Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error DivxDecoder.dll is missing atau not found di Windows 10/11

 


Pada artikel ini, saya akan menjelaskan cara mengatasi error DivxDecoder.dll is missing atau not found di PC dengan system operasi Windows 10 atau Windows 11. DivxDecoder.dll adalah salah satu file DLL (Dynamic Link Library) yang penting dalam system operasi Windows. File-file ini berisi fungsi dan prosedur yang dapat digunakan oleh beberapa program secara bersamaan.


File DivxDecoder.dll terkait dengan codec DivX, yang berfungsi untuk mengompres dan mendekompresi file video dengan penurunan kualitas yang minimal. Ketika sebuah program membutuhkan DivxDecoder.dll, system operasi akan menemukan file tersebut dan memberikan informasi yang diperlukan kepada program. Namun, jika system operasi tidak dapat menemukan file DLL tersebut, program akan gagal dijalankan dan menghasilkan pesan error seperti berikut ini.

System Error

The program can’t start because DivxDecoder.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.



Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan error DivxDecoder.dll is missing atau not found di Windows 10 atau Windows 11 anda. Error tersebut sering terjadi jika file DivxDecoder.dll terhapus atau rusak akibat seringnya proses instalasi dan uninstall software. Alasan lainnya meliputi driver graphics yang hilang atau out of date, izin file yang tidak memadai dan juga karena perubahan pada jalur file.



Memperbaiki Error DivxDecoder.dll is missing atau not found


Jika anda menghadapi error DivxDecoder.dll is missing atau not found di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka gunakan solusi berikut ini untuk memperbaiki masalah tersebut.



1. Restart PC


Masalah ini dapat terjadi karena error sementara yang terjadi saat booting PC. Jadi, untuk mengatasi maslah ini, anda dapat merestart PC anda dan itu mungkin akan memperbaiki masalah sementara tersebut di booting PC berikutnya. Jika tidak, lanjut ke solusi berikutnya.



2. Periksa Lokasi File


Setelah sebuah program menginstall file DLL pada PC anda yang menjalankan Windows 10 atau Windows 11, file tersebut seharusnya tetap berada dalam folder instalasi program bersama dengan file launcher (.exe). Jika anda secara tidak sengaja menghapus file tersebut, maka anda dapat memulihkannya dari Recycle Bin. Jika anda tidak sengaja memindahkannya ke lokasi lain, maka pastikan untuk memindahkannya kembali ke direktori instalasi program. Setelah itu, program akan berjalan tanpa error.




3. Update Driver Graphics


Error ini juga dapat terjadi karena driver graphics yang sudah out of date. Untuk itu anda perlu mengupdate driver graphics anda dan itu akan memperbaiki masalah ini.


Anda dapt mengikuti salah satu metode berikut ini untuk mengupdate driver graphics anda.

  • Update driver graphics anda melalui halaman Optional Updates di Windows Update.
  • Anda juga dapat mengupdate driver graphics melalui Device Manager.
  • Disarankan untuk mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk mengupdate graphics card AMD atau di artikel ini untuk mengupdate graphics card NVIDIA atau di artikel ini untuk mengupdate driver Intel graphics.



Catatan: DLL berasal dari runtime NVIDIA CUDA dan dikirimkan sebagai bagian dari NVIDIAPhysX Runtime. Error ini dapat diperbaiki dengan menginstall driver nVidia PhysX atau driver CUDA yang berdiri sendiri. Ini tersedia di website NVIDIA.



4. Install Ulang Aplikasi yang Bermasalah


Jika file DivxDecoder.dll disertakan dalam program tersebut, maka kemungkinan file tersebut rusak dan pada akhirnya menyebabkan error ini. Oleh karena itu, anda dapat menginstall ulang program tersebut untuk memperbaiki masalah ini.


Untuk melakukannya, anda perlu menguninstall program tersebut secara komplit dari system anda. Anda dapat menggunakan software uninstaller pihak ketiga untuk melakukan tugas tersebut. Setelah menguninstallnya, restart PC anda dan install ulang program untuk memperbaiki masalah DLL.



5. Update atau Install Codec yang Hilang


Salah satu penyebab terjadinya error ini adalah ketika codec pada system anda out of date, hilang atau rusak. Oleh karena itu, anda mungkin perlu mengupdate atau menginstall file codec yang hilang dari PC anda dan lihat apakah itu membantu. Artikel ini akan membantu anda memeriksa dan menginstall codec yang diinstall di Windows 10 atau Windows 11 anda.




6. Lakukan System Restore


Jika anda telah membuat system restore point sebelum terjadinya masalah ini, maka anda dapat melakukan system restore agar program kembali berfungsi normal.




Catatan: Jika anda berpikir untuk mendownload file DLL yang hilang, saya sarankan anda mendownloadnya dari distributor resmi yang membuat file DLL sebagai bagian dari paket software mereka. Sebagian besar website yang mengizinkan download DLL individual bukanlah sumber yang 'di-approved' untuk mendownload file DLL. Jadi ada kemungkinan besar file tersebut out of date atau terinfeksi virus.


Jika error belum dapat diperbaiki, maka perbaikan umum file .dll yang hilang ini mungkin akan membantu anda.


Semoga membantu anda!


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error DivxDecoder.dll is missing atau not found di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error DivxDecoder.dll is missing atau not found di Windows 10/11"