Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error BSOD UNSUPPORTED_PROCESSOR di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna mengatakan bahwa setelah mereka melakukan update untuk Cumulative Update Preview Agustus 2023 yang dirilis baru-baru ini untuk system Windows 10 dan Windows 11 menyebabkan blue screen pada komputer mereka dengan pesan error yang mengatakan UNSUPPORTED_PROCESSOR.



Update yang dimaksud ditandai sebagai KB5029351 untuk Windows 11dan KB5029331 untuk Windows 10. Masing-masing update tersebut disertai dengan perbaikan aplikasi Search dan memperkenalkan aplikasi Backup baru.


Daftar lengkap platform yang terpengaruh termasuk Windows 10 21H2/22H2 dan Windows 11 22H2.


Microsoft sedang menyelidiki masalah umum yang baru diketahui ini untuk mengetahui apakah masalah tersebut berasal dari penyebab terkait Microsoft.


Microsoft mendesak pengguna yang mengalami error BSOD ini untuk mengajukan laporan menggunakan Feedback Hub. Untuk melakukannya, anda harus melalui langkah-langkah berikut ini.

  • Temukan dan luncurkan Feedback Hub dengan menggunakan Search Windows atau anda dapat menekan tombol Win + F.
  • ​Isi kotak Summarize your feedback dan Explain in more detail, kemudian klik Next.
  • Selanjutnya di Choose a category, klik Problem dan pilih kategori Install and Update.
  • Kemudian pilih subkategori Downloading, installing, and configuring Windows Update dan klik  Next.
  • ​Di bagian Find similar feedback, pilih Make new bug dan klik Next.
  • Selanjutnya, di bagian Add more details, berikan detail yang relevan (Perhatikan bahwa ini tidak penting untuk mengatasi masalah anda).
  • Setelah itu, perluas Recreate my problem dan klik Start recording. Ini akan merekam masalah di perangkat anda.
  • Setelah selesai, Stop recording dan kemudian klik Submit untuk mengirimnya ke Microsoft.




Memperbaiki Error BSOD UNSUPPORTED_PROCESSOR


Kabar baiknya adalah beberapa pengguna yang mengalami masalah ini melaporkan dan telah dikonfirmasi oleh Microsoft bahwa Optional updates yang bermasalah secara otomatis akan dibatalkan setelah beberapa kali reboot pada PC anda. Namun jika itu tidak terjadi pada anda, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Jalankan Blue Screen Troubleshooter


Microsoft memahami error BSOD cukup umum, jadi mereka menyertakan opsi untuk menjalankan troubleshooter BSOD di aplikasi Get Help. Jadi, jalankan Blue Screen Troubleshooter. Wizard pemecahan masalah akan membantu anda mengidentifikasi penyebab dan menyelesaikan masalah.


Ingatlah bahwa karena anda berada di layar BSOD, anda perlu me-restart komputer anda secara paksa dan ketika komputer kembali ke desktop, hanya anda yang dapat menjalankan troubleshooter.



2. Uninstall Update Windows


Karena error BSOD UNSUPPORTED_PROCESSOR ini terkait dengan Cumulative Update yang anda lakukan, maka anda perlu menguninstall update tersebut. Dalam hal ini, jika masalah ini terjadi setelah anda menginstall cumulative update KB5029351 untuk Windows 11 atau KB5029331 untuk Windows 10, maka anda perlu menguninstallnya.


Perhatikan bahwa, jika anda tidak dapat masuk ke Windows anda, maka anda perlu melakukannya dari Advanced Startup Options. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini.


Jika anda dapat masuk ke Windows, maka anda dapat mengikuti salah satu metode di artikel ini. Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Programs and Features.
  • Selanjutnya, klik View installed updates di panel kiri.
  • Di halaman berikutnya, anda akan menemukan daftar update Windows. Di Windows 11, jendela Settings akan terbuka dan menampilkan halaman Uninstall Updates.
  • Selanjutnya, di Windows 10, Pilih update Windows yang menyebabkan masalah atau yang ingin anda uninstall dan klik Uninstall. Sementara di Windows 11, klik Uninstall di samping update yang ingin anda uninstall.
  • Kemudian klik Yes di jendela konfirmasi untuk melanjutkan proses uninstall update.
  • Setelah proses uninstall selesai, anda perlu merestart komputer anda.



Langkah ini seharusnya cukup untuk memperbaiki error blue screen UNSUPPORTED_PROCESSOR ini.



3. Update BIOS


Jika firmware BIOS sudah out of date atau terdapat bug yang tidak memungkinkannya bekerja dengan update Windows terbaru, anda juga akan mendapatkan error BSOD ini. Dalam hal ini, anda perlu mengupdate BIOS anda dan kemudian memeriksa apakah masalahnya telah teratasi.




4. Lakukan Reset PC Anda


Jika menguninstall update tidak membantu anda, maka solusi yang tersedia untuk anda adalah mereset PC anda. Seharusnya anda perlu mencoba melakukan system restore untuk mengembalikan system anda ke titik dimana PC anda masih berfungsi dengan normal. Namun, kecil kemungkinan itu memperbaiki masalah ini karena melihat masalah tidak diperbaiki saat menguninstall update. Jadi yang harus anda lakukan adalah mereset PC anda ke pengaturan default. Anda dapat memilih opsi Keep my files saat proses reset untuk menyimpan file penting anda. Jika anda tidak dapat booting, ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk mereset PC anda.




Jika masalahnya tetap tidak dapat di perbaiki, anda perlu melakukan clean install Windows.


Microsoft telah memperkenalkan kebijakan baru pada Windows 11 yang memberikan administrator kontrol yang lebih baik atas bagaimana preview update non-security bulanan dikirimkan pada perangkat perusahaan. Anda dapat mengaktifkan kebijakan tersebut untuk mencegah update otomatis di system anda. Setelah diaktifkan, pengguna dapat memilih antara menginstall Optional updates secara otomatis atau secara manual memilih update yang ingin anda terima.


Semoga membantu anda!


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error BSOD UNSUPPORTED_PROCESSOR di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error BSOD UNSUPPORTED_PROCESSOR di Windows 10/11"