Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Color Saturation Berubah Saat Bermain Game di PC

 


Banyak gamer yang melaporkan bahwa color saturation (saturasi warna) layar mereka berubah saat bermain game. Hal ini membuat mereka resah karena perubahan warnanya sama sekali tidak estetis. Salah satu penyebab keanehan ini adalah driver display tidak mampu merender warna dengan benar. Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan solusi apa yang dapat anda lakukan jika warna monitor anda berubah saat bermain game.



Memperbaiki Color Saturation Berubah Saat Bermain Game di PC


Jika Color Saturation berubah saat bermain game di komputer Windows anda, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mereboot komputer anda. Ini akan memungkinkan system anda untuk mengkonfigurasi ulang dirinya sendiri dan mudah-mudahan itu dapat memperbaiki masalahnya. Namun, jika warnanya terus berubah bahkan setelah anda merestart PC anda, maka ikuti solusi yang disebutkan dibawah ini untuk menyelesaikan masalah.



1. Update atau Install Ulang Driver Display


Mari kita mulai dengan mengupdate driver graphics anda. Jika anda membiarkan driver out of date dalam waktu yang lama, maka beberapa aplikasi, termasuk game, cenderung tidak mendukungnya. Itu sebabnya, anda harus selalu mengupdate driver anda. Jadi, update driver display atau graphics atau VGA anda dengan menhikuti langkah-langkah di artikel ini untuk AMD atau di artikel ini untuk NVIDIA atau di artikel ini untuk Intel graphics dan setelah itu periksa apakah masalahnya telah teratasi.


Jika masalah belum teratasi, anda perlu menginstall ulang driver display anda. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah berikut ini.



  • Layar anda akan menjadi hitam selama beberapa detik.
  • Setelah layar anda kembali, anda dapat mengklik kanan pada Display adapters di jendela Device Manager dan pilih Scan for hardware change.


  • Dengan cara ini, Windows akan menscan driver yang benar dan menginstallnya di system anda.


Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk melakukan clean install driver graphics card anda.



2. Nonaktifkan Auto HDR


Windows memiliki fitur yang disebut Auto HDR yang meningkatkan kualitas display beberapa game menggunakan machine learning. Jika fitur tersebut rusak, terdapat bug atau tidak mendukung fitur tersebut, anda akan mengalami keanehan. Oleh karena itu, jika anda telah mengaktifkan Auto HDR dan mengalami masalah ini, maka untuk mengatasi masalah tersebut, anda perlu menonaktifkan Auto HDR. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini untuk melakukan hal yang sama.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih System di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, pilih Display di panel kiri dan klik Windows HD Color settings di panel kanan.
  • Selanjutnya, aktifkan opsi Use HDR ke Off.
  • Kemudian aktifkan juga Auto HDR ke Off.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Display di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, pertama aktifkan opsi Use HDR ke Off.
  • Kemudian aktifkan juga Auto HDR ke Off.



Ini akan berhasil untuk anda.



3. Kalibrasi Ulang Pengaturan Warna


Solusi selanjutnya, anda perlu mengkalibrasi ulang pengaturan warna komputer anda. Terkadang, display-nya sendiri saturated dan setelah game diluncurkan dengan color profile berbeda, warna tampak sangat saturated. Jadi, anda perlu mengkalibrasi ulang pengaturan warna pada display anda melalui Color Management. Anda dapat menggunakan aplikasi Windows HDR Calibration untuk mengkalibrasi display anda.



Jika anda mendapati Color Management anda tidak berfungsi, maka perbaiki itu dan lanjutkan mengkalibrasi monitor anda.



4. Pilih Pengaturan Warna yang Berbeda di dalam Game


Banyak game cenderung memiliki pengaturan warna bawaan yang meningkatkan saturasi game. Anda dapat masuk ke pengaturan game anda dan memeriksa apakah ada color profile yang sesuai dengan mata anda.



5. Perbaiki File Game


Jika tidak ada yang berhasil, hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah memperbaiki file game tersebut. Anda tidak perlu menginstall ulang game untuk memperbaikinya dan sebagai gantinya, verifikasi integritas file game anda melalui launcher anda.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Color Saturation berubah saat bermain game di PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Color Saturation Berubah Saat Bermain Game di PC"