Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Komputer Crash dan Restart Saat Menonton Video

 


Jika komputer Windows 10 atau Windows 11 anda crash atau restart saat menonton video, maka solusi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda mengatasinya. Menurut laporan, komputer pengguna mengalami crash atau restart setiap kali pengguna menonton video. Masalah ini terjadi saat memutar video di media player, menonton video di YouTube dan platform streaming lainnya.



Memperbaiki Komputer Crash dan Restart Saat Menonton Video


Saran berikut akan membantu anda jika komputer Windows 10 atau Windows 11 anda crash atau restart saat menonton video. Jika komputer Windows anda mengalami freezing saat menonton video, maka artikel ini akan membantu anda.


Sekarang mari kita lihat beberapa saran secara terperinci.



1. Jalankan Video Playback Troubleshooter


Ini adalah hal pertama yang harus anda lakukan. Jalankan Video Playback Troubleshooter melalui aplikasi Get Help atau melalui Settings Windows 10 atau Windows 11. Troubleshooter akan menjalankan beberapa tes diagnostik pada system anda dan mencoba mendeteksi penyebab masalahnya.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Video Playback dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka dan mulai menscan.
  • Tunggu beberapa saat dan setelah itu, pilih opsi I want to continue with this troubleshooter.
  • Selanjutnya, ikuti petunjuk yang di tampilkan untuk menyelesaikannya.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows menggunakan tombol Win + I atau membukanya dari Start menu.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, temukan Video Playback di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan.
  • Setelah itu, pilih opsi I want to continue with this troubleshooter.
  • Troubleshooter akan mulai mendeteksi masalah dan jika ditemukan, ikut petunjuk yang di tampilkan untuk menyelesaikannya.




2. Kembalikan Power Plan ke Default


Anda dapat mencoba memulihkan power plan ke default atau membuat power plan baru dan melihat apakah itu membantu. Untuk memulihkan power plan ke default, anda perlu menjalankan perintah yang diperlukan tetapi jika system anda dalam keadaan Modern Standby S0, perintah ini tidak akan berfungsi dan anda hanya akan melihat power plan Balanced di Control Panel. Dalam hal ini, anda harus menonaktifkan status Modern Standby S0 di system anda untuk memulihkan power plan yang hilang.


Untuk memulihkan power plan ke default, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
powercfg -restoredefaultschemes
  • Setelah perintah diatas selesai dijalankan, restart komputer anda.



3. Nonaktifkan Fast Startup

Saat Fast Startup diaktifkan, komputer Windows 10 atau Windows 11 melakukan booting lebih cepat setelah dimatikan. Di komputer modern, fitur ini diaktifkan secara default. Terkadang, masalah terjadi karena Fast Startup. Oleh karena itu, saya menyarankan pada anda untuk menonaktifkan Fast Startup (jika diaktifkan).


4. Gunakan Media Player Lain

Masalah ini juga dapat dikaitkan dengan media player tertentu. Saya menyarankan anda untuk memutar video di media player lain. Ada banyak media player gratis yang tersedia. Anda dapat menginstallnya. Jika masalah tidak terjadi pada media player lain, berarti file media player sebelumnya rusak. Dalam hal ini, anda perlu memeriksa update untuk media player tersebut atau menguninstallnya dan kemudian menginstall versi terbarunya.


5. Bersihkan komputer Anda

Masalah display berhubungan langsung dengan graphics card. Saya menyarankan anda membersihkan komputer dan graphics card anda. Debu yang terakumulasi mengganggu mesin komputer dan komponen hardware-nya, sehingga mencegahnya berfungsi dengan baik. Jika anda tidak tahu cara membersihkan graphics card dengan benar, lebih baik cari bantuan profesional.


6. Coba Browser Web Lain

Jika komputer anda crash atau restart saat menonton video di YouTube atau platform streaming, saya sarankan anda memutar video di browser web lainnya. Jika kali ini masalah tidak terjadi, maka masalahnya terkait dengan browser web anda sebelumnya. Sekarang, anda dapat menguninstall dan menginstallnya kembali. Sebelum melakukan ini, pastikan untuk membackup bookmark anda.


7. Update atau Install Ulang Driver Graphics Card

Masalah pemutaran video biasanya berhubungan dengan graphics card dan drivernya. Saya menyarankan anda untuk mengupdate atau menginstall ulang driver graphics card anda. Anda dapat mendownload versi terbaru driver graphics card anda dari website resmi produsen komputer anda. Untuk mengupdate driver graphics card, anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk AMD atau artikel ini untuk NVIDIA atau artikel ini untuk Intel graphics.

Alternatifnya, anda juga bisa melakukan ini. Hapus sepenuhnya driver graphics card anda dengan bantuan Display Driver Uninstaller, kemudian install dari awal.


8. Jalankan Memory Diagnostic Test

Memory yang buruk atau sekarat juga menyebabkan berbagai masalah, terutama masalah crash. Saya menyarankan anda menjalankan memory diagnostic test. Ini akan memberitahu anda apakah RAM anda berfungsi dengan baik atau tidak.


Anda dapat menggunakan Memory Diagnostic Tool internal untuk menguji RAM anda atau software khusus yang dikembangkan oleh pabrikan komputer anda (jika tersedia).

Misalnya, aplikasi MyASUS dapat melakukan berbagai jenis pengujian pada komputer ASUS, seperti pengujian adaptor baterai, pengujian memory, pengujian Bluetooth dan lainnya.


9. Update BIOS

Periksa apakah versi terbaru BIOS anda tersedia. Jika ya, maka update BIOS komputer anda. Anda dapat mendownload versi terbaru BIOS system anda dari website resmi produsen komputer anda.


10. GPU Anda Mungkin Rusak

Mungkin juga masalahnya ada pada graphics card anda. Namun, kemungkinannya lebih kecil. Anda perlu memecahkan masalah ini dengan bantuan teknisi perbaikan komputer profesional.


Semoga membantu.

Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki komputer crash dan restart saat menonton video. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Komputer Crash dan Restart Saat Menonton Video"