Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error The System Could Not Find the Environment Option that Was Entered

 


Beberapa pengguna melaporkan bahwa, mereka mendapatkan pesan error The system could not find the environment option that was entered saat membuka softwarek atau aplikasi di PC Windows 10 atau Windows 11 mereka. Pesan error tersebut akan ditampilkan seperti berikut ini.

Operation could not be completed (error 0x000000cb).

The system could not find the environment option that was entered.




Alasan Dibalik Environment Option yang Hilang


Pesan error tersebut biasanya terjadi karena tidak adanya Environment Variable seperti yang disarankan oleh pesan error tersebut. Namun, ada kemungkinan bahwa terdapat penyebab lain yang menyebabkan error tersebut, seperti Microsoft Visual C++ Redistributables package yang kout of date atau hilang.


Error tersebut terjadi ketika suatu perintah atau program mencoba merujuk pada environment variable yang tidak dapat ditemukan atau tidak ada. Namun, jika ditelusuri lebih lanjut, ada kemungkinan bahwa penyebab error tersebut dapat bervariasi dan itu termasuk yang berikut ini.

  • Error registry.
  • Konfigurasi system yang salah.
  • Environment variable yang hilang.
  • Typographical environment variabledalam script atau perintah.
  • File system yang rusak.


Sangat penting untuk mencatat dalam konteks apa error ini terjadi sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan solusinya dan menyelesaikan masalah tersebut dengan lancar.



Memperbaiki The system could not find the environment option that was entered


Jika anda mendapatkan pesan error The system could not find the environment option that was entered ini di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ada beberapa metode perbaikan yang dapat anda gunakan untuk memperbaikinya.



1. Jalankan Scan SFC Untuk Memperbaiki File Sistem yang Rusak


Salah satu penyebab utama error The system could not find the environment option that was entered adalah file system yang rusak atau hilang. Oleh karena itu, jika skenario tersebut berlaku pada anda, maka anda dapat memperbaiki file system yang error tersebut dengan menjalankan scan SFC (System File Checker).



Tool ini adalah tool command line yang memungkinkan anda untuk melakukan scan dan perbaikan pada file system yang rusak. Tool ini telah tersedia pada Windows, jadi anda tidak perlu menginstall apapun. Setelah anda menjalankannya, restart system anda dan periksa apakah error sudah diperbaiki atau tidak.



2. Lakukan Scan Virus


Jika scan SFC tidak berhasil memperbaiki error, maka anda dapat mencoba melakukan scan virus pada komputer anda. Dalam scan ini, anda dapat menghapus atau mengkarantina ancaman dan virus yang terdeteksi. Ada kemungkinan bahwa PC anda terinfeksi virus yang menyebabkan terjadinya error ini. Melakukan scan virus dapat membantu memperbaiki masalah tersebut. Namun, jika error masih terus muncul meskipun telah melakukan scan virus, maka anda dapat mencoba menggunakan metode perbaikan selanjutnya.



3. Tambahkan Environment Variable yang Hilang


Penyebab umum lainnya dari error The system could not find the environment option that was entered adalah environment variable yang hilang. Jika anda mengalami hal ini, maka ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menambahkan kembali environment variable yang hilang. Ikuti salah satu metode yang anda anggap paling mudah.


Metode 1: Boot Windows dalam Safe Mode dan Gunakan Advanced System Settings

  • Booting komputer Windows anda dalam Safe Mode.
  • Setelah di Safe Mode, gunakan Search Windows, untuk membuka View advanced system settings.
  • Di jendela System Properties, klik Environment Variables dibawah tab Advanced.


  • Di jendela Environment Variables, klik New dibawah bagian System variables.
  • Selajutnya, ketik windir di kotak Variable name dan masukkan C:Windows di bidang Variable value.
  • Kemudian, klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, restart komputer anda untuk memeriksa apakah error sudah diperbaiki.




Metode 2: Gunakan Registry Editor

Pastikan anda membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Environment
  • Di lokasi, temukan string windir di panel kanan. Jika tidak ada, maka klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih opsi New - String Value dan beri nama dengan windir.


  • Setelah itu, klik dobel pada string windir untuk mengedit value datanya.
  • Di jendela Edit String, masukan C:Windows atau %SystemRoot% di bagian Value data dan klik OK untuk menyimpan perubahan.


  • Setelah itu, tutup Registry Editor dan restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.
  • Anda seharusnya tidak menghadapi error yang sama lagi.


4. Install Ulang Visual C++ Redistributable Package

Mungkin error ini terjadi disebabkan oleh Visual C++ Redistributable Package yang rusak atau hilang. Jika hal ini terjadi, maka anda dapat mencoba menginstall ulang Visual C++ Redistributable Package dan melihat apakah error bisa diperbaiki. Untuk melakukannya, silakan uninstall program Visual C++ Redistributables Package terlebih dahulu yang telah diinstall di komputer anda. Anda mungkin perlu menggunakan software uninstaller pihak ketiga untuk menghapus program tersebut secara komplit dari system anda. Setelah itu, download Visual C++ Redistributables Package yang sesuai dari website Microsoft atau dari sini dan kemudian install di komputer anda. Setelah selesai, restart komputer anda dan periksa kembali apakah error telah di perbaiki atau tidak.



5. Buat Profil Pengguna Baru di PC Anda

Error ini juga mungkin disebabkan oleh profil pengguna yang rusak. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat membuat profil pengguna baru. Setelah membuatnya, masuk ke akun pengguna yang baru dibuat dan periksa apakah error telah diperbaiki. Jika ya, maka anda dapat memperbaiki profil pengguna lama anda dan periksa apakah error dapat diperbaiki. Jika tidak dapat di perbaiki, maka anda dapat mengcopy data dari profil pengguna lama ke profil pengguna baru. Anda kemudian dapat menghapus profil pengguna lama anda.



6. Gunakan Tweak Registry

Anda bisa mencoba membuat perubahan pada registry untuk memperbaiki error tersebut. Jangan lupa membackup registry atau membuat system restore point. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat perubahan pada registry.
  • Buka Registry Editor seperti langkah diatas.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters
  • Di lokasi, klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan IRPStackSize.


  • Selanjutnya, klik dobel pada IRPStackSize untuk mengedit Value datanya.
  • Di jendela Edit DWORD, masukkan nilai yang sesuai untuk jaringan anda di bidang Value data dan klik OK untuk menyimpan perubahan. Nilai yang didukung menurut Microsoft adalah dari 11 hingga 50, namun 33-38 dapat menyebabkan masalah stabilitas. Jadi anda dapat mencoba selain itu.
  • Setelah itu, tutup Registry Editor dan restart komputer anda.



7. Lakukan System Restore

Kerusakan system adalah alasan utama untuk error ini. Jika anda mulai menerima error ini setelah melakukan perubahan tertentu, maka anda dapat melakukan system restore untuk mengembalikan system anda ke keadaan sebelumnya dimana anda tidak menghadapi masalah ini. Setelah selesai, periksa apakah anda telah berhenti menerima pesan error The system could not find the environment option that was entered ini.



8. Reset PC Anda

Jika metode di atas tidak berhasil untuk anda, maka reset PC anda ke keadaan default. Ini akan membatalkan semua perubahan yang dilakukan pada system anda dan mengembalikan keadaan aslinya. Namun, anda dapat menyimpan file dan data pribadi anda saat mereset PC anda dengan memilih opsi Keep my files.



Semoga membantu!

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error The system could not find the environment option that was entered di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error The System Could Not Find the Environment Option that Was Entered"