Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset Touch Keyboard ke Default di Windows 10/11

 


Saat keyboard fisik anda tidak berfungsi, anda dapat mengandalkan Touch Keyboard atau On-Screen Keyboard sebagai alternatif. Salah satu fitur praktis dari keyboard virtual ini adalah kemampuannya untuk dipindahkan ke posisi lain dan akan tetap berada disana meskipun anda menutup dan membukanya kembali.


Jika anda tidak menyukai posisi saat ini dan ingin mereset Touch keyboard ke posisi default di Windows 10 atau Windows 11, maka artikel ini akan membantu anda melakukannya. Meskipun OS tidak menawarkan opsi ini di Settings Windows, namun anda masih dapat mereset Touch keyboard ke posisi default menggunakan Registry Editor.


Saat anda berniat untuk menghapus beberapa value dari Registry Editor, sangat disarankan untuk melakukan langkah-langkah pengamanan, seperti membackup semua file registry dan membuat system restore point. Tindakan ini akan membantu melindungi data dan system anda jika terjadi kesalahan atau masalah selama proses pengeditan registry.



Reset Touch Keyboard ke Default di Windows 10/11


Jika anda ingin mengembalikan Touch keyboard ke posisi defaultnya, maka berikut adalah panduan yang akan membantu anda melakukannya.

  • Jika anda telah membackup registry dan membuat system restore point, anda perlu membuka Registry Editor di komputer anda. Untuk melakukannya, anda dapat menekan tombol Win + R untuk membuka kotak Run, kemudian ketik regedit dan tekan tombol Enter. Setelah prompt UAC muncul di layar anda, klik Yes. Ini akan membuka Registry Editor dengan hak administrator.
  • Setelah Registry Editor terbuka, anda perlu menelusuri jalur berikut dibawah ini di panel kiri Registry Editor. Pastikan anda pergi ke jalur yang benar.

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\TabletTip\1.7

  • Setelah anda memilih keyreg 1.7 di panel kiri, anda akan menemukan dua DOWRD di panel kanan yang bernama:
    • OptimizedKeyboardRelativeXPositionOnScreen
    • OptimizedKeyboardRelativeYPositionOnScreen
  • Anda perlu menghapus kedua DWORD tersebut. Untuk itu, klik kanan pada masing-masing DWORD dan pilih opsi Delete.
  • Setelah itu, pada jendela konfirmasi yang muncul, klik Yes untuk mengkonfirmasi penghapusan DWORD tersebut dari Registry Editor anda.


  • Setelah anda selesai menghapus kedua DWORD, anda perlu merestart komputer anda atau anda dapat merestart proses Windows Explorer melalui Task Manager untuk menerapkan perubahan registry di system operasi anda.


Menggunakan File BAT

Ada juga metode lain yang dapat anda gunakan untuk menyelesaikan hal yang sama yaitu dengan menggunakan file BAT. Metode ini juga bekerja dengan Registry Editor, namun ini menjadi sedikit lebih praktis ketika anda sering mengubah posisi Touch keyboard anda dan ingin mengembalikannya ke posisi default dengan lebih cepat. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Anda perlu membuka Notepad di komputer anda. Anda dapat menemukannya di Start Menu atau menggunakan Search Windows atau menjalankan perintah notepad di jendela Run.
  • Setelah anda membukanya, salin seluruh kode sintaks berikut ini di Notepad anda.
@echo off

REG Delete "HKCU\SOFTWARE\Microsoft\TabletTip\1.7" /V OptimizedKeyboardRelativeXPositionOnScreen /F

REG Delete "HKCU\SOFTWARE\Microsoft\TabletTip\1.7" /V OptimizedKeyboardRelativeYPositionOnScreen /F

taskkill /f /im explorer.exe

start explorer.exe
  • Selanjutnya, simpan file tersebut dengan mengklik File dan pilih Save As.
  • Selanjutnya di jendela Save As, pilih lokasi tempat anda ingin menyimpan file, kemudian ubah Save as type ke All Files dan masukkan nama yang diikuti dengan ekstensi .bat (misalnya ResetTouchKeyboard.bat).
  • Kemudian, klik Save untuk menyimpannya.


Ketika saatnya anda ingin mereset Touch keyboard anda ke posisi default, anda dapat mengklik dobel pada file .bat tersebut untuk menjalankannya dan itu akan mereset Touch keyboard anda secara otomatis.



Khusus untuk Windows 10

Jika anda menggunakan system operasi Windows 10, maka anda juga dapat mereset Touch Keyboard anda melalui jendela Settings Windows. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Personalization di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, pilih Touch keyboard di panel kiri.
  • Setelah itu, klik Reset Settings di panel kanan.
  • Jika ada jendela konfirmasi yang muncul, pilih untuk mereset On-screen keyboard anda.



Semoga itu dapat membantu anda. Anda juga dapat melihat artikel lainnya tentang daftar Touch Screen dan Touchpad Gesture di Windows 10 atau Windows 11.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mereset Touch Keyboard ke default di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Reset Touch Keyboard ke Default di Windows 10/11"