Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Folder Windows.old dan Cara Menghapusnya Dengan Benar


Microsoft secara berkala memberikan update untuk system operasi Windows 10 dan Windows 11 dengan fitur yang ditingkatkan seperti perubahan tampilan dan terkadang menyertakan fitur baru. Dengan update tersebut, diharapkan pengalaman pengguna menjadi semakin lebih baik.


Jika anda pernah melakukan install update pada Windows 10 dan Windows 11, anda mungkin telah melihat folder baru bernama Windows.old di drive C. Bahkan, setiap kali anda menginstall update utama atau saat anda mengupgrade system dari satu versi ke versi lainnya, anda akan melihat folder ini.

Inilah folder Windows.old sebenarnya dan bagaimana cara menghapusnya dengan benar?


Apa itu Folder Windows.old

Folder Window.old bukanlah hal baru. Itu diperkenalkan kembali di Windows Vista dan folder ini secara otomatis dibuat ketika anda mengupgrade dari satu versi Windows ke yang lain, seperti dari Windows 7 ke Windows 10 atau mengupgrade dari Windows 10 ke Windows 11 atau ketika anda menginstlal mayor update. Folder ini berisi semua data, file, dan pengaturan lain yang diperlukan dari instalasi Windows sebelumnya. Karena folder ini menyimpan semua file penting, ini memungkinkan anda untuk dengan mudah menurunkan versi Windows jika anda tidak menyukai peningkatan atau anda menemukan kendala di versi Windows yang baru. Seringkali anda bahkan dapat menyalin data pengguna dan pengaturan lainnya langsung dari folder Windows.old ke instalasi baru anda.


Sebagus apapun, tergantung pada folder pengguna anda dan program yang diinstall, folder Windows.old dapat mengambil sebagian besar ruang hard drive anda hingga beberapa gigabyte.


Jika anda yakin anda tidak akan menurunkan versi, menghapus folder ini dapat mengembalikan ruang drive C anda yang sangat dibutuhkan.


Menghapus Folder Windows.old

Meskipun folder Windows.old mungkin terlihat seperti folder lain, anda tidak dapat menghapusnya secara langsung menggunakan tombol Delete pada keyboard anda. Sebaliknya, anda perlu menggunakan Windows Disk Cleanup tool. Untuk membukanya cari Disk Cleanup di Start menu dan buka.


Setelah Disk Cleanup tool dibuka, pilih drive C dari menu dropdown dan klik tombol OK.


Windows akan menunjukkan kepada anda beberapa file yang dapat anda bersihkan. Karena folder Windows.old adalah folder system, klik tombol Clean up system files yang muncul di bagian bawah jendela, dan sekali lagi pilih drive C dan klik OK.


Tindakan di atas akan memulai pemindaian untuk semua file yang dapat anda bersihkan.

Setelah pemindaian selesai, Windows akan mencantumkan semua file yang dapat anda hapus. Disini, pilih opsi Previous Windows Installation(s) dan klik tombol OK. Anda juga dapat memilih opsi lain seperti temporary Windows installation files, retail demo offline content, temporary Internet files, Windows upgrade logs, Windows defender files, device driver packages, dan lainnya untuk mendapatkan ruang tambahan. Seperti yang anda lihat, semua file yang saya pilih berjumlah 32GB lebih.


Tindakan di atas akan membuka jendela konfirmasi. Cukup klik tombol Delete Files untuk melanjutkan.


Sekali lagi, Windows mungkin menunjukkan pesan peringatan mengenai file temporary Windows installation dan file previous Windows installation. Cukup klik tombol Yes untuk melanjutkan.


Tindakan ini akan membersihkan semua file yang dipilih, dan anda akan mendapatkan kembali ruang hard disk anda dalam waktu singkat.


Sekian. Berikan komentar di bawah ini membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang folder windows.old dan menggunakan metode di atas untuk menghapus Windows.old. Terimakasih dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Post a Comment for "Apa Itu Folder Windows.old dan Cara Menghapusnya Dengan Benar"