Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghentikan Layar Memperbesar dan Memperkecil Sendiri Secara Acak di Windows 10/11

 


Jika anda mengalami masalah dimana layar komputer secara acak memperbesar dan memperkecil sendiri, ada beberapa langkah yang dapat anda coba untuk memperbaikinya. Beberapa pengguna Windows melaporkan bahwa masalah ini terjadi ketika mereka meletakkan jari di dekat touchpad, sementara yang lain mengalami masalah ini bahkan ketika fitur scroll/gulir dinonaktifkan di Control Panel. Artikel ini akan memberikan beberapa solusi untuk menghentikan Windows 10 atau Windows 11 anda dari zoom in (memperbesar) dan zoom out (memperkecil) sendiri agar anda dapat menggunakan PC anda secara normal.


Dalam banyak kasus, ketika komputer secara acak memperbesar dan memperkecil layar, hal tersebut disebabkan oleh beberapa pengaturan yang salah, masalah pada keyboard atau masalah system lainnya. Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa masalah ini terjadi beberapa kali sehari dan dapat menyebabkan layar PC memperbesar hingga 300% atau diperkecil hingga 15% dalam waktu yang sangat singkat. Terkadang, masalah ini muncul secara tiba-tiba ketika anda menyentuh roda mouse atau hanya touchpad.


Penyebab Komputer Memperbesar dan Memperkecil Sendiri Secara Acak

Mengidentifikasi penyebab sebenarnya yang menyebabkan Windows secara acak memperbesar dan memperkecil layar dapat sulit. Namun, ada beberapa masalah yang mungkin menjadi pemicu masalah tersebut. Misalnya, jika tombol Ctrl pada keyboard anda macet atau terjepit atau jika mouse, touchpad atau driver keyboard mengalami masalah. Ini dapat menyebabkan komputer anda mungkin akan memperbesar dan memperkecil sendiri. Selain itu, jika fitur Pinch Zoom diaktifkan, mkaa hal ini juga dapat memicu masalah tersebut. Jika anda menggunakan software atau driver yang sudah out of date terkait dengan mouse dan keyboard, maka itu juga dapat menyebabkan fungsi mempembesar di Windows berperilaku aneh.



Menghentikan Layar Memperbesar dan Memperkecil Sendiri Secara Acak


Untuk mengatasi masalah zoom layar komputer yang mengganggu, berikut beberapa solusi yang dapat membantu anda memperbaikinya dan melanjutkan tugas di PC dengan lancar. Jika anda ingin menghentikan Windows agar tidak secara otomatis memperbesar dan memperkecil layar, ikuti beberapa solusi berikut ini.



1. Mulailah dengan Langkah-langkah Dasar


Disarankan untuk memulai dengan langkah-langkah dasar berikut sebelum mencoba solusi yang lebih lanjut. Langkah-langkah ini dapat membantu menghentikan layar komputer agar tidak secara otomatis memperbesar dan memperkecil sendiri.

  • Lepaskan mouse anda dari komputer anda dan sambungkan kembali. Mungkin ada masalah dengan driver atau koneksi dan membangunnya kembali dapat menyelesaikan masalah.
  • Penting untuk memastikan bahwa tombol Ctrl pada keyboard anda tidak terjepit atau macet. Jika anda mengalami masalah ini, maka anda dapat mencoba mereset touch keyboard pada PC Windows anda.
  • Coba lepaskan semua periferal dan restart komputer anda. Ini dapat memperbaiki bug atau masalah yang memerlukan perbaikan otomatis selama pengaktifan.
  • Pastikan anda telah mengupdate driver system anda dan memastikan tidak ada aplikasi yang bermasalah, terutama yang berhubungan dengan mouse, touchpad dan keyboard.


Jika langkah-langkah dasar diatas tidak berhasil menghentikan PC Windows anda dari memperbesar dan memperkecil layar secara otomatis, maka anda dapat mencoba solusi tambahan berikut ini.



2. Nonaktifkan Fitur Pinch Zoom


Fitur Pinch Zoom di PC anda mungkin menjadi penyebab Windows anda memperbesar dan memperkecil secara acak. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menonaktifkan fitur Pinch Zoom di Windows 10 atau Windows 11.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Mouse.
  • Di jendela Mouse Properties, alihkan ke tab Device Settings.
  • Kemudian, pilih touchpad control anda dari daftar dan pilih Settings.


  • Di jendela Properties for Synaptics TouchPad, hapus ceklist pada opsi Pinch Zoom.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyelesaikan proses.



Langkah-langkah diatas mungkin sedikit berbeda tergantung pada pabrikan komputer anda. Jika anda tidak melihat touchpad control, anda mungkin perlu mendownload software touchpad dan menginstallnya dari pabrikan.



3. Jalankan Hardware and Devices Troubleshooter


Jalankan Hardware and Devices Troubleshooter menggunakan command line. Untuk membuka troubleshooter, yang perlu anda lakukan hanyalah meluncurkan command prompt, kemudian masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.

msdt.exe -id DeviceDiagnostic


Anda juga dapat menjalankan Keyboard Troubleshooter untuk memperbaiki masalah terkait keyboard di Windows 10 atau Windows 11 anda.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows melalui Star menu atau dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, klik Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan klik Additional troubleshooters.
  • Kemudian di panel kanan, klik Keyboard dan klik Run the troubleshooter.
  • Jendela Troubleshooter akan terbuka. Ikuti semua petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses perbaikannya.


Di Windows 11:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Kemudian temukan Keyboard dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Ikuti petunjuk di jendela Troubleshooter yang muncul.



4. Install Ulang Driver Touchpad, Mouse dan Keyboard

Menguninstall driver dan menginstall ulang driver akan memperbaiki masalah seperti kompatibilitas, bug, instalasi tidak lengkap, file rusak dan lainnya. Setelah anda menguninstall driver tersebut, system anda akan menginstall ulang driver secara otomatis dan mengupdate driver ke versi yang terbaru. Meskipun Windows memperbesar dan memperkecil sendiri adalah masalah mouse atau touchpad, keyboard juga dapat berperan terjadinya masalah ini. Untuk menghapus driver touchpad, mouse, dan keyboard, anda dapat melakukannya melalui Device Manager. Anda juga menguninstall driver menggunakan Command Prompt.


Jika masalah masih berlanjut, maka anda mungkin menghadapi masalah yang lebih teknis yang memerlukan perhatian dari teknisi komputer yang berpengalaman.


Saya harap sesuatu disini bekerja untuk anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menghentikan layar memperbesar dan memperkecil sendiri secara acak di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Menghentikan Layar Memperbesar dan Memperkecil Sendiri Secara Acak di Windows 10/11"