Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Pagefile.sys Secara Otomatis Saat Shutdown di Windows 10/11


Pagefile.sys bertindak sebagai RAM virtual, yang digunakan Windows sebagai RAM untuk menyimpan program-program yang tidak digunakan, sehingga mengurangi tekanan pada RAM yang sebenarnya. Ukuran pagefile biasanya mendekati ukuran RAM anda yang sebenarnya, sehingga dapat memakan banyak ruang tergantung pada RAM anda. Untuk lebih lengkapnya tentang pagefile, baca tutorial saya tentang apa itu Pagefile.sys di Windows dan bagaimana mengubahnya untuk keuntungan anda dan untuk merestore registry baca DISINI.


Jika anda mengatur pagefile untuk dihapus saat shutdown, anda akan menghemat beberapa ruang hard drive anda tetapi dengan imbalan sedikit memperpanjang waktu shutdown anda. Ini adalah salah satu cara anda mendapatkan system untuk secara otomatis menghapus pagefile.sys pada saat shutdown pada Windows 10 atau Windows 11.

Untuk mengatur ini, anda akan membuat perubahan pada registry Windows anda. Agar tetap aman, anda harus membuat backup registry Windows 10 atau Windows 11 anda sebelum memulai metode ini.

1. Buka Registry Editor Windows 10 atau Windows 11 dengan menekan Win + R, kemudian masukkan regedit di dalam kotak dan tekan Enter.


2. Di registry editor, telusuri jalur berikut dibawah ini. Anda dapat mengcopy jalur dan mempastekannya di address bar jendela registry editor dan tekan Enter untuk mempercepat penelusuran.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management


3. Di folder Memory Management, temukan dan klik dobel pada ClearPageFileAtShutDown di panel di sebelah kanan.

4. Atur value datanya ke 1 dan klik OK untuk menyimpan perubahan.


5. Restart PC anda. Mulai saat itu, setiap kali anda mematikan PC anda, pagefile akan dihapus. Jangan khawatir karena pagefile akan dibuat lagi saat dibutuhkan.

Jika anda tidak ingin menghapus pagefile dan hanya ingin mengubah ukuran dan lokasinya maka anda dapat membaca tutorial saya tentang cara mengubah ukuran dan lokasi Pagefile di Windows.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu menyelesaikan persoalan anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghapus Pagefile.sys Secara Otomatis Saat Shutdown di Windows 10/11"