Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error BSOD AmdRyzenMasterDriver.sys di Windows 10/11

 


AMD Ryzen adalah prosesor komputer yang sangat populer dan telah menemukan basis yang signifikan di antara laptop gaming. Namun, beberapa pengguna melaporkan error Blue Screen of Death terkait dengan file AmdRyzenMasterDriver.sys. Jika anda menemukan error blue screen ini di system anda, maka artikel ini akan membantu anda untuk menyelesaikannya.


Nama lengkap AmdRyzenMasterDriver.sys adalah AMD Ryzen Master Service Driver. Driver ini sangat penting agar prosesor AMD dapat bekerja. Jika file terkait hilang atau rusak, anda akan sering mengalami error Blue Screen of Death saat bekerja di system anda.


Error blue screen ini terutama disebabkan oleh file AmdRyzenMasterDriver.sys yang rusak atau hilang. Error tersebut disertai dengan sejumlah stop code berikut ini.

  • PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
  • DRIVER_VERIFIER_DETECTED_VIOLATION
  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL
  • SECURE_PCI_CONFIG_SPACE_ACCESS_VIOLATION
  • SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED




Memperbaiki Error BSOD AmdRyzenMasterDriver.sys


Jika anda mengalami masalah ini, maka coba solusi berikut ini secara berurutan untuk memperbaiki error blue screen AmdRyzenMasterDriver.sys ini.



1. Jalankan AMD Driver AutoDetect


Mungkin saja AMD Ryzen Master Service Driver ada di system anda, tetapi versi drivernya sudah out of date. Dalam hal ini, anda dapat mendownload set driver dari website AMD atau menjalankan tool AMD Drivers and Support AutoDetect. Tool AMD Drivers and Support AutoDetect ini lebih disukai karena akan mengupdate semua driver dan memperbaiki kemungkinan masalah lain dengan system anda.




2. Jalankan Windows Update untuk Mengupdate Driver


Cara terbaik untuk mengupdate semua driver Windows secara bersamaan adalah dengan ngupdate Windows. Proses update Windows akan mendorong semuanya mulai dari update keamanan hingga update driver. Namun, terkadang update driver dapat menjadi bagian dari Optional Updates di Windows. Dalam hal ini, anda juga harus mendorong Optional Updates pada Windows. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings Windows, klik Windows Update dibagian atas jendela. Atau pilih Update & Security dan klik Windows Update di panel kiri (Windows 10) atau klik Windows Update di panel kiri (Windows 11).
  • Selanjutnya di panel kanan, pilih View optional updates (Windows 10).
  • Atau klik Advanced options di panel kanan dan klik kemudian Optional updates (Windows 11).
  • Setelah itu, install optional updates apapun yang tersedia.




3. Install Ulang AMD Ryzen Master


Jika anda menggunakan AMD Ryzen Master, maka download dan install ulang software ini dan lihat apakah itu membantu.


AMD Ryzen Master dapat diinstall ulang seperti aplikasi lainnya. Buka jendela Programs and Features dan uninstall aplikasi AMD Ryzen Master. Kemudian reboot system anda untuk menyelesaikan prosedur uninstall aplikasi. Terakhir, anda dapat menginstallnya kembali dengan mendownload AMD Ryzen Master dari website AMD. Driver hanya akan bekerja pada system yang kompatibel.




4. JalankanScan SFC dan DISM


Karena penyebab utama masalah ini adalah file AmdRyzenMasterDriver.sys yang hilang atau rusak, maka pendekatan pertama adalah mencoba mengupdate file yang ada. Namun, jika file tersebut rusak atau hilang, maka mengganti file tersebut akan menjadi satu-satunya solusi. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan scan System File Checker (SFC). Jika scan SFC gagal memperbaiki masalah, maka anda dapat mencoba scan Deployment Image Servicing and Management (DISM). Scan DISM akan memulihkan system image di komputer anda.


Untuk menjalankan scan SFC dan DISM, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk menjalankan scan SFC.
sfc /scannow
  • Setelah itu, periksa apakah masalah diperbaiki atau tidak.
  • Jika tidak, maka masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk menjalankannya scan DISM.
Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
  • Setelah selesai, restart komputer anda dan periksa kembali.



5. Lakukan System Restore

Jika solusi yang disebutkan di atas gagal, maka anda dapat mencoba melakukan System Restore untuk memulihkan system anda ke restore point yang anda buat sebelumnya. Perhatikan bahwa solusi ini dapat anda lakukan jika anda telah membuat system restore point sebelum masalah ini terjadi.


Jika prosedur system restore juga tidak membantu atau anda belum membuat system restore point, maka anda harus mereset system ke default.


Semoga salah satu metode diatas membantu anda memperbaiki masalah ini.

Apa itu AMD Ryzen Master?
Saat anda menjalankan system anda pada prosesor AMD Ryzen, aplikasi AMD Ryzen Master ini menjadi penting untuk performa. Seri AMD Ryzen lebih populer di kalangan gamer karena utilitas ini menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk meningkatkan parameter system mereka.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error BSOD AmdRyzenMasterDriver.sys di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error BSOD AmdRyzenMasterDriver.sys di Windows 10/11"