Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Game Terus Loading and Compiling Shaders Setiap Kali Membukanya



Banyak pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat memainkan game mereka karena game mereka terus mengalami Loading and Compiling Shaders setiap kali mereka membukanya. Saat game Loading and Compiling Shaders, itu berarti shader baru menggantikan file lama sehingga anda dapat memainkan game dengan lebih sedikit error. Namun, bagi sebagian pengguna, proses ini menjadi bermasalah karena memakan waktu dan terus menerus Loading and Compiling Shaders setiap saat. Pada artikel kali ini, anda akan melihat apa yang dapat anda lakukan jika Game terus Loading and Compiling Shaders setiap kali anda membukanya di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



Shader adalah program komputer yang menentukan graphics yang anda render. Dengan kata umum, shader menentukan elemen graphics game seperti petir, tekstur, bayangan dan sebagainya. Misalnya, jika permukaan anda terlihat lebih tajam atau game 2D dan 3D anda lebih realistis, itu karena shader.



Memperbaiki Game Terus Loading and Compiling Shaders Setiap Kali Membukanya


Jika Game anda terus mengalami Loading and Compiling Shaders setiap kali anda membukanya, maka ikuti beberapa solusi yang disebutkan dibawah ini untuk memperbaiki masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Biarkan Proses Loading and Compiling Shaders Selesai


Sebelum pergi ke langkah pemecahan masalah yang lebih spesifik, saya akan merekomendasikan agar anda memastikan anda tidak mengganggu proses Compiling Shaders dan membiarkan seluruh proses selesai. Jika tidak ada perubahan pada driver graphics atau game anda, maka game anda akan menggunakan shader compiled sebelumnya dan tidak membuat yang baru. Namun, tergantung pada kekuatan GPU anda, waktu kompilasi akan tertunda, tetapi jika setelah memberikan waktu yang cukup, masalah anda tetap ada, maka lanjutkan ke solusi berikutnya.



2. Update Driver Graphics


Hampir sebagian besar error yang terkait dengan game disebabkan oleh pengguna yang menjalankan driver graphics versi lama atau versi yang salah. Jadi untuk mengatasi masalah ketidakcocokan terkait driver graphics anda, maka anda perlu mengupdate driver graphics anda dan masalah anda akan teratasi.


Ada begitu banyak cara untuk mengupdate driver graphics selain melalui Windows Update. Anda dapat mendownload driver graphics versi terbaru dari website pabrikan perangkat anda dan kemudian menginstall driver di komputer anda. Anda dapat mengupdate driver graphics anda dengan mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk AMD atau di artikel ini untuk NVIDIA atau di artikel ini untuk Intel graphics.



Setelah anda melakukannya, ini seharusnya menghentikan masalah  Loading and Compiling Shaders setiap kali anda memulai game anda. Namun, jika itu terus membuat anda kesulitan, lihat langkah selanjutnya.



3. Update Game Anda


Ada beberapa kasus dimana update game dihentikan karena anda sedang memainkannya atau gangguan yang menghentikan update otomatis. Nah, apapun penyebab delay ini, anda mungkin membutuhkan waktu 5-10 menit untuk Loading and Compiling Shaders setiap kali anda menjalankan game.


Anda dapat mencoba memperbaikinya dengan mengupdate game anda secara manual. Jika anda adalah pengguna Steam, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengupdate game anda.

  • Luncurkan launcher Steam.
  • Kemudian buka LIBRARY.
  • Setelah itu, klik kanan pada game yang bermasalah dan pilih Properties.
  • Selanjutnya di jendela baru yang terbuka, pilih Update di panel kiri dan di panel kanan, pilih Always keep this game up to date di bawah bagian Automatic updates.
  • Berikan waktu untuk menyelesaikan proses update game.
  • Setelah itu, restart Steam anda.



Setelah selesai update dan merestart Steam, luncurkan kembali game dan lihat apakah sekarang game anda di luncurkan tanpa masalah atau tidak.



4. Aktifkan Cache Shader di NVIDIA


Shader, seperti yang telah saya bahas sebelumnya, merupakan yang menentukan aspek graphics game anda; namun, disini muncul pertanyaan, dimana perubahan ini disimpan? Shader ini disimpan dalam cache shader dan untuk pengguna NVIDIA, itu adalah Shader Cache. Secara default, opsi ini diaktifkan, tetapi beberapa pengguna cenderung menonaktifkannya atau dinonaktifkan secara otomatis setelah update. Ini mengakibatkan, Shader terus mengkompilasi tanpa menyimpan file-nya. Jadi, untuk mengatasi masalah tersebut, kita perlu mengaktifkannya. Anda akan melakukan hal yang sama dan melihat apakah masalah teratasi atau tidak.

  • Di jendela NVIDIA Control Panel, klik Manage 3D Settings di panel kiri.
  • Di panel kanan, alihkan ke tab Global Settings.
  • Kemudian, ubah Shader Cache size ke Driver Default.
  • Sekarang, klik Apply untuk menyimpan perubahan.



Sekarang, luncurkan kembali gamenya dan lihat apakah masih mengalami Loading and Compiling Shaders. Jika tidak membantu, anda perlu menghapus Shader Cache graphics anda dan coba kembali.



5. Shader Pre-Caching Steam


Shader Pre-Caching adalah fitur Steam yang memungkinkan peluncur untuk menggunakan complied shader sebelumnya sesuai GPU dan konfigurasi system anda. Fitur ini diketahui dapat meningkatkan frekuensi gambar, namun terkadang bisa menimbulkan masalah seperti error yang dimaksud. Jadi jika anda adalah pengguna Steam dan melihat Loading and Compiling Shaders terus menerus, maka anda perlu menonaktifkan fitur ini.


Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Luncurkan launcher Steam.
  • Kemudian klik menu Steam di kiri atas dan pilih Settings.
  • Di jendela Setings Steam, pilih Pre-Caching Shader di panel kiri.
  • Kemudian, hapus ceklist pada opsi Enable Shader Pre-Caching dan klik OK.
  • Setelah itu, restart Steam anda.
  • Kemudian luncurkan kembali game anda dan lihat apakah memperbaki masalah yang dihadapi.




Saya harap anda dapat menyelesaikan masalah menggunakan salah satu solusi yang disebutkan dalam artikel ini.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki game terus Loading and Compiling Shaders setiap kali membukanya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Game Terus Loading and Compiling Shaders Setiap Kali Membukanya"