Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki GPU Selalu Crash atau Freezing di PC Windows

 


Anda pasti sudah tahu betapa pentingnya dan efisien GPU (Graphics Processing Unit) sebagai hardware pada PC atau laptop gaming. Namun, berbagai faktor seperti driver out of date, overclocking, overheat atau masalah dengan power supply dapat menyebabkan GPU mengalami masalah seperti freezing atau crash. Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa kemungkinan penyebab dan cara memperbaiki masalah ketika GPU terus menerus mengalami freezing atau crash pada PC Windows anda.




Kemungkinan Penyebab GPU Crash atau Freezing


Sebelum ke perbaikannya, penting untuk mengetahui penyebab GPU anda crash atau freezing di komputer Windows anda. Berikut ini adalah kemungkinan penyebab GPU anda mengalami crash atau freezing di komputer Windows..

  • Overheating:

Jika pengaturan kecepatan kipas yang tidak tepat, aplikasi graphics-intensive, software background dan overclocking yang disengaja atau tidak disengaja digunakan, maka GPU dapat mengalami overheating. Solusinya adalah dengan membatalkan semua perubahan tersebut atau mengembalikannya ke pengaturan default.


  • Masalah Driver: 

Driver adalah software yang memungkinkan perangkat dan system operasi PC berkomunikasi dengan efektif. Driver yang hilang, kerusakan atau out of date dapat menyebabkan masalah freezing dan crash pada aplikasi, menurunkan performa/kinerja dan stabilitas system dan menyebabkan konflik dan ketidakcocokan/inkompatibilitas software.


  • Masalah Power Supply:

Sumber power yang tidak dapat diandalkan dengan mengubah voltase yang diterima oleh graphics card juga dapat merusak graphics card tersebut. Jika ini tidak ditangani dengan cepat, maka hal ini dapat berakibat fatal bagi graphics card anda.


  • Konflik Software:

Konflik software terjadi ketika program saling mengganggu di disk fisik atau di memory. Ini bisa terjadi akibat kesalahan pemrograman saat dua program bersaing untuk menggunakan resource yang sama seperti memory, perangkat periferal, register dan sebagainya. Terkadang konflik software juga dapat menyebabkan kebocoran memory.



Memperbaiki GPU Selalu Crash atau Freezing di PC Windows


Jika anda mengalami masalah GPU yang selalu crash atau freezing di PC Windows anda, maka beberapa metode berikut ini dapat memperbaiki masalah kerusakan GPU anda di Windows 10 atau Windows 11.



1. Hindari Overclocking


Melakukan overclocking pada PC dapat meningkatkan FPS dan performa game, namun itu dapat memaksa GPU bekerja lebih keras dari biasanya dan dapat menyebabkan kerusakan jika dikonfigurasi secara berlebihan. Sebagian besar OEM pada umumnya telah menawarkan pengaturan khusus untuk graphics card mereka.


Anda mungkin perlu menghindari overclocking atau jika memaksa menggunakannya, maka anda perlu menemukan konfigurasi terbaik yang tidak merusak GPU. OEM seperti MSI, Gigabyte dan Asus menyediakan opsi overclocking di BIOS dan antarmuka software mereka. Namun, sebaiknya mulailah dengan mereset ke pengaturan default untuk memeriksa performa GPU, kemudian secara bertahap naik ke pengaturan overclocking yang lebih tinggi dan mengevaluasi setiap levelnya.


Saat anda mencapail level dimana GPU mulai mengalami gangguan, maka akan terlihat dengan jelas pengaturan overclocking mana yang paling efektif.



2. Periksa dan Bersihkan GPU


Salah satu alasan mengapa terjadi masalah pada hardware adalah karena debu. Penting untuk membersihkan PC anda dari dalam secara berkala. Jika terdapat debu terlalu banyak pada GPU, maka ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkannya.

  • Matikan PC anda dan lepaskan semua sumber power.
  • Biarkan selama beberapa menit agar sisa power dapat hilang. Atau anda dapat menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik.
  • Lepaskan GPU anda dari motherboard dan letakan GPU di area yang bersih.
  • Untuk membersihkan bagian luar GPU, gunakan kain (sebaiknya mikrofiber) dan alkohol.
  • Gunakan compressed air atau pompa udara untuk menghilangkan debu di dalam GPU, terutama debu pada pendinginnya.
  • Setelah bersih, biarkan GPU selama beberapa menit agar alkohol yang tersisa menguap.
  • Kemudian pasang kembali GPU anda ke PC anda.



3. Update atau Install Ulang Driver


Anda dapat mengupdate atau menginstall ulang driver untuk mencegah masalah GPU. Anda dapat mendownload Digital Assistant dari website produsen hardware (OEM) untuk mendapatkan versi terbaik yang sesuai dengan system operasi anda. Ini akan membantu mencegah kemungkinan kerusakan atau masalah yang terkait dengan driver. Saya sarankan anda mengikuti beberapa artikel berikut ini untuk mengupdate driver atau menginstall ulang driver graphics card anda.




4. Update BIOS


Setiap produsen motherboard memiliki prosedur yang berbeda untuk mengupdate/mengupgrade BIOS dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan update bisa mencapai lima menit. Harap tunggu hingga prosedur selesai sebelum mematikan atau me-restart komputer. Periksa petunjuk pabrikan untuk melihat apakah LED pada motherboard menunjukkan bahwa update telah selesai.



Catatan: Anda dapat memeriksa opsi pemulihan PC dan motherboard anda sebelum melakukan update BIOS atau UEFI walaupun update tersebut tidak mempengaruhi penyimpanan. Jika update BIOS atau UEFI tidak berhasil, opsi pemulihan dapat digunakan untuk mengembalikan motherboard ke kondisi kerja sebelumnya. Anda dapat membaca disini untuk downgrade versi BIOS.



5. Pastikan Ventilasi yang Tepat untuk PC


Penggunaan komputer dapat menyebabkan panas yang pada akhirnya akan memperlambat system, terutama pada CPU dan GPU yang memerlukan pendinginan yang cukup. Ada opsi pendinginan GPU pra-install dan alternatif pendinginan tambahan seperti blok liquid cooling dan pendingin udara yang disesuaikan. Penting untuk memantau suhu CPU dan GPU karena keduanya adalah central processing unit di PC gaming. Pastikan ventilasi yang baik untuk PC agar suhu terjaga.



6. Periksa dan Ganti Power Supply jika Diperlukan


Memeriksa power supply penting karena komponen yang bekerja di luar parameter normal dapat menyebabkan masalah seperti kelebihan panas, kehilangan atau kesalahan data, kerusakan peralatan, dan kegagalan komponen. Hal ini sering disebabkan oleh masalah yang terkait dengan power supply. Oleh karena itu, memeriksa dan mengganti power supply yang rusak jika diperlukan sangat penting untuk mencegah crash pada GPU.




7. Periksa Konflik Software


System operasi Windows yang tidak tervirtualisasi biasanya memiliki aplikasi yang diinstal langsung di OS ke file system umum, yang mengakibatkan konflik, error dan pengoperasian yang tidak stabil pada software. Sementara memvirtualisasikan semuanya secara praktis tidak mungkin, maka pemecahan masalah manual diperlukan untuk menyelesaikan konflik. Tanyakan pada diri anda serangkaian pertanyaan berikut ini.

  • Apakah anda menginstall software atau aplikasi baru?
  • Apakah anda mengupdate driver graphics?
  • Apakah ada Windows Update yang terkait dengan GPU atau hardware secara umum?
  • Apakah anda menambahkan hardware baru ke PC anda?


Jika jawaban untuk salah satu atau semua pertanyaan ini adalah ya, maka periksa apakah ada cara untuk mengembalikan atau mencopotnya. Setelah selesai, verifikasi apakah masalah teratasi.



Memeriksa graphics card anda berfungsi atau tidak juga menjadi pilihan yang baik. Jika GPU anda mengalami crash atau freezing pada PC Windows anda, maka solusi diatas dapat anda coba. Karena suhu yang tinggi dapat mempengaruhi bagian GPU seperti VRAM atau kapasitor, anda bisa membersihkan dan memeriksa kondisi GPU, mengupdate atau menginstall ulang driver, mengupdate BIOS, serta memastikan ventilasi yang baik untuk PC anda. Hal-hal ini bisa membantu menjaga GPU anda tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama. Anda juga perlu memeriksa kesehatan GPU anda menggunakan utilitas bawaan Windows seperti DirectX Diagnostic Tool, Device Manager atau aplikasi pihak ketiga. Jika masalah terus berlanjut, maka anda perlu memperbaiki graphics card anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki GPU selalu crash atau freezing di PC Windows anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki GPU Selalu Crash atau Freezing di PC Windows"