Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Windows cannot find Powershell.exe di Windows10/11

 


PowerShell adalah bahasa scripting open-source dan digunakan sebagai Shell untuk mengontrol komputer dengan perintah dari Command Line Interface (CLI). Tool ini berguna untuk mengotomatiskan tugas anda dan mengelola berbagai pengaturan Windows dari command line. Namun, ketika beberapa pengguna mencoba membuka aplikasi, mereka mendapatkan error Windows cannot find powershell.exe. Pada artikel ini, kita akan mempelajari tentang memecahkan masalah dan penyebab sebenarnya dari masalah ini.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.

C:\Windows\System32\WindowsPowerShell\v1.0\powershell.exe

Windows cannot find ‘C:\Windows\System32\WindowsPowerShell\v1.0\powershell.exe’.

Make sure you’ve typed the name correctly, then try again.




Memperbaiki Error Windows cannot find Powershell.exe


Saat anda ingin memulai PowerShell, terkadang anda mungkin mendapatkan pesan error Windows cannot find Powershell.exe. Jika demikian, pastikan anda mengetik PowerShell dengan benar. Jika anda masih tidak dapat membuka aplikasi ini, kemungkinan bahasa skrip PowerShell tidak diinstall di komputer anda. Ikuti langkah-langkah yang ditentukan di bawah ini untuk mengatasi masalah ini.



1. Periksa Apakah Windows PowerShell Diaktifkan


Jika anda tidak dapat menjalankan PowerShell menggunakan fungsi Search, maka anda perlu memverifikasi apakah aplikasi ini diaktifkan di komputer anda atau tidak. Untuk memverifikasi dan mengaktifkan PowerShell, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Gunakan Search Windows untuk menemukan dan membuka Turn Windows features on or off.
  • Di jendela Windows Features, gulir kebawah dan temukan Windows PowerShell (dapat diakhiri dengan 2.0 tergantung pada versinya).
  • Jika itu tidak di beri ceklist, maka beri ceklist pada fitur Windows PowerShell.
  • Setelah itu, klik OK.
  • Windows kemudian akan menginstall fitur Windows PowerShell ini di system anda.



Sekarang, lihat apakah anda masih mendapatkan error Windows cannot find Powershell.exe atau tidak.



2. Gunakan Perintah Run atau File Explorer untuk Meluncurkan PowerShell


Terkadang, mungkin ada beberapa masalah saat anda membuka PowerShell menggunakan menu Search. Dalam skenario seperti itu, anda dapat menjalankan perintah Run atau menggunakan File Explorer.

  • Untuk membuka PowerShell menggunakan perintah Run, tekan tombol Win + R, kemudian ketik PowerShell dan tekan Ctrl + Shit + Enter untuk menjalankan PowerShell dengan hak admin.
  • Jika anda ingin membukanya melalui File Explorer, maka Win + E untuk membuka File Explorer. Kemudian ketik PowerShell di addres bar dan tekan Enter.


Mudah-mudahan, ini akan berhasil. Jika langkah ini tidak membantu anda, maka lanjutkan ke solusi berikutnya.



3. Buat Shortcut PowerShell di Desktop


Anda tidak dapat membuka aplikasi ini jika Windows tidak mengetahui lokasi file yang benar untuk file executable dari PowerShell. Dalam hal ini, anda dapat memverifikasi lokasi yang tepat dari file executable PowerShell dan membuat shortcut desktop untuk kenyamanan anda. Untuk menemukan lokasi dan membuat shortcut, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Klik kanan dimana saja di desktop, kemudian arahkan ke New dan pilih Shortcut.
  • Di jendela Create Shortcut, klik Browse untuk menambahkan file exe.
  • Pergi ke lokasi berikut ini, kemudian pilih file powershell.exe dan klik OK.
C:\Windows\SysWOW64\WindowsPowerShell\v1.0
  • Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan.


  • Terakhir, beri nama shortcut anda dan klik Finish untuk membuat shortcut PowerShell.


Setelah anda melakukan itu, anda akan melihat shortcut PowerShell di desktop anda. Anda dapat mengklik dobel pada shortcut tersebut untuk menjalankan PowerShell.


4. Jalankan System File Checker

Telah terbukti bahwa file system yang hilang atau rusak dapat menimbulkan masalah pada system opresai windows dan dapat mencegah peluncuran PowerShell. Namun, ada tool bawaan seperti System File Checker (SFC) untuk memperbaiki file system yang hilang atau rusak. Namun jika itu tidak memperbaiki masalah, maka anda dapat menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki system image di system operasi Windows anda dan dapat mengatasi masalah ini. Ini secara otomatis akan mendeteksi masalah dengan system dan memperbaikinya.



5. Update Windows PowerShell

Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk anda, mungkin masalahnya ada pada aplikasi PowerShell itu sendiri. Mungkin ada bug di PowerShell yang menyebabkan masalah anda. Dalam hal ini, anda perlu mengupdate PowerShell di system Windows 10 atau Windows 11 anda. Untuk mengupdatenya, anda dapat menggunakan Windows Package Manager atau ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Winget install --id Microsoft.Powershell --source Winget
  • Diperlukan beberapa detik untuk mendownload dan menginstall PowerShell versi terbaru.


Mudah-mudahan, setelah mengupdate PowerShell, error Windows cannot find Powershell.exe akan teratasi.


6. Reset PC Anda

Jika tidak ada yang berhasil, maka opsi terakhir anda adalah mereset PC anda. Jadi, lanjutkan untuk mereset PC anda namun simpan semua file anda dengan memilih opsi Keep my files saat proses reset. Mudah-mudahan, masalah anda akan teratasi.




Sekian tutorial kali ini. Semoga salah satu solusi diatas membantu anda memperbaiki error Windows cannot find Powershell.exe di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!








Post a Comment for "Memperbaiki Error Windows cannot find Powershell.exe di Windows10/11"