Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error A service installation section in this INF is invalid di Windows 10/11

 


Saat menginstall atau mengupdate driver perangkat pada Windows 10 atau Windows 11, anda mungkin mendapatkan error A service installation section in this INF is invalid. Jika demikian, maka artikel ini memeliki beberapa solusi yang akan membantu anda memperbaiki masalah ini.



Error ini biasanya terjadi saat anda mencoba menginstall driver secara manual menggunakan file .INF di Windows dengan menggunakan opsi Install di menu konteks klik kanan. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan error ini. Beberapa diantaranya seperti disebabkan karena file driver .inf yang rusak atau ketidaksesuaian antara perangkat dan driver. Error ini dilaporkan terjadi dengan driver perangkat MTP, driver Wi-Fi dan juga driver lainnya.



Memperbaiki Error A service installation section in this INF is invalid


Untuk memperbaiki error ini, anda mungkin perlu mendowload ulang file driver .inf dan menyimpannya di lokasi yang berbeda dan kemudian mencoba menginstall kembali untuk melihat apakah itu berhasil. Jika masalah berlanjut, maka berikut adalah beberapa solusi untuk membantu anda mengatasi error ini.


Sebelum anda mencoba solusi perbaikan dibawah ini, jalankan scan SFC terlebih dahulu untuk memperbaiki file system yang berpotensi rusak atau hilang dan lihat apakah error sudah diperbaiki atau belum. Jika tidak, anda dapat melanjutkan dengan solusi perbaikan berikut ini.



1. Install Ulang Driver Perangkat


Anda dapat menguninstall driver dan kemudian menginstall ulang driver perangkat yang bermasalah untuk memeriksa apakah error dapat diperbaiki. Solusi ini terbukti efektif untuk beberapa pengguna. Jadi, anda dapat mencoba melakukan hal yang sama dan melihat apakah error dapat teratasi.


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M atau pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, temukan driver yang bermasalah.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver tersebut dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian pada jendela konfirmasi, klik Uninstall untuk melanjutkan proses.


  • Setelah selesai, anda dapat merestart komputer anda.
  • Sekarang, hubungkan perangkat yang drivernya bermasalah ke komputer anda dan biarkan Windows menginstall driver perangkat yang hilang secara otomatis.


Jika Windows tidak dapat mendownload driver dan menginstall driver secara otomatis, maka anda dapat mendownload driver dari website resmi produsen perangkat anda dan kemudian menginstall driver di system anda.



2. Update Driver Secara Manual


Anda juga dapat mencoba mengupdate driver yang bermasalah secara manual melalui Device Manager dan melihat apakah error dapat diperbaiki. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar menu.
  • Di jendela Device Manager, temukan driver yang mengalami error ini.
  • Kemudian, klik kanan pada driver tersebut dan pilih Update driver.
  • Di jendela update driver, pilih Browser my computer for drivers
  • Kemudian klik Browse untuk memilih driver yang telah anda download sebelumnya dan kemudian klik Next.


  • Atau anda juga dapat memilih Let me pick from a list of available drivers on my computer.
  • Setelah itu, ikuti petunjuk yang diminta seperti memilih perangkat, jenis hardware dan lainnya. Kemudian selesaikan instalasi driver.


  • Setelah driver berhasil diinstall, anda dapat menghubungkan kembali perangkat dan memeriksa apakah error telah diperbaiki.



3. Install Driver yang Hilang Secara Manual


Error ini mungkin disebabkan oleh file driver yang hilang. Oleh karena itu, jika skenario ini berlaku untuk anda, maka anda dapat menginstall file driver yang hilang secara manual dan kemudian memeriksa apakah error dapat diperbaiki.


Jika anda menghadapi error ini dengan driver USB, mungkin file mdmcpq.inf atau usbser.sys rusak atau hilang. Jadi, dalam hal ini, anda dapat menginstallnya menggunakan langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, anda memerlukan komputer lain tanpa error ini. Jadi, pergi ke komputer tersebut dan akses lokasi berikut di File Explorer.
 C:\Windows\INF
  • Sekarang, cari file mdmcpq.inf dan copy ke drive eksternal anda.
  • Setelah itu, pergi ke lokasi berikut ini di File Explorer.
C:\Windows\System32\drivers
  • Di lokasi, copy file usbser.sys ke drive eksternal yang sama dengan yang anda gunakan sebelumnya.
  • Selanjutnya, hubungkan drive eksternal ke komputer yang bermasalah dan salin kedua file ke lokasi masing-masing seperti yang disebutkan diatas.
  • Anda sekarang dapat menghubungkan kembali perangkat anda dan memeriksa apakah error telah teratasi.


Cara lain untuk menginstall file driver yang hilang untuk memperbaiki error ini adalah sebagai berikut.
  • Pertama, lepaskan perangkat USB anda dan pergi ke lokasi C:\Windows\INF di File Explorer anda.
  • Kemudian, klik kanan pada file wpdmtp.inf dan pilih opsi Install dari menu konteks yang muncul.
  • Selanjutnya, tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah selesai, hubungkan kembali perangkat anda dan periksa apakah error sudah diperbaiki atau belum.



4. Gunakan Software Update Driver Pihak Ketiga untuk Update Driver Secara Otomatis

Metode selanjutnya untuk memperbaiki error A service installation section in this INF is invalid ini adalah dengan mengupdate driver perangkat secara otomatis menggunakan software update driver pihak ketiga. Ada banyak software yang secara otomatis mendeteksi driver yang out of date di system anda dan kemudian mengupdatenya secara otomatis.



Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error A service installation section in this INF is invalid di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error A service installation section in this INF is invalid di Windows 10/11"