Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80004015, Event ID 16392, BITS service failed to start di Windows 11

 


Background Intelligent Transfer Service (BITS) mentransfer file antara klien dan server. Salah satu tugas terpentingnya adalah membantu Windows Update. Namun, banyak pengguna melaporkan masalah yang terkait dengan BITS melalui ticket atau event di Windows Event Viewer. Pesan error yang muncul akan terlihat seperti berikut ini.

BITS service failed to start. Error 0x80004015. Event ID 16392




Memperbaiki Error 0x80004015, Event ID 16392, BITS service failed to start


Jika service BITS gagal dimulai di komputer Windows anda dengan error code 0x80004015, Event ID 16392, ikuti solusi yang disebutkan dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Jalankan Service BITS Secara Manual


Jika service BITS tidak dijalankan, anda harus mencoba melakukan hal yang sama secara manual. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk memeriksa dan menjalankan service BITS.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, klik kanan pada service Background Intelligent Transfer Service di panel kanan dan pilih Start.
  • Jika service sudah berjalan, klik kanan padanya dan pilih Restart.




2. Jalankan SFC dan DISM


Anda mungkin mendapatkan error ini karena file system yang rusak. Anda dapat memperbaiki file system yang rusak menggunakan System File Checker (SFC). Tool ini akan menscan file system anda dan kemudian memperbaiki file yang rusak. Namun jika itu tidak membuahkan hasil, anda perlu menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki system image Windows anda.




3. Jalankan Troubleshooter


Anda dapat menjalankan Background Intelligent Transfer Service (BITS) Troubleshooter untuk memperbaiki BITS di system anda. Itu dapat menscan apa yang salah dengan service dan kemudian memberi anda solusi. Untuk menjalankan Background Intelligent Transfer Service troubleshooter, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di panel kanan, klik Run di samping Background Intelligent Transfer Service untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Kemudian, ikuti petunjuk yang ditampilkan di jendela troubleshooter.



Jika masalah belum teratasi, maka anda dapat menjalankan Windows Update troubleshooter karena BITS terkait dengan Windows Update. Ikuti langkah diatas untuk membuka dan menjalankan Windows Update troubleshooter.



4. Hapus Path Windows Update


Selanjutnya, anda perlu menghapus path Windows Update dari Registry Editor dan membiarkan komputer membuatnya sekali lagi. Anda perlu melakukan ini untuk memastikan bahwa anda tidak mendapatkan error karena registry yang rusak. Membuat perubahan pada registry umumnya tidak disarankan, oleh karena itu anda harus membackup registry yang dapat digunakan dalam skenario terburuk. Setelah anda membackup registry, ikuti solusi yang disebutkan dibawah ini untuk menghapus path Windows Update.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\WindowsUpdate
  • Selanjutnya, hapus string WUServer dan WIStatusServer di panel kanan dengan mengklik kanan pada masing-masing string dan klik Delete.
  • Kemudian klik Yes di jendela konfirmasi.
  • Setelah menghapus file, restart komputer anda.



Jika anda tidak menemukan key Windows Update di panel kiri atau tidak melihat string WUServer dan WIStatusServer di panel kanan, maka lewati solusi ini dan beralih ke solusi berikutnya.


5. Reset Komputer

Jika tidak ada yang berhasil dan jika hal ini menyebabkan Windows Update anda gagal, maka pilihan terakhir anda adalah mereset komputer anda. Anda tidak akan menghapus file anda tetapi mengkonfigurasi ulang perangkat anda. Jadi, gunakan opsi Reset PC ini dari Settings Windows, pastikan anda memilih untuk Keep my files, kemudian periksa apakah masalahnya telah teratasi.



Semoga membantu anda!


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80004015, Event ID 16392, BITS service failed to start di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80004015, Event ID 16392, BITS service failed to start di Windows 11"