan bunyi beep setelah menyambungkan charger lain, sebaiknya ganti charger anda saat ini. Tapi tunggu dulu, masalahnya mungkin juga ada pada kabel charger atau adaptor anda.



Laptop dari beberapa merek memiliki software khusus untuk menguji adaptor charger. Buka aplikasi atau software khusus berdasarkan merek laptop anda dan periksa apakah fitur ini tersedia. Jika ya, uji adaptornya.


Misalnya, aplikasi MyASUS memungkinkan pengguna menguji kesehatan adaptor. Jika anda pengguna laptop ASUS, buka aplikasi MyASUS dan pilih System Diagnostics dari sisi kiri. Pilih kotak centang Adapter dan klik tombol Checkup. Hubungkan charger anda dan hidupkan power supply sebelum melakukan tes ini. Anda dapat melihat hasilnya di tab Diagnostic History.



5. Dekode Suara Beep


Motherboard mengeluarkan bunyi beep ketika masalah hardware terdeteksi. Motherboard dari merek yang berbeda menunjukkan masalah hardware yang berbeda dengan suara beep yang berbeda. Bunyi beep ini disebut Beep Code. Berdasarkan produsen laptop atau motherboard anda, anda dapat memecahkan kode beep untuk mengetahui masalah hardware yang sebenarnya.


6. Jalankan Tes Baterai


Saya juga menyarankan anda menjalankan tes baterai untuk mengetahui apakah baterai laptop anda tidak berfungsi. Untuk ini, anda dapat menginstal software pengujian baterai gratis terbaik. Atau anda dapat menggunakan software khusus yang dikembangkan oleh produsen komputer anda, asalkan software tersebut memiliki fitur untuk menguji kesehatan baterai. Beberapa sofware populer meliputi:

  • MyASUS app
  • HP Support Assistant
  • Dell SupportAssist



7. Update atau Reset BIOS


Jika masalah masih berlanjut, update BIOS laptop anda. Kunjungi website resmi produsen laptop anda dan periksa apakah update untuk BIOS tersedia. Jika ya, download update dan install.


Anda juga dapat melakukan reset BIOS atau memulihkan BIOS dan melihat apakah itu dapat membantu memperbaiki masalah ini.



8. Nonaktifkan Realtek HD Audio Manager


Jika laptop anda memiliki Realtek Audio Manager, menonaktifkannya dapat membantu. Anda dapat memeriksanya di opsi Volume Mixer atau Sound Mixer. Klik pada Search Windows dan ketik Volume Mixer atau Sound Mixer. Pilih hasil yang cocok.


Saat Volume Mixer terbuka, nonaktifkan Realtek Audio Manager (jika tersedia disana). Sebelum anda menonaktifkannya, pastikan anda telah melakukan semua perbaikan yang disebutkan diatas dan anda tidak mengalami masalah terkait baterai atau charger laptop anda.



9. Motherboardnya Mungkin Rusak


Salah satu kemungkinan penyebab masalah ini adalah motherboard yang error atau rusak. Jika masalah masih berlanjut, saya sarankan anda berkonsultasi dengan teknisi perbaikan laptop untuk pemecahan masalah dan perbaikan lebih lanjut.


Semoga membantu.


Apakah berbahaya menggunakan laptop saat mengisi daya?

Tidak ada salahnya menggunakan laptop sambil mengisi daya. Jika baterai laptop anda belum terisi penuh atau hampir habis, colokkan charger dan hidupkan power supply untuk mengisi daya baterai. Anda dapat melanjutkan pekerjaan anda saat laptop anda sedang diisi. Namun jika anda mengalami masalah, anda dapat menghubungi dukungan.


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki laptop berbunyi beep saat charger dicolokkan. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Laptop Berbunyi Beep Saat Charger Dicolokkan"