Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Command Prompt Membuka dan Segera Menutup di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa Command Prompt terus crash di system Windows 10 atau Windows 11. Saat pengguna membuka jendela Command Prompt, itu akan terbuka dan segera ditutup. Masalah ini dapat disebabkan karena file system yang rusak atau hilang. Selain itu, konflik program pihak ketiga, profil pengguna yang rusak dan infeksi malware juga bisa menjadi penyebab masalah ini.



Memperbaiki Command Prompt Membuka dan Segera Menutup


Jika Command Prompt crash atau langsung menutup setelah membukanya di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menggunakan solusi berikut untuk memperbaiki masalah ini.



1. Restart Komputer Anda


Anda dapat mencoba merestart komputer anda jika Command Prompt terus crash di PC anda. Ini akan menghilangkan error dan gangguan system sementara dan menyelesaikan masalah untuk anda. Jadi, anda pasti dapat merestart komputer anda sebelum melanjutkan ke perbaikan lanjutan.



2. Scan dan Hapus Malware dari PC Anda


Jika komputer anda terinfeksi virus atau malware, kemungkinan besar anda akan mengalami masalah ini. Oleh karena itu, anda harus menjalankan scan virus di komputer anda dan menghilangkan atau mengkarantina segala potensi ancaman terhadap system anda.

  • Buka aplikasi Windows Security dan pilih Virus & threat protection.
  • Selanjutnya klik Scan Options.
  • Setelah itu, pilih jenis scan virus yang ingin anda lakukan dari Quick scan, Full scan, Custom scan atau Microsoft Defender Offline Scan dan klik Scan now.
  • Ini kemudian akan mulai menscan komputer anda dari virus.



Setelah selesai, anda dapat menghapus malware yang terdeteksi dari komputer anda. Jika anda menggunakan antivirus pihak ketiga seperti Avast, AVG atau yang lainnya, anda dapat menggunakan langkah serupa untuk menjalankan scan virus.


Jika anda menginstall software antivirus pihak ketiga, gunakan untuk scan PC anda saat boot atau dalam Safe Mode.



3. Jalankan Scan SFC


Masalah ini mungkin dipicu karena file system yang rusak atau hilang. Oleh karena itu, anda dapat menjalankan tool bawaan Windows yang bernama System File Checker (SFC) untuk memperbaiki file system yang rusak. Scan SFC biasanya dijalankan melalui Command Prompt. Namun, karena anda mengalami masalah pada Command Promp, maka anda dapat menggunakan Windows PowerShell untuk melakukan scan SFC. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih PowerShell.


Setelah scan selesai, anda dapat merestart komputer anda dan kemudian coba gunakan Command Prompt kembali. Jika ini tidak membantu, maka anda mungkin perlu memperbaiki system image yang berpotensi rusak menggunakan Deployment Image Servicing and Management (DISM)




4. Konfigurasi Environment Variable


Variabel yang hilang bisa menjadi alasan Command Prompt crash. Jadi, jika skenario berlaku, maka anda dapat mengkonfigurasi Environment Variable yang sesuai untuk memperbaiki masalah tersebut. Namun sebelum melakukannya, pastikan anda membuat system restore point terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengkonfigurasinya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik sysdm.cpl dan tekan Enter untuk membuka System Properties.
  • Di jendela System Properties, alihkan ke tab Advanced dan klik Environment Variables.
  • Setelah itu, di bawah bagian System Variables, pilih Path dan klik Edit.


  • Di jendela Edit environment variable, klik New.
  • Kemudian, masukkan path C:\Windows\SysWow64 dan tekan Enter.
  • Terakhir, klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, restart komputer anda.




5. Buat User Account Baru


Anda mungkin menghadapi masalah ini karena profil pengguna yang rusak. Oleh karena itu, dalam hal ini, buat user account baru dan lihat apakah masalahnya dapat diperbaiki. Jika masalahnya diperbaiki, maka anda perlu memperbaiki user account anda yang rusak tersebut. Namun jika anda tidak dapat memperbaiki user account anda, maka anda dapat memindahkan data anda dari user account lama anda ke user account baru dan kemudian menghapus user account lama anda.




6. Uninstall Program yang Bertentangan


Jika ada konflik software pihak ketiga yang menyebabkan Command Prompt crash, maka anda dapat menguninstall program untuk memperbaiki masalah tersebut. Jika anda mulai mengalami masalah ini setelah menginstall program tertentu, maka uninstall dan periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki. Anda dapat menggunakan aplikasi uninstaller pihak ketiga untuk melakukannya.


Anda juga dapat melakukan Clean Boot dan melihat apakah masalahnya teratasi. Ini adalah cara anda dapat menemukan pelaku yang menyebabkan masalah ini.



Jika metode ini tidak membantu anda, maka metode berikut ini menjadi opsi terakhir yang dapat anda gunakan untuk menyelesaikan masalah ini.



7. Reset Windows


Hal terakhir yang dapat anda lakukan adalah mereset Windows anda. Mungkin ada beberapa kerusakan system yang menyebabkan masalah ini. Dalam hal ini, anda dapat mereset Windows ke keadaan semula. Ini akan menghapus semua modifikasi yang dilakukan pada system. Namun, anda dapat menyimpan file dan data pribadi anda sebelum mereset PC anda.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Command Prompt membuka dan segera menutup di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Command Prompt Membuka dan Segera Menutup di Windows 10/11"