Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset Password Administrator Account di Windows 10/11

 


Jika anda lupa password Administrator Account Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat dengan mudah kehilangan akses ke akun anda. Jika anda mengalami masalah ini, maka tidak perlu khawatir karena Windows memiliki beberapa cara untuk mereset password anda dan mendapatkan kembali akses ke akun anda. Artikel ini akan menunjukkan cara untuk meresetnya, apakah anda menggunakan Windows dengan Microsoft Account atau Local Account.



Cara Reset Password Administrator Account di Windows 10/11


Anda dapat mengikuti salah satu metode berikut ini untuk mereset password Administrator Account anda tergantung akun administrator apa yang anda reset.



1. Reset Password Microsoft Account


Ada alasan bagus kenapa Microsoft mendorong anda untuk menggunakan Microsoft Account sebagai akun Windows anda. Salah satunya adalah mudah untuk mereset password anda, bahkan untuk administrator account, jika anda lupa. Untuk itu, anda dapat mengkuti langkah-langkah dibawah ini untuk mereset passwor anda.

  • Di login screen, klik I forgot my password.
  • Di halaman verifikasi, anda harus memverifikasi identitas anda melalui alamat email anda. Anda akan melihat beberapa tanda bintang di bagian alamat email anda yang mengharuskan anda memasukkan bagian tersembunyi di kotak teks, kemudian klik Get code.


  • Selanjutnya, gunakan perangkat lain untuk memeriksa kotak masuk email anda untuk mengetahui kode verifikasinya.
  • Setelah anda memilikinya, masukkan kode ke dalam kotak teks di PC anda dan klik Next.
  • Jika anda telah menyiapkan autentikasi dua faktor (2FA) di Microsoft Account, maka anda harus memverifikasi identitas anda sekali lagi. Ini mengharuskan anda memasukkan empat digit terakhir nomor telepon yang anda gunakan untuk 2FA, kemudian klik Get code.
  • Anda akan menerima pesan teks berisikan kode verifikasi.
  • Jadi, masukkan kode ke dalam kotak teks dan klik Next untuk melanjutkan.
  • Setelah itu, masukkan password baru dan klik Next.
  • Terakhir, klik Sign-in untuk kembali ke login screen.



Catatan: Anda tidak perlu menggunakan komputer Windows untuk mereset password Microsoft Account anda. Anda hanya perlu membuka halaman Recover your account dari Microsoft dan ikuti instruksi untuk meresetnya.



2. Reset Password Local Account


Cara cepat untuk mereset password local account anda di Windows adalah dengan melakukannya dari login screen. Namun, anda harus menjawab beberapa pertanyaan keamanan.


Catatan: Jika anda tidak membuat pertanyaan keamanan saat mengatur akun anda selama proses instalasi Windows,maka metode ini tidak akan bekerja untuk anda.

  • Di login screen, masukkan password yang salah dengan sengaja dan ketika layar kembali setelah pesan error, klik Reset password.
  • Selanjutnya, jawab pertanyaan keamanan yang di tampilkan.
  • Setelah itu, buat password baru yang kuat.




3. Resett Password Melalui Administrator Account Kedua


Jika administrator account anda adalah local account dan anda memiliki administrator account lain di PC anda, maka anda dapat menggunakan yang terakhir untuk mereset password yang sebelumnya.


Setelah anda masuk ke administrator account lain, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mereset password.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih User Accounts.
  • Di halaman berikutnya, klik Manage another account.
  • Selanjutnya, pilih administrator account yang passwordnya ingin anda ubah.
  • Setelah itu, klik Change the password.
  • Sekarang, masukkan password baru beserta konfirmasinya dan saya sarankan juga untuk memasukan password hint jikalau anda lupa dan butuh pengingat.
  • Kemudian klik Change Password.



Jika anda tidak memliki administrator account lain, maka coba aktifkan Super Administrator Account yang tersembunyi dan kemudian ikuti langkah yang sama seperti di atas untuk mereset password anda.


Karena anda memerlukan Command Prompt untuk mengaktifkannya dan anda tidak dapat mengakses akun anda, maka anda harus mem-boot komputer anda dalam Advanced Startup Options atau Recovery Mode (tekan dan tahan tombol Shift, kemudian klik Power dan pilih Restart) dan pilih Troubleshoot - Advanced options - Command Prompt.



Setelah anda berhasil, nonaktifkan kembali Super Administrator Account di PC anda.



4. Resett Password Melalui Command Prompt


Anda juga dapat mereset password administrator local account menggunakan Command Prompt jika anda memiliki akses ke administrator account lain.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. Ganti User_name dengan username milik anda dan New_password dengan password baru.
Net User User_name New_password

Sebagai contoh, perintah akan menjadi seperti berikut ini.
Net User Administrator Mastertipsorialindo123456789



Untuk mereset password Local Account menggunakan media instalasi, anda dapat membaca artikel ini dan jika anda telah membuat Password Reset Disk, maka artikel ini akan membantu anda. Untuk pengguna Windows 7 atau Windows 8, anda dapat membacanya disini.

Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mereset password Administrator Account di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Reset Password Administrator Account di Windows 10/11"