Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Windows cannot find C:/Windows/regedit.exe di Windows 10/11

 


Saat memulai perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda atau saat anda mencoba membuka Registry Editor, anda mungkin mendapatkan pesan error Windows cannot find C:\Windows\regedit.exe. Pada artikel ini, saya akan membahas skenario kasus dan kemudian memberikan solusi terbaik untuk mengatasi pesan error ini.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan pelihat pesan error seperti berikut ini.

Windows cannot find C:\Windows\regedit.exe, Make sure you typed the name correctly, and then try again.



Registry Editor yang dijalankan oleh file regedit.exe merupakan tool penting dalam system Windows. Ia menyimpan informasi tentang instalasi, update dan uninstall dari software dan hardware pada komputer Windows anda. Registry Editor ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah dan error dalam system. Namun, terkadang, ada kemungkinan anda dapat mengalami masalah dengan tool ini, sehingga mencegah akses anda untuk membuka Registry Editor.


Memiliki Registry Editor yang tidak berfungsi pada system Windows adalah sesuatu yang bisa sangat berbahaya karena anda tidak akan dapat mengontrol apa yang terjadi di dalam system anda. Oleh karena itu, jika anda menghadapi masalah ini, maka anda perlu memperbaiki registry Windows anda. Beberapa solusi berikut ini dapat membantu anda memperbaikinya.



Memperbaiki Error Windows cannot find C:/Windows/regedit.exe


Jika anda menghadapi error Windows cannot find C:/Windows/regedit.exe di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka jalankan metode perbaikan berikut ini untuk menyingkirkannya dari system anda.



1. Jalankan Scan AntiVirus Saat Boot-Time


Jalankan full scan pada system anda menggunakan Windows Security atau software antivirus pihak ketiga anda. Saya menyarankan anda menjalankannya dalam Safe Mode atau saat Boot-Time. Anda dapat menjalankan Microsoft Defender Offline atau Bootable AntiVirus Rescue Media gratis saat boot di Windows 10 atau Windows 11 anda untuk menyingkirkan malware yang persisten dan sulit dihapus.




2. Jalankan System File Checker


Anda juga dapat menjalankan System File Checker (SFC) untuk memperbaiki kerusakan pada file system apapun dari resident component store.

  • Untuk itu, buka Command Prompt dengan hak administrator dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Selanjutnya, masukan perintah berikut di jendela Command Prompt dan tekan Enter.
sfc /scannow


  • Setelah perintah selesai di jalankan, restart komputer anda dan periksa kembali apakah error kembali terjadi atau tidak.

Jika error kembali terjadi dan ini tidak membantu, maka anda mungkin perlu memperbaiki Windows Component Store itu sendiri.


3. Jalankan DISM untuk Memperbaiki System Image

System image atau Windows component store yang rusak juga dapat menyebabkan masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Untuk memperbaikinya, anda perlu menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) di system anda. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
  • Buka Command Prompt dengan hak administrator seperti langkah di atas.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
  • Perintah ini akan memperbaiki kerusakan apapun pada system image di Windows anda.
  • Setelah selesai, restart komputer anda dan lihat apakah error sudah di perbaiki atau tidak.



4. Perbaiki OS Windows

Jika semua metode diatas tidak dapat membantu anda menyingkirkan error Windows cannot find C:/Windows/regedit.exe ini, maka anda mungkin perlu memperbaiki Windows anda menggunakan media instalasi. Langkah ini akan membuat Registry Editor anda aktif dan berjalan kembali dengan normal.



Perhatikan bahwa error Windows cannot find dapat terjadi pada tool Windows lainnya. Error Windows cannot find yang serupa lainnya adalah Bin64\InstallManagerApp.exe | Explorer.exe | inetmgr | printmanagement.msc | GPEDIT.MSC | WT.exe | Powershell.exe | Windir System32 exe.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error Windows cannot find C:/Windows/regedit.exe di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Windows cannot find C:/Windows/regedit.exe di Windows 10/11"