Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Reset Password Windows


Ada saatnya anda akan lupa password atau kata sandi login Windows anda. Mungkin ada beberapa alasan untuk ini seperti password yang terlalu rumit, atau sudah terlalu lama sejak anda login ke system anda dan lainnya. Tidak peduli apa alasannya, berikut adalah beberapa cara untuk mereset password Windows anda dengan mudah jika anda lupa.


1. Menggunakan Password Reset Disk

Menggunakan Password Reset Disk adalah salah satu metode termudah untuk diikuti untuk mereset password Windows anda yang terlupakan. Satu-satunya downside dari prosedur ini adalah anda harus memiliki disk reset password yang dibuat sebelumnya.

Saya sudah menulis tutorial yang bagus tentang cara membuat Password Reset Disk dan cara menggunakannya untuk mereset password Windows anda. Jadi, ikuti panduannya.

Jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11 maka anda harus menggunakan local account untuk membuat Password Reset Disk. Jika anda menggunakan Microsoft account untuk mengelola system Windows anda, maka anda tidak dapat membuat pengaturan Password Reset Disk. Sebagai gantinya, ikuti petunjuk pada halaman resmi Microsoft ini untuk mereset password anda.

Catatan: Password Reset Disk yang dibuat pada satu system Windows tidak akan berfungsi pada system lain.


2. Dengan Meretas Tombol Ease of Access

Tombol Ease of Access pada layar login Windows dapat berguna untuk mereset password Windows dan ini adalah metode populer lainnya. Metode ini sangat berguna jika anda tidak ingin menggunakan software pihak ketiga dan/atau tidak memiliki Password Reset Disk.

Untuk mereset password menggunakan metode ini, masukkan disk instalasi Windows anda dan boot darinya. Setelah anda berada di layar Settings, tekan pintasan keyboard Shift + F10 untuk meluncurkan Command Prompt.

Setelah Command Prompt dibuka, masukan perintah di bawah ini dan jalankan satu per satu. Yang saya lakukan hanyalah mengganti utilman.exe dengan cmd.exe.

move c:\Windows\System32\Utilman.exe c:\Windows\System32\Utilman.exe.bak
copy c:\Windows\System32\cmd.exe c:\Windows\System32\Utilman.exe


Setelah melakukan ini, restart mesin Windows anda dengan keluar dari layar instalasi. Setelah anda berada di layar login Windows, klik tombol Ease of access yang muncul di sudut kanan bawah. Tindakan ini akan meluncurkan Command Prompt.

Di Command Prompt, jalankan perintah di bawah ini satu per satu. Jangan lupa untuk mengganti dengan username baru.

net user <username> /add
net localgroup administrators <username> /add


Tindakan di atas akan membuat account baru dengan username baru. Restart system anda, pilih account baru dari layar login dan masuk ke system Windows anda.

Setelah masuk, anda dapat mereset password account lain dari jendela Local Users and Groups. Anda dapat mengaksesnya dengan memasukkan lusrmgr.msc di kotak dialog Run (Win + R).


3. Menggunakan ntpasswd

Jika anda tidak memiliki Password Reset Disk dan/atau tidak ingin mengacaukan file system anda sendiri, maka menggunakan software seperti ntpasswd adalah cara yang harus dilakukan. Sekali lagi, saya telah menerbitkan panduan terperinci tentang cara menggunakan ntpasswd untuk mereset password Windows, jadi ikuti panduan ini, dan anda siap melakukannya.


4. Menggunakan Trinity Rescue Kit

Atau, anda juga dapat menggunakan distribusi Linux langsung seperti Trinity Rescue Kit yang dirancang khusus untuk memulihkan dan memperbaiki data. Untuk menggunakan Trinity Rescue Kit, download ISO dari situs web resmi, backup ke cakram atau buat thumb drive yang bisa di-boot dan boot ke dalamnya.


Setelah anda boot ke Rescue Kit, ikuti panduan resmi di link yang disertakan untuk mereset password Windows anda.

Jika anda lupa password untuk local account anda, maka anda dapat mereset password local account menggunakan media instalasi.

Jika anda merasa saya telah melewatkan salah satu cara favorit anda untuk mereset password Windows, maka bagikanlah dalam kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "4 Cara Reset Password Windows"