Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kalibrasi Monitor Anda Menjadi Lebih Sempurna


Setiap monitor pada tingkat konsumen yang anda beli memiliki pengaturan gambar default dari pabrikan dan terlihat baik untuk anda. Namun produsen monitor tahu bahwa display yang dikalibrasi secara default tersebut akan tersapu di bawah pencahayaan suatu ruangan yang terang. Karena itu, untuk memaksimalkan monitor anda, mengkalibrasi monitor anda untuk mengubah pengaturan default yang mencolok agar sesuai dengan kondisi pencahayaan suatu ruangan wajib dilakukan.

Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara mengkalibrasi display secara optimal dengan mata dan alat kalibrasi yang tersedia secara bebas.


Pengaturan Display Anda

Pertama dan terpenting, anda harus mengetahui resolusi asli monitor anda. Mengatur resolusi komputer ke display adalah penting untuk hasil yang akurat. Pengaturan kecerahan (brightness) display anda ke 35 persen. Angka ini mungkin tampak tidak logis, tetapi pengaturan brightness optimal (nilai pencahayaan sekitar 120 cd/m2 untuk tampilan khas) untuk sebagian besar display berada di sekitar angka ini. Kurangi pengaturan kontras (contrast) hingga 70 persen. Jangan khawatir tentang mendapatkan hal-hal yang sempurna di titik ini. Saya akan melakukannya nanti dengan bantuan pola uji kalibrasi.


Langkah berikut akan tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi mematikan semua peningkatan gambar dan tipuan lainnya. Tidak ada pengecualian. Ini termasuk pengaturan seperti peningkatan kontras, pengurangan noise digital, kontrol lampu latar dinamis, interpolasi gerakan, peredupan lokal LED dll. Sebagian besar tampilan memiliki opsi untuk mengubah suhu warna atau pengaturan titik putih. Ini harus diatur ke 6500K. Nilai ini dapat dilabeli sebagai suhu "normal" atau "pertengahan" di menu pengaturan monitor anda.


Manfaatkan Preset Pengguna

Ingat, kalibrasi monitor anda relevan dengan kondisi pencahayaan tertentu. Display yang dikalibrasi untuk pengaturan siang hari yang cerah tidak akan cocok untuk kondisi pencahayaan redup di malam hari. Karena itu, disarankan untuk mengkalibrasi display anda di bawah kondisi pencahayaan yang diinginkan dan menyimpan pengaturan di bawah pengaturan awal pengguna. Dengan begitu, anda dapat dengan cepat menelusuri preset terkalibrasi yang benar untuk kondisi pencahayaan sekitar yang anda inginkan.

Akhirnya, pastikan monitor dinyalakan selama setidaknya tiga puluh menit sebelum mengkalibrasi. Melakukan ini memastikan hasil yang konsisten dan akurat.


Menggunakan Tools Kalibrasi Gratis

Ada banyak tools kalibrasi monitor gratis yang tersedia, tetapi hanya sedikit yang senyaman dan selengkap  Lagom monitor test suite. Tidak ada aplikasi untuk dipasang disini. Pergi ke website kalibrasi monitor Lagom dimana disana akan disajikan sejumlah halaman dengan pola kalibrasi yang berbedadan juga cara menggunakan masing-masing halaman. Panduan ini akan melewati sebagian besar halaman kalibrasi ini dan hanya fokus pada yang penting saja.

Pastikan untuk melihat halaman dalam mode full screen, yang dapat diaktifkan dengan menekan tombol F11 di sebagian besar browser.


1. Menyesuaikan Black Level

Saya memulai dengan pola black level. Ini menampilkan contoh yang bervariasi dari satu level di atas hitam, yang merupakan yang paling gelap berlabel 1, ke yang paling putih yang diidentifikasi sebagai 255. Kurangi pengaturan kecerahan di display anda ke titik dimana background (di sekitar contoh) berubah dari abu-abu menjadi hitam.

Jika background sudah tampak hitam pekat pada tampilan anda, tambahlah hingga menjadi sedikit abu-abu, kemudian putar ke bawah hingga menjadi hitam lagi. anda tahu anda telah memutar tingkat kecerahan dengan benar jika pengurangan lebih lanjut gagal untuk memiliki efek pada background.


Di sinilah anda dapat menyempurnakan display anda untuk mencapai keseimbangan yang baik antara resolusi detail hitam dan akurasi keseluruhan hitam yang dihasilkan. Perhatikan sepuluh contoh pertama berlabel 1 hingga 10. Dengan pengaturan brightness disesuaikan untuk membuat background menjadi hitam, anda sangat tidak mungkin dapat membedakan antara latar belakang dan sepuluh contoh pada display LCD biasa. Jika anda bisa melakukannya, anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Jika anda memiliki monitor LCD biasa, anda harus meningkatkan tingkat brightness monitor anda hingga anda dapat membedakan setidaknya enam contoh dari background. Meningkatkan pengaturan brightness dapat meningkatkan resolusi detail hitam, tetapi akan menghasilkan hitam yang akurat. Konsekuensinya adalah hitam akan tampak seperti abu-abu.

Dimana anda meninggalkan pengaturan brightness pada monitor anda tergantung pada preferensi pribadi, tergantung pada apakah anda lebih suka mempertahankan keakuratan warna hitam atau ingin display anda menyelesaikan detail dengan lebih baik dalam adegan yang lebih gelap.


2. Mengatur Optimal Contrast

Selanjutnya adalah pola white saturation. Pola ini sangat berperan dalam menekan tingkat putih monitor anda atau kemampuannya untuk menyelesaikan detail yang lebih cerah. Rahasia untuk memperbaiki ini adalah menyesuaikan pengaturan kontras display anda ke tingkat yang benar. Untuk melakukan itu, ubah level kontras ke pengaturan setinggi mungkin pada display anda tanpa menyebabkan gambar uji putih melebar di perbatasan.


Dengan kontras yang disetel ke nilai tertinggi yang memungkinkan, anda akan melihat bahwa pada bagian perbatasan yang paling terang di baris bawah akan terlihat menghilang. Kurangi tingkat kontras pada monitor anda satu langkah pada satu waktu sampai anda dapat melihat empat sampel terakhir berlabel 251 hingga 254. Anda akan menemukan pengaturan kontras optimal anda setelah sampel berlabel 254 menjadi terlihat.

Beberapa display tidak akan dapat membedakan antara background putih dan semua contoh di baris bawah. Dalam hal itu, berhentilah mengurangi level kontras ketika contoh terakhir (254) terlihat. Itu adalah pengaturan kontras yang optimal dan batas kemampuan display anda untuk menyelesaikan detail dalam display yang terang.


3. Menyelaraskan Pengaturan Contrast dan Brightness

Pola uji kontras sangat berguna untuk menyempurnakan pengaturan brightness dan kontras anda. Tingkatkan pengaturan brightness display anda jika anda tidak dapat melihat contoh gradien paling gelap berlabel 1 di sisi kiri. Pastikan anda tidak meningkatkan pengaturan ke titik dimana background hitam mulai tampak menjadi abu-abu.


Catat pengaturan kontras anda saat ini dan periksa apakah tiga contoh gradien terakhir di sisi kanan berlabel 30, 31, dan 32 dapat dibedakan satu sama lain. Jika tidak, coba tambah atau kurangi pengaturan kontras hingga resolusi di antara contoh ini membaik. Jika itu tidak membuat banyak perbedaan, anda lebih baik kembali ke pengaturan kontras asli yang anda dicatat sebelumnya.


4. Sharpness dan Gamma

Pola Sharpness (ketajaman) paling baik dilihat dari jarak sejauh mungkin dari display. Idenya adalah untuk melihat pola dari kejauhan dan menyesuaikan pengaturan sharpness pada display anda sampai gambar tampak abu-abu secara seragam. Dua gambar di atas dan di bawah ini menunjukkan bagaimana pola sharpness berpadu bersama pada pengaturan sharpness yang benar, jika dilihat dari kejauhan.



Nikmati Kalibrasi Display Anda

Anda telah mengkalibrasi display anda hanya dengan menggunakan mata telanjang dan tools kalibrasi gratis namun kuat. Tingkat kalibrasi ini cukup baik untuk produktivitas, game, dan film, tetapi anda akan memerlukan Colorimeter jika display anda adalah monitor profesional yang dimaksudkan untuk pekerjaan yang akurat pada komputer.

Bagaimana menurut anda, apakah anda berhasil mengkalibrasi monitor anda menjadi lebih baik? Bagikan pengalaman anda tentang hasil kalibrasi anda di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Kalibrasi Monitor Anda Menjadi Lebih Sempurna"