Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Code 14, This device cannot work properly until you restart your computer

 


Error This device cannot work properly until you restart your computer dengan error code 14 ini disebabkan oleh masalah dengan driver yang diinstall pada komputer anda. Ini adalah masalah Device Manager yang sangat umum dan dapat diselesaikan dengan mudah. Ketika driver perangkat diupdate dan memerlukan restart untuk menyelesaikan prosesnya, pesan ini ditampilkan. Pesan ini juga dapat muncul jika proses instalasi tidak lengkap atau rusak.


Pesan error lengkapnya akan terlihat seperti berikut ini.

This device cannot work properly until you restart your computer. To restart your computer now, click Restart Computer. (Code 14)




Memperbaiki Code 14, This device cannot work properly until you restart your computer


Jika anda mendapatkan error code 14, This device cannot work properly until you restart your computer di Device Manager pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka coba solusi berikut dibawah ini untuk memperbaikinya. 



1. Restart Komputer Anda


Jika anda dihadapkan dengan error code 14 pada Device Manager, maka restart komputer anda terlebih dahulu seperti yang diinstruksikan dalam pesan error tersebut.


Merestart komputer anda dapat menyelesaikan sebagian besar masalah anda, jadi coba booting ulang terlebih dahulu untuk memperbaiki error code Device Manager ini.



2. Jalankan Hardware and Devices Troubleshooter


Karena masalah initerkait dengan driver hardware anda, maka anda dapat menjalankan Devices and Hardware Troubleshooter di system anda untuk memperbaiki masalah ini. Troubleshooter ini akan menscan dan memperbaiki masalah umum yang terkait dengan hardware pada perangkat anda secara otomatis.




3. Jalankan Windows Update


Anda juga dapat menginstall update driver di Windows 10 atau Windows 11 melalui Windows Update di jendela Settings. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Windows Update di bawah profil akun anda.
  • Ini akan menscan dan memeriksa update terbaru untuk PC anda.
  • Setelah scan selesai, jika update driver tersedia, maka anda akan melihan opsi View optional updates. Klik itu.
  • Di halaman berikutnya, beri ceklist pada update driver apapun yang tercantum di bawah Driver updates dan klik Download and install.
  • Setelah selesai, anda mungkin diminta untuk merestart komputer anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Windows Updates di bagian atas jendela di di panel kanan. Atau anda dapat mengklik Windows Update di panel kiri.
  • Setelah itu, klik Advanced Options di panel kanan.
  • Selanjutnya dibawah Advanced Options, klik Optional updates.
  • Di halaman berikutnya, beri ceklist pada update driver yang tersedia dan klik Download and install.
  • Setelah selesai, restart komputer anda.




4. Install Ulang Driver yang Menampilkan Pesan Error


Jika masalah masih mucul di Device Manager, maka anda perlu menginstall ulang driver yang menampilkan eroor tersebut.


Pertama, identifikasi driver yang memunculkan pesan error ini di Device Manager. Jika itu adalah driver system Windows, maka Windows Update harus mengurus instalasi versi terbarunya.


Jika itu adalah perangkat pihak ketiga, anda dapat mendownload driver tersebut dari website produsen, kemudian menguninstall driver tersebut dari PC anda. Setelah itu, anda perlu merestart komputer anda dan kemudian menginstall driver versi terbaru yang anda download sebelumnya.




5. Tingkatkan Virtual Memory


Anda mungkin harus menambah ukuran virtual memory atau pagefile meskipun bagi sebagian besar pengguna, membiarkan ukuran pagefile pada nilai default sudah cukup.


Oleh karena itu, jika anda dihadapkan dengan error code 14 pada Device Manager, maka menambah ukuran virtual memory atau pagefile akan membantu anda mengatasi masalah ini.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Code 14, This device cannot work properly until you restart your computer di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Code 14, This device cannot work properly until you restart your computer"