Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80070425, Credential Manager Error di Windows 10/11

 


Saat anda mencoba mengakses atau membuka Credentials Manager di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mendapatkan error code 0x80070425. Jika demikian, maka artikel ini akan membantu anda dengan beberapa solusi yang paling dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Saat error ini terjadi, amda akan melihat pesan error seperti berikut ini.

Credential Manager Error

An error occurred while performing this action.

Error code: 0x80070425

Error Message: The service cannot accept control messages at this time.



Error 0x80070425, Credential Manager Error ini dapat terjadi karena beberapa alasan, seperti service yang terkait dengan Credential Manager tidak berjalan atau beberapa file yang terkait dengan aplikasi telah rusak.



Memperbaiki Error 0x80070425, Credential Manager Error


Untuk memperbaiki error code 0x80070425 Credential Manager di Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Update Windows


Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini adalah mengupdate Windows anda. Jadi, jika Windows anda belum di update dalam jangka wakti yang lama, maka segera update. System Windows yang tidak up to date dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk error 0x80070425, Credential Manager Error ini. Untuk melakukannya, anda cukup membuka Setings Windows dengan menekan tombol Win I dan klik Windows Update dibagian atas jendela Settings. Itu akan secara otomatis menscan update untuk anda dan jika tersedia, maka silahkan install.




2. Jalankan Scan SFC


Error ini juga dapat terjadi karena file system yang hilang atau rusak. Untuk itu, anda perlu memperbaiki file system yang hilang atau rusak tersebut. Beberapa pengguna PC yang terpengaruh dapat memperbaiki error 0x80070425, Credential Manager Error ini dengan menjalankan System File Checker (SFC). Tool ini akan mendeteksi file system yang rusak dan memperbaikinya jika itu ditemukan. Langkah ini dapat menyelesaikan masalah ini.




3. Periksa Pengaturan Registry ini


Vaultsvc.dll merupakan file DLL (Dynamic Link Library), dimana file ini adalah file system penting dari OS Windows. File ini terkait dengan Credential Manager Service. Ketika file ini tidak diatur untuk value dari string ServiceDll di Registry anda, maka itu dapat menyebabkan error saat anda menggunakan Credential Manager. Jadi, anda perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memeriksanya dan mengubah value yang di perlukan agar Credential Manager dapat berfungsi dengan normal.


Namun sebelum anda mengikuti langkah-langkah dibawah ini, backup registry atau buat system restore point terlebih dahulu. Setelah itu, lanjut ke langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\VaultSvc\Parameters
  • Di lokasi, klik dobel pada string ServiceDll di panel kanan.
  • Kemudian periksa Value data-nya. Itu harus seperti yang berikut dibawah ini. Jadi jika tidak, maka ubah itu dan klik OK.
C:\Windows\System32\vaultsvc.dll
  • Setelah itu, tutup Registry Editor dan restart komputer anda.



4. Pastikan Service Credential Manager Berjalan

Jika masalah belum terpecahkan, maka kemungkinan besar service Credential Manager tidak dimulai saat booting. Untuk itu, anda perlu memeriksa status service Credential Manager di komputer anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, klik dobel pada service Credential Manager di panel kanan.
  • Di jendela properties service, atur Startup type ke Manual.
  • Kemudian, klik Start pada bagian Service status untuk menjalankan service. Jika statusnya adalah Running, maka klik Stop dan kemudian klik Start untuk merestart service.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, tutup jendela Services dan restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.


Jika service Credential Manager tidak dimulai secara otomatis setelah anda merestart komputer anda, maka buka kembali Services dan ubah Startup type service Credential Manager ke Automatic.

Pastikan juga bahwa Startup type dari dependensi service berikut  ini di atur seperti dibawah ini. Hal ini karena, service Credential Manager bergantung pada service tersebut. Anda dapat mengubah Startup type masaing-masing service seperti langkah diatas.
  • Remote Procedure Call Service (RPC) - Automatic
  • DCOM Server Process Launcher – Automatic
  • RPC Endpoint Mapper – Automatic


Anda juga dapat mencoba langkah berikut ini.
  • Kemudian, restart komputer anda.
  • Setelah itu, ubah kembali Startup type ke Manual.
  • Dan restart kembali komputer anda.

Sebagai alternatif untuk memulihkan konfigurasi Startup type default dari Credential Manager, anda dapat menjalankan perintah dibawah ini di jendela Command Prompt dengan hak admin.

sc config VaultSvc start= demand


Anda mungkin juga harus membersihkan Credential Manager jika anda mulai mendapatkan error code setelah mengubah kredensial pengguna seperti kredensial domain di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda akan kehilangan password yang disimpan, jadi sebaiknya backup password anda terlebih dahulu.

Untuk membersihkan Credential Manager, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Notepad dan salin seluruh kode sintaks berikut ini di Notepad anda.
@echo off
cmdkey.exe /list > "%TEMP%\List.txt"
findstr.exe Target "%TEMP%\List.txt" > "%TEMP%\tokensonly.txt"
FOR /F "tokens=1,2 delims= " %%G IN (%TEMP%\tokensonly.txt) DO cmdkey.exe /delete:%%H
del "%TEMP%\List.txt" /s /f /q
del "%TEMP%\tokensonly.txt" /s /f /q
echo All done
pause
  • Kemudian klik File - Save as.
  • Selanjutnya, beri nama file yang diikuti dengan ekstensi .bat (misalkan, ClearCredentialManager.bat) dan ubah Save as type ke All Files.
  • Kemudian klik Save untuk menyimpannya.


  • Setelah itu, buka folder tempat anda menyimpan file dan klik dobel pada file bat tersebut untuk membersihkan Credential Manager anda.



Jika tidak ada yang membantu, anda mungkin harus memperbaiki komputer menggunakan media instalasi.


Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80070425, Credential Manager Error di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80070425, Credential Manager Error di Windows 10/11"