Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0xc0000428, Windows cannot verify the digital signature for this file

 


Jika muncul error code 0xc0000428 dengan pesan error Windows cannot verify the digital signature for this file yang terus mengganggu anda, maka berikut adalah beberapa solusi yang mungkin dapat membantu anda. Biasanya, masalah ini terjadi ketika Windows tidak dapat memverifikasi digital signature file tertentu yang mungkin karena file tersebut rusak atau telah dimodifikasi.



Saat Windows menghubungkan atau memverifikasi file dan perangkat, digital signature digunakan sebagai mekanisme keamanan. Error 0xc0000428, Windows cannot verify the digital signature for this file dapat terjadi ketika Windows mendeteksi masalah dengan digital signature driver atau file system dan tidak dapat memverifikasinya. Beberapa alasan yang mungkin terjadi antara lain:

  • Digital signature rusak atau tidak valid.
  • Sertifikat yang digunakan untuk menandatangani file sudah out of date.
  • File tidak ditandatangani (Unsigned).


Untungnya, ada beberapa solusi yang dapat anda ambil untuk memperbaiki error 0xc0000428 ini. Berikut adalah beberapa saran sederhana yang dapat anda ikuti untuk mengatasinya.



Memperbaiki Error 0xc0000428, Windows cannot verify the digital signature for this file


Jika anda mendapatkan error code 0xc0000428 dengan pesan error Windows cannot verify the digital signature for this file, maka anda dapat mencoba beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Perbaiki File System yang Rusak


File system yang rusak adalah alasan lain mengapa Windows tidak dapat memverifikasi digital signature. Untuk memperbaikinya, coba jalankan System File Checker (SFC). Menjalankan scan SFC dapat secara otomatis memperbaiki file system yang rusak. Jika itu tidak memperbaiki error di komputer anda, maka anda dapat menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki system image Windows anda. Setelah itu jalankan kembali scan SFC dan perikasa, apakah error di perbaiki atau tidak.




Anda mungkin perlu menjalankan SFC offline untuk memperbaiki file system yang rusak.



2. Verifikasi Digital Signature File Tersebut


Selanjutnya, anda dapat mencoba memverifikasi digital signature file secara manual dengan menggunakan tool Windows File Signature Verification. Tool ini dapat membantu anda memverifikasi keaslian digital signature pada file tersebut.


Atau, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memverifikasinya.

  • Buka File Explorer dan navigasikan ke lokasi penyimpanan program anda.
  • Kemudian, klik kanan pada file setup dan kemudian klik Properties.
  • Di jendela properties file, alihkan ke tab Digital Signatures.
  • Di bagian Signature list, jika anda melihat entri yang berarti file anda digitally signed, maka klik dobel pada salah satu entri tersebut untuk melihat detail tambahan tentang otoritas signing.
  • Dengan itu, anda dapat mengetahui apakah file tersebut ditandatangani oleh distributor asli software tersebut atau tidak.


  • Selain itu, anda dapat mengklik View Certificate untuk melihat detail tambahan tentang sertifikat yang disertakan dengan signature.




3. Nonaktifkan Driver Signature Enforcement


Driver Signature Enforcement bertujuan untuk mencegah penginstalan dan penggunaan unsigned driver atau file system yang memuat pada system operasi Windows. Dengan menonaktifkan fitur ini, pengguna dapat memuat file-file tersebut, yang dapat membantu mengatasi error 0xc0000428. Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur Driver Signature Enforcement.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Kemudian, buka System - Recovery dan klik Restart now disamping Advanced Startup.
  • Selanjutnya, pilih Troubleshoot - Advanced Options - Startup Settings dan kemudian klik Restart.


  • Setelah itu, tekan tombol F7 untuk memilih opsi Disable driver signature enforcement.




4. Perbaiki Boot Manager


Boot Manager yang rusak bisa menjadi salah satu penyebab utama munculnya error 0xc0000428, dimana Windows tidak dapat memverifikasi digital signature untuk file tertentu. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaiki Boot Manager yang rusak di Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Terkadang, saat error 0xc0000428 terjadi, system operasi Windows mungkin tidak dapat di-boot. Jika hal ini terjadi, maka anda dapat menggunakan menu Windows Recovery untuk memperbaiki masalah tersebut. Untuk itu, anda dapat menekan tombol F8.
  • Setelah itu, pilih Troubleshoot - Advanced options dan pilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini satu per satu sambil menekan Enter.
bootrec /fixmbr
bootrec /fixboot
bootrec /rebuildbcd
  • Setelah menjalankan semua perintah, reboot system anda dan lihat apakah error sudah diperbaiki atau tidak.



5. Nonaktifkan Integrity Check

Integrity Check adalah fitur pada Windows yang memeriksa tdigital signature dari semua file sebelum dimuat ke memory perangkat anda. Jika ada file yang gagal dalam pemeriksaan ini, maka mereka tidak akan diizinkan untuk dimuat. Namun, menonaktifkan fitur ini dapat membantu memperbaiki error 0xc0000428. Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur Integrity Check.
  • Buka Command Prompt dengan hak administrator.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
bcdedit /set nointegritychecks ON


  • Anda sekarang akan melihat pesan yang mengatakan The operation completed successfully.
  • Setelah itu, tutup Command Prompt dan reboot komputer anda.

Anda sekarang dapat melihat apakah error sudah diperbaiki atau tidak.


6. Lakukan System Restore

Jika solusi sebelumnya tidak membantu memperbaiki masalah, maka pertimbangkan untuk melakukan system restore pada perangkat anda ke titik sebelum error terjadi. Dengan melakukan system restore, Windows akan diinstall ulang dengan file dan pengaturan yang disimpan pada restore point tersebut, sehingga dapat memperbaiki lingkungan Windows anda.

Perlu diingat bahwa system restore hanya dapat dilakukan jika anda telah membuat system restore point sebelum masalah ini terjadi di komputer anda. Jadi jika anda belum membuatnya, maka anda perlu mereset Windows anda.



Semoga membantu!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0xc0000428, Windows cannot verify the digital signature for this file di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0xc0000428, Windows cannot verify the digital signature for this file"