Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengosongkan Cache RAM/Memory di Komputer Windows


Komputer yang lambat adalah sebuah kutukan bagi semua penggunanya. Setiap kali ketika anda sangat terburu-buru untuk melakukan sesuatu di komputer anda, saat itulah komputer terasa berjalan paling lambat. Salah satu alasan komputer Windows anda berjalan lambat adalah karena tidak cukupnya RAM (Random Access Memory) yang tersedia untuk menjalankan semua proses yang coba dijalankan komputer secara efisien.

Anda mungkin dapat menyelesaikan masalah tersebut di komputer anda dengan menambahkan lebih banyak RAM ke mesin anda. Tetapi sebelum anda melompat kesana dan menggunakan RAM baru pada mesin anda, ada baiknya anda menggunakan metode berikut untuk mengosongkan RAM di komputer Windows anda terlebih dahulu.


1. Merestart Komputer

Ini mungkin tampak terlalu sederhana atau bahkan sangat klise, tetapi hal pertama yang harus dicoba adalah merestart mesin anda. Jika ragu, anda dapat membooting ulang. Jika ada banyak aplikasi yang berjalan, maka merestart akan menutup semua aplikasi yang berjalan dan ketika perangkat anda telah di restart, itu hanya akan menjalankan program startup.


2. Hapus Program yang Tidak Diinginkan

Mungkin ada proses background yang sedang berjalan yang terkait dengan program yang tidak pernah anda gunakan. Menyingkirkan aplikasi yang tidak anda gunakan akan membebaskan lebih banyak memory untuk aplikasi yang anda gunakan.

  • Buka Settings (Win + I) kemudian pilih Apps.
  • Pilih aplikasi yang ingin anda hapus.
  • Kemudian klik tombol Uninstall.



3. Memantau Penggunaan RAM

Jika anda telah menghapus program yang tidak anda gunakan tetapi masih ada sesuatu yang menyebabkan komputer anda melambat, periksa untuk melihat apakah proses lain menggunakan memory dalam jumlah besar. Untuk mengetahui program apa itu, coba periksa penggunaan RAM anda di task manager.

  • Klik kanan pada taskbar Windows dan pilih Task Manager. Anda juga dapat menggunakan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka task manager.
  • Di tab Processes, anda dapat melihat pada kolom Memory berapa jumlah memory yang digunakan setiap aplikasi.
  • Cari program di bagian atas daftar yang tidak anda kenali.
  • Jika anda menemukannya, klik kanan pada program tersebut dan klik End task untuk menghentikan program.



4. Scan Malicious Program

Walaupun anda memiliki program antivirus di komputer anda, malware dan program jahat lainnya masih dapat menemukan jalannya ke system anda. Jalankan scan di komputer anda menggunakan antivirus untuk melihat apakah ada malware atau program jahat lainnya yang menyebabkan komputer anda lambat.


5. Periksa Apakah Antivirus Berjalan di Background

Software antivirus terkenal memakan banyak resource, terutama saat menjalankan scan. Jika komputer anda tiba-tiba menjadi lambat, periksa antivirus anda untuk melihat apakah masih berjalan. Jika ya, hentikan dan jadwalkan scan untuk dijalankan saat komputer anda tidak sedang digunakan.



6. Kurangi Jumlah Program Startup

Buka Task Manager dan klik pada tab Startup. Nonaktifkan semua program yang tidak ingin anda jalankan saat anda membooting komputer anda dengan mengklik program kemudian klik Disable di bagian bawah.



7. Hapus Page File Saat Shutdown

Page file adalah area hard drive yang digunakan Windows sebagai RAM tambahan saat RAM fisik terisi. Saat anda mematikan komputer, RAM system akan dihapus, tetapi Page file tidak. Menghapus page file saat anda mematikan akan membuat komputer anda berjalan lebih efisien saat anda melakukan booting ulang.

Untuk melakukannya, saya telah membuat artikel terpisah tentang cara menghapus Pagefile.sys secara otomatis saat Shutdown di Windows 10. Silahkan anda ikuti petunjuknya.



Jika semua metode diatas tidak ada yang berpengaruh pada kecepatan komputer anda, mungkin sudah waktunya untuk mengupgrade RAM anda. Jika anda tidak yakin RAM mana yang terbaik untuk komputer anda, anda dapat menggunakan Crucial Advisor. Tools ini akan menscan komputer anda dan mencantumkan upgrade memory yang akan bekerja untuk anda. Ada baiknya juga anda memeriksa kesehatan RAM anda sebelum melakukan upgrade RAM.

Mengosongkan lebih banyak RAM di komputer Windows anda memungkinkannya bekerja lebih cepat dan lebih sedikit mengandalkan memory hard drive.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengosongkan Cache RAM/Memory di Komputer Windows"