Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengembalikan AMD Catalyst Control Center yang Hilang di Windows 10/11

 


Jika anda menggunakan graphics card AMD, maka anda akan memerlukan AMD Catalyst Control Center sebagai bagian dari software engine AMD Catalyst. Komponen ini menyediakan opsi penyesuaian untuk mengelola pengaturan display anda. Anda dapat mengaksesnya melalui Start Menu maupun dengan mengklik kanan desktop anda. Namun, beberapa pengguna PC melaporkan bahwa komponen atau control panel ini hilang dari komputer Windows 10 atau Windows 11  mereka.


Ada beberapa penyebab mengapa AMD Catalyst Control Center hilang dari Windows 10 atau Windows 11. Berdasarkan laporan pengguna, beberapa penyebab itu adalah berikut ini.

  • Driver graphics yang rusak atau out of date.
  • File instalasi aplikasi AMD rusak.
  • Beberapa proses background AMD.
  • .NET Framework dan DirectX yang out of date.



Mengembalikan AMD Catalyst Control Center yang Hilang


AMD Catalyst Control Center berfungsi untuk berkomunikasi dengan graphics card anda dan memberikan opsi penyesuaian. Jika software ini tidak tersedia di komputer Windows anda, maka saya akan memberikan beberapa solusi untuk membantu anda menyelesaikan masalah ini pada system anda.


Sebelum anda memulai, pastikan bahwa system Windows anda telah diupdate ke versi terbaru. Ini mencakup penerapan semua update penting, update yang direkomendasikan dan update opsional yang tersedia.



1. Update .NET Framework dan DirectX


Software .NET Framework dan DirectX sangat penting untuk hampir semua aplikasi yang telah anda install di komputer anda termasuk untuk AMD Catalyst Control Center. Oleh karena itu, pastikan untuk menginstall atau mengupdate .NET Framework dan DirectX ke versi terbaru. Anda dapat memeriksa updatenya dari Windows Update di jendela Settings Windows. Jika tersedia, maka silahkan install. Setelah anda mengupdate kedua komponen system ini ke versi terbaru, periksa apakah itu membantu menyelesaikan masalah yang anda hadapi atau tidak.




2. Update atau Install Ulang Driver Graphics AMD


Solusi ini mengharuskananda untuk mengupdate driver graphics AMD di system anda menggunakan salah satu metode berikut ini. 

  • Gunakan AMD Driver Autodetect untuk mengupdate driver AMD.
  • Update driver melalui halaman Optional Updates di Windows Update.



Jika meng-update driver tidak dapat menyelesaikan masalah, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mem-boot system anda ke Safe Mode dan menggunakan utilitas Display Driver Uninstaller untuk melakukan clean install driver graphics AMD anda. Setelah selesai melakukan clean install, restart system anda ke mode normal dan install driver graphics versi terbaru yang tersedia di website AMD.



3. Install AMD Catalyst Software Suite untuk Graphics AMD Radeon


Jika sebelumnya anda belum menginstall AMD Catalyst Control Center di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, atau jika solusi diatas tidak berhasil memperbaiki masalah, maka anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menginstall atau menginstall ulang driver graphics. Hal ini umumnya disarankan karena beberapa alasan berikut ini

  • Driver AMD Catalyst diperlukan pada system yang baru dibangun dengan clean install system operasi.
  • Melakukan clean install driver AMD Catalyst untuk menyelesaikan masalah display, masalah performa/kinerja atau pesan error yang mungkin terkait dengan file yang hilang/rusak atau yang terkait dengan software (mis. MOM.Implementation, no compatible hardware found, atau display driver is not compatible).
  • Upgrade hardware graphics card memerlukan versi AMD Catalyst Driver yang lebih baru untuk memastikan kompatibilitas dan fungsionalitas yang tepat.
  • Versi driver AMD Catalyst yang lebih baru diperlukan untuk memanfaatkan fitur atau update baru.



Untuk menginstall driver AMD Catalyst pada system operasi Windows, pengguna harus login dengan akun administrator atau setidaknya akun yang memiliki hak administrator untuk menyelesaikan proses instalasi. Hal ini diperlukan agar pengguna memiliki akses penuh dan dapat menginstall driver dengan benar dan sesuai dengan persyaratan system. Dengan demikian, pastikan bahwa anda telah login dengan akun administrator atau akun yang memiliki hak administrator sebelum melakukan instalasi driver AMD Catalyst untuk memastikan bahwa proses instalasi dapat berjalan dengan sukses.


Anda dapat memperoleh driver AMD Catalyst terbaru dengan mengunjungi website resmi AMD atau menggunakan utilitas AMD Driver Autodetect untuk mendeteksi graphics card AMD Radeon dan system operasi Windows yang anda gunakan. Jika terdapat driver terbaru yang tersedia, tool ini akan mendownloadnya untuk anda. Dengan cara ini, anda dapat mengupdate driver graphics anda dengan mudah dan memastikan bahwa anda selalu menggunakan versi driver terbaru yang kompatibel dengan system operasi dan hardware anda.


Saya harap artikel ini membantu anda.


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengembalikan AMD Catalyst Control Center yang hilang di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Mengembalikan AMD Catalyst Control Center yang Hilang di Windows 10/11"