Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error We can’t tell if your PC has enough space to continue installing Windows 10/11

 


Banyak pengguna tidak dapat mengupgrade system operasi di komputer Windows 10 atau Windows 11 atau menginstall salinan baru Windows 10 atau Windows 11 di komputer mereka. Saat mencoba melakukan hal tersebut, mereka menerima pesan error berikut di tengah proses penginstalan.

We can’t tell if your PC has enough space to continue installing Windows 10/11. Try restarting Setup.



Sebagian besar error disebabkan karena kurangnya ruang yang tersedia. Secara default, Windows 10 membutuhkan setidaknya 16 GB, sementara Windows 11 membutuhkan minimal 64 GB agar system operasi dapat diinstall di komputer manapun. Jika komputer anda memiliki ruang penyimpanan kosong kurang dari yang dibutuhkan atau disk yang anda pilih kekurangan ruang yang diperlukan, maka anda tidak akan dapat menginstall Windows 10 atau Windows 11.


Dalam artikel ini, saya akan membahas error ini secara mendetail dan melihat apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.



Memperbaiki Error We can’t tell if your PC has enough space to continue installing Windows 10/11


Jika anda mendapatkan error We can’t tell if your pc has enough space to continue installing Windows 10/11 saat mengupgrade system operasi anda, maka lanjutkan dan mulai ulang penyiapan. Terkadang, masalahnya adalah akibat dari beberapa error. Dan jika anda juga melihat pesan error untuk kedua kalinya, maka jalankan beberapa solusi yang disebutkan dibawah ini untuk menyelesaikan masalah.



1. Hapus File Sampah


Seiring berjalannya waktu, file sampah akan menumpuk dan menghabiskan ruang untuk drive system anda. Oleh karena itu, anda perlu membersihkan ruang pada drive system anda. Untuk itu, anda dapat menjalankan Disk Cleanup Tool untuk membersihkan ruang disk. Anda juga dapat menggunakan Cleanup Recommendations di Windows 11 untuk membersihkan ruang disk anda. Jika anda mau, anda dapat membersihkan file yang tidak digunakan secara otomatis di Windows 10 atau Windows 11 anda.



2. Hapus File yang Tidak Diinginkan dan Uninstall Program yang Tidak Diinginkan


Akan bermanfaat bagi anda untuk memeriksa program mana yang menghabiskan banyak ruang pada disk anda. Sangat mudah bagi anda untuk menemukan program dan file yang menghabiskan ruang yang tidak perlu. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih System di jendela Settings.
  • Selanjutnya, klik Storage di panel kiri dan klik Show more categories dibawah Local Disk(C:) di panel kanan.
  • Anda akan dapat melihat lebih detail berapa banyak ruang yang diambil oleh Documents, Pictures, Videos, Music dan lainnya.
  • Anda kemudian memilih masing-masing kategori dan kemudian klik View untuk membuka folder kategori tersebut.
  • Disana, anda kemudian dapat menghapus file atau memindahkannya ke drive lainnya.


  • Sementara untuk memeriksa aplikasi yang menghabiskan ruang, maka klik Apps & features di panel kanan di halaman yang sama.
  • Di halaman berikutnya, urutkan aplikasi berdasarkan Size.
  • Setelah itu, klik aplikasi dan klik Unistall.



Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Storage di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, dibawah Local Disk(C:), klik opsi Show more categories untuk menampilkan kategori lainnya seperti Documents, Pictures, Videos, Music dan lainnya.
  • Selanjutnya, pilih masing-masing kategori dan kemudian klik View untuk membuka folder untuk kategori tersebut.
  • Anda kemudian dapat menghapus atau memindahkan file pada kategori tersebut ke drive lainnya.


  • Sementara untuk memeriksa aplikasi yang menghabiskan ruang, maka klik Installed apps di panel kanan di halaman yang sama.
  • Di halaman berikutnya, urutkan aplikasi berdasarkan Size (Large to Small).
  • Setelah itu, klik menu tiga titik di samping aplikasi dan klik Unistall.



Sekarang anda tahu semua resource apa yang menghabiskan ruang system anda. Ini adalah proses manual, sehingga memberi anda kendali penuh atas keputusan file atau aplikasi mana yang akan dihapus. Ini akan membantu membebaskan dan menambah ruang hard disk.



3. Gunakan Drive yang Berbeda


Ini adalah solusi yang dapat anda coba jika drive C anda penuh. Selama proses instalasi, anda akan diminta untuk memilih disk, pada saat itu anda dapat memilih drive selain drive C. Jika drive lain juga penuh atau anda tidak menyukai gagasan memiliki dua OS pada satu system, maka pindah ke solusi berikutnya.



4. Hapus Folder Windows.old


Folder Windows.old dibuat secara otomatis saat anda mengupgrade system operasi anda ke versi terbaru. Anda harus menyadari bahwa itu dapat dengan mudah menampung 20 GB ruang disk anda atau lebih karena Windows.old berisi semua data dari versi system operasi sebelumnya. Jika anda menghapus folder ini, maka anda akan mendapatkan lebih banyak ruang di drive C. Untuk menghapus folder Windows.old dari Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Gunakan Search Windows di Taskbar untuk menemukan dan membuka Disk Cleanup.
  • Pilih drive C: dan klik tombol OK.
  • Tunggu beberapa detik karena drive anda akan discan.
  • Selanjutnya klik Clean up system files.
  • Pilih kembali drive C: saat diminta dan klik OK.
  • Setelah itu, beri ceklist pada opsi Previous Windows Installation(s) dan klik OK.
  • Disk Cleanup akan mulai proses penghapusan. Ini membutuhkan waktu, jadi anda perlu menunggu beberapa menit.



Setelah menghapus folder Windows.old dari komputer, anda mendapatkan lebih banyak ruang di drive C: dan sekarang masalah anda akan teratasi.



4. Extend C: Drive Menggunakan Disk Management


Disk Management adalah utilitas system Windows yang membantu anda melakukan tugas terkait disk. Dengan menggunakan utilitas ini, anda dapat menambahkan drive baru, membuat partisi dari drive tersebut, mengecilkan (shrink) drive anda dan memperbesar (extend) drive anda. Karena anda kekurangan ruang pada drive system anda, maka anda perlu memperbesar ruang drive C dan ini akan berhasil mengatasi masalah yang dihadapi. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik diskmgmt.msc dan tekan Enter untuk membuka Disk Management.
  • Di jendela Disk Management, klik kanan pada drive yang masih memiliki lebih banyak ruang dan pilih Shrink Volume.


  • Masukkan jumlah ruang yang ingin anda susutkan dan klik Shrink.
  • Langkah ini akan mengecilkan ruang pada drive yang anda pilih sehingga anda dapat menambahkan ruangnya ke drive C anda.
  • Sekarang anda akan melihat drive Unallocated yang memiliki bar berwarna hitam.
  • Selanjutnya, klik kanan pada drive C anda dan pilih Extend Volume.


  • Setelah itu, ikuti petunjuk di layar untuk drive Unallocated yang anda miliki ke drive C sehingga akan menambahkan ruang pada drive system anda.


Pastikan untuk menjalankan solusi ini jika tidak ada yang berhasil. Juga, buat backup kedua drive sebelum melanjutkan.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error We can’t tell if your PC has enough space to continue installing di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error We can’t tell if your PC has enough space to continue installing Windows 10/11"