Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Klik Dobel Mouse Tidak membuka File dan Folder di Windows 10/11

 


Di komputer Windows, kita membuka file dan folder dengan mengklik dobel pada klik kiri mouse. Namun bagi sebagian pengguna, mengklik dobel mouse tidak berfungsi atau tidak berpengaruh apa-apa. Tidak ada yang terjadi ketika mereka mengklik dobel pada item apapun. Masalah ini bisa membuat frustasi karena anda harus menekan tombol Enter setiap kali anda membuka file atau folder. Jika klik dobel tidak membuka file dan folder di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini akan membantu anda.


Ada banyak alasan yang menyebabkan masalah klik dobel mouse. Hal ini dapat terjadi karena driver yang rusak, kotoran pada tombol mouse, pengaturan mouse, file system yang rusak, mouse yang rusak atau mungkin mouse anda tidak terhubung dengan benar ke komputer anda (dalam kasus mouse Bluetooth).



Memperbaiki Klik Dobel Mouse Tidak membuka File dan Folder


Gunakan metode perbaikan berikut ini jika mengklik dobel Mouse tidak membuka file dan folder di Windows 10 atau WIndows 11 anda.



1. Perbaikan Awal


Bersihkan mouse secara fisik, keluarkan baterai dan pasang kembali dan lihat apakah itu membantu. Jika harus menekan klik kiri secara paksa, ada kemungkinan terjadi penumpukan kotoran pada tombol kiri mouse. Jika anda sudah lama tidak membersihkan mouse, inilah saatnya untuk membersihkannya.



Anda juga dapat melihat apakah mouse ini berfungsi dengan baik atau tidak di PC lain dan apakah mouse lain berfungsi di PC ini. Dengan cara ini, anda akan tahu dimana letak masalahnya.



2. Perbaiki File System Anda


Jika klik dobel tidak membuka file dan folder di Windows, ini mungkin terjadi karena file system rusak.


System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM) adalah dua tool bawaan di komputer Windows yang membantu pengguna memperbaiki file system yang rusak. Anda dapat menggunakan tool ini untuk memperbaiki file system image yang rusak.



Saat menjalankan tool tersebut, jangan hentikan prosesnya. Mungkin membutuhkan waktu beberapa menit untuk menyelesaikannya. Setelah proses selesai, periksa apakah anda dapat menggunakan mouse untuk mengklik dobel atau tidak.



3. Ubah Kecepatan Klik Dobel


Pengaturan mouse memungkinkan anda mengontrol cara kerja mouse anda. Anda dapat mengubah kecepatan klik dobel melalui jendela Properties Mouse. Langkah-langkah dibawah ini akan membantu anda mengaturnya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Mouse.
  • Ini akan membuka jendela properties Mouse.
  • Pastikan anda berada di tab Buttons.
  • Selanjutnya, pada bagian Double-click speed, geser slider Speed ke arah Slow untuk mengurangi kecepatan klik dobel.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.



Bagi beberapa pengguna, mengubah kecepatan klik dobel dari Fast ke Slow berhasil. Anda dapat mengubah klik dobel menjadi Fast atau Slow dan melihat mana yang cocok untuk anda.



3. Uji Mouse Anda


Ada banyak tool online gratis yang memungkinkan anda menguji fungsi mouse anda seperti Device Tests. Masalah yang anda alami mungkin terjadi karena masalah hardware. Menguji mouse anda secara online akan membantu anda mengetahui apakah masalahnya terkait dengan hardware anda atau tidak.


Anda juga dapat menjalankan Mouse Latency Test, DPI test dan lainnya.



4. Install Ulang Driver Mouse dan Touchpad


Driver mouse yang out of date atau rusak juga dapat menyebabkan beberapa masalah pada mouse. Hal ini mungkin terjadi pada anda. Dalam kasus seperti itu, menguninstall driver dan kemudian menginstall kembali driver mouse atau Touchpad anda dapat memperbaiki masalah ini. Langkah-langkah berikut akan membantu anda menginstall ulang driver mouse anda.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Mice and other pointing devices.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver mouse anda dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian klik Uninstall pada jendela konfirmasi untuk melanjutkan proses uninstall.
  • Setelah menguninstall driver, restart komputer anda.



Merestart komputer anda akan secara otomatis menginstall driver yang hilang. Selain itu, anda dapat mengupdate driver mouse anda jika driver versi terbaru tersedia di website produsen resmi mouse anda.


Terkadang, menginstall versi driver perangkat lain yang kompatibel dapat memperbaiki masalah. Jika menginstall ulang driver mouse tidak membantu, anda dapat mencoba perbaikan berikut ini.

  • Pertama, buka Device Manager.
  • Kemudian, klik kanan pada driver mouse anda dan pilih Update driver.
  • Sekarang, klik Browse my computer for drivers.
  • Di halaman berikutnya, klik Let me pick from a list of available drivers on my computer.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Show compatible hardware.
  • Sekarang, pilih driver dan klik Next untuk menginstallnya.
  • Setelah selesai, anda mungkin akan diminta untuk merestart komputer anda. Jadi klik Yes untuk melakukannya.



Jika anda melihat lebih dari satu driver, maka install semua driver satu per satu dan lihat driver mana yang dapat memperbaiki masalah anda.



Jika masalah masih berlanjut, anda juga dapat mereset pengaturan Mouse ke default atau memeriksa artikel ini untuk memperbaiki klik kiri Mouse yang tidak berfungsi.


Semoga membantu anda!


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki klik dobel Mouse tidak membuka File dan Folder di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Klik Dobel Mouse Tidak membuka File dan Folder di Windows 10/11"