Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki CS: GO Tidak Dapat Diluncurkan atau Dibuka di Windows 10/11

 


Jika anda tidak dapat meluncurkan Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO) versi 1535 di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini akan membantu anda. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa metode perbaikan yang berfungsi berdasarkan skenario berbeda untuk memperbaiki masalah peluncuran dengan CS: GO.


CS: GO adalah game first person shooter multiplayer tactical populer yang dapat anda mainkan di komputer Windows 10 atau Windows 11 menggunakan launcher Steam. Namun, beberapa pengguna mengeluh bahwa mereka tidak dapat meluncurkan CS: GO di Steam. Game ini tidak mau terbuka sama sekali sehingga membuat para gamer frustrasi. Sekarang, mungkin ada alasan berbeda untuk masalah ini. Ini bisa disebabkan karena kurangnya hak admin, versi game yang sudah out of date, CPU yang di overclock, file game yang rusak dan lainnya.


Jika masalah juga terjadi pada game Steam lainnya, maka saya sarankan anda menghapus cache download Steam, menjalankannya dengan hak admin atau menonaktifkan antivirus/firewall anda. Namun, jika masalah hanya terjadi pada game CS: GO, maka ikuti panduan di artikel ini dan terapkan perbaikan yang sesuai.




Memperbaiki CS: GO Tidak Dapat Diluncurkan atau Dibuka


Jika game Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO) tidak diluncurkan atau dibuka di PC anda, maka pastikan PC anda memenuhi persyaratan system minimum game tersebut. Jika ya, maka anda dapat menggunakan metode perbaikan dibawah ini untuk memperbaiki masalah.



1. Update Driver Windows dan Graphics


Pertama-tama, masalah ini tidak disebabkan karena masalah system. Mungkin digunakan jika system anda sudah out of date. Karenanya, pastikan anda telah menginstall semua update Windows yang tertunda. Untuk itu, luncurkan Settings Windows menggunakan Win + I, kemudian buka Windows Update dan klik Check for updates.



Selain itu, jika driver graphics anda out of date atau rusak, game CS: GO bahkan mungkin tidak dapat dibuka. Jadi, anda perlu memastikan bahwa driver graphics anda telah diupdate ke versi terbaru. Anda dapat mengupdate driver graphics anda pada PC Windows menggunakan salah satu metode berikut dibawah ini.

  • Periksa kembali Windows Update di halaman Optional Updates dan menginstall driver yang mungkin terlewatkan.
  • Anda juga dapat mengupdate driver graphics card anda dengan mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk NVIDIA, di artikel ini untuk AMD atau di artikel ini untuk Intel Graphics.
  • Software update driver pihak ketiga gratis juga dapat digunakan untuk mengupdate driver graphics ke versi terbarunya.



2. Jangan Overclock CPU Anda


Overclocking sangat membantu saat anda ingin menjalankan CPU atau beberapa komponen system lainnya lebih cepat dari kecepatan yang ditentukan pabrikan untuk memberikan peningkatan performa/kinerja. Namun, itu juga dapat membuat system anda tidak stabil dan menyebabkan masalah dengan aplikasi dan game anda. Oleh karena itu, jika anda telah melakukan overclock pada CPU anda, maka nonaktifkan overclocking dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum.



3. Jalankan CS: GO dengan Hak Administrator


Dalam banyak kasus, masalah peluncuran disebabkan jika anda tidak memiliki permission/izin yang diperlukan untuk menjalankan game atau aplikasi. Jika demikian halnya dengan game CS: GO dengan menjalankannya dengan hak administrator. Untuk melakukannya, klik kanan pada file CSGO.exe executable dan pilih opsi Run as administrator untuk meluncurkan game. Jika masalah teratasi, maka anda dapat membuat game CS:GO selalu berjalan dengan hak admin dengan mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Buka File Explorer dan buka folder instalasi CS: GO anda. Anda kemungkinan besar akan menemukan file CS: GO executable di lokasi dibawah ini.
C:\SteamLibrary\SteamApps\common\Counter-Strike Global Offensive\csgo.exe
  • Kemudian, klik kanan pada file csgo.exe dan pilih opsi Properties dari menu konteks.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Compatibility.
  • Kemudian, beri ceklist pada opsi Run this program as an administrator di bawah bagian Settings.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Setelah selesai, coba luncurkan kembali game CS: GO dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum.


4. Periksa Update Game

Hal lain yang harus anda pastikan adalah bahwa anda telah menginstall versi terbaru dari game tersebut. Pengembang terus meluncurkan patch dengan fungsionalitas baru dan perbaikan bug. Oleh karena itu, disarankan untuk menginstall semua patch game terbaru untuk memperbaiki masalah tersebut. Steam harus dapat mengupdate game anda secara otomatis. Namun, jika pengaturan tidak dikonfigurasi untuk update game otomatis, maka anda dapat mengaktifkannya menggunakan langkah-langkah dibawah ini.
  • Buka Steam dan buka LIBRARY.
  • Kemudian klik kanan pada game Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO) dan pilih Properties.
  • Selanjutnya, alihkan ke tab Updates.
  • Selanjutnya, pilih opsi Always keep this game up to date di bawah bagian Automatic updates.
  • Jika ada update yang tersedia untuk game, maka itu akan didownload.
  • Terakhir, restart Steam untuk mengupdate game dan coba luncurkan CS: GO sekarang.



5. Verifikasi Integritas File Game CS: GO

Dalam beberapa skenario, game tidak diluncurkan karena file game rusak. Jika file game CS: GO yang bertanggung jawab untuk memulai game terinfeksi atau hilang, file tersebut tidak akan terbuka. Karenanya, anda akan diminta untuk memverifikasi integritas file game dan memperbaiki file game yang rusak. Steam menyediakan opsi langsung untuk melakukan itu.



6. Reset File autoexec.cfg

Anda mungkin mengalami masalah peluncuran dengan game CS: GO karena file konfigurasi gamenya rusak. Karenanya, jika skenario berlaku, anda dapat mencoba mereset file konfigurasi. Untuk melakukan itu, hapus file dan coba luncurkan CS: GO. Setelah game berhasil diluncurkan, file konfigurasi akan dibuat ulang. Namun, anda dapat membuat backup file agar lebih aman.

Berikut langkah-langkah mereset file autoexec.cfg CS:GO.
  • Buka File Explorer menggunakan Win + E dan pergi ke lokasi berikut ini.
C:\Program Files (x86)\Steam\userdata\<Ganti dengan ID Steam anda>\730\local\cfg
  • Sekarang, cari dan pilih file autoexec.cfg dan hapus itu.


Setelah itu, coba luncurkan game dan lihat apakah diluncurkan dengan benar atau tidak. Jika anda masih tidak dapat membuka game CS: GO, lanjutkan ke perbaikan berikutnya.


7. Sesuaikan Launch Options untuk CS: GO

Coba luncurkan game CS: GO dalam fullscreen mode dengan opsi peluncuran khusus dan lihat apakah masalahnya teratasi atau tidak. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
  • Buka Steam dan buka LIBRARY.
  • Kemudian klik kanan pada Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO) dan pilih Properties.
  • Sekarang, pilih tab General dan klik SET LAUNCH OPTIONS.
  • Kemudian masukkan perintah berikut ini dan klik OK.
-fullscreen
  • Terakhir, keluar dari jendela Properties.


Sekarang coba luncurkan game anda dan lihat apakah masalahnya teratasi atau tidak.


8. Install Ulang CS: GO

Jika anda masih tidak dapat meluncurkan CS: GO di PC anda, maka upaya terakhir untuk memperbaiki masalah ini adalah menginstall ulang game. Anda mungkin berurusan dengan instalasi game yang rusak. Dan jika memang demikian, maka anda harus menguninstall versi CS: GO yang rusak dan menginstall ulang salinan game yang baru. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
  • Buka Steam dan buka bagian LIBRARY.
  • Sekarang, klik kanan pada CS: GO, kemudian arahkan ke Manage dan pilih Uninstall.


  • Setelah game CS: GO diuninstall, restart komputer anda.
  • Terakhir, luncurkan Steam dan install kembali game CS: GO.

Semoga anda dapat meluncurkan CS: GO tanpa masalah.


Alasan utama crash CS: GO adalah karena komputer anda tidak memenuhi persyaratan minimum game. Selain itu, jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan di komputer anda, maka itu dapat menyebabkan CS: GO crash karena kurangnya resource system. Mungkin juga error disebabkan karena DirectX dan Microsoft Visual C++ Redistributable package yang out of date. Selain itu, instalasi game yang rusak bisa menjadi penyebab lainnya.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki CS: GO tidak dapat diluncurkan atau dibuka di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki CS: GO Tidak Dapat Diluncurkan atau Dibuka di Windows 10/11"