Memperbaiki Microsoft Store Menampilkan Layar Hitam/Putih di Windows 10/11
Saat anda membuka Microsoft Store di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mengalami masalah layar hitam atau putih kosong ddan tidak menampilkan apapun disana. Masalah ini diketahui dapat disebabkan karena berbagai alasan termasuk cache Microsoft Store yang rusak, file system yang rusak dan pengaturan waktu dan wilayah yang salah. Jika anda juga mengalami hal yang sama di Microsoft Store anda, maka artikel ini dapat membantu anda. Pada artikel ini, saya akan membahas beberapa metode perbaikan yang akan membantu anda mengatasi masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.
Memperbaiki Microsoft Store Menampilkan Layar Hitam/Putih
Jika anda terus melihat layar hitam atau hutih kosong di Microsoft Store di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menggunakan metode ini untuk memperbaiki masalah tersebut.
1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter
Sebagai langkah awal, saya akan menyarankan anda untuk menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter terlebih dahulu. Troubleshooter ini mampu mendeteksi dan memperbaiki masalah umum yang terkait dengan Microsoft Store dan aplikasi yang di install darinya. Oleh karena itu, sebelum mengikuti perbaikan lainnya dibawa ini, jalankan Windows Store Apps Troubleshooter untuk memperbaiki masalah layar hitam atau putih kosong di Microsoft Store anda. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
Di Windows 10:
- Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
- Di halaman berikutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional Troubleshooters di panel kanan.
- Selanjutnya, klik pada Windows Store Apps dan diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter.
- Langkah ini akan membuka jendela troubleshooter.
- Di jendela troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan untuk menyelesaikan proses.
Di Windows 11:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
- Di jendela Settings yang terbuka, klik System di panel kiri dan klik Troubleshoot di panel kanan.
- Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
- Selanjutnya, di panel kanan, klik Run yang berada di sebelah Windows Store Apps.
- Di jendela troubleshooter yang terbuka, ikuti petunjuk yang di tampilkan.
- Troubleshooter akan menscan untuk menemukan masalah dan akan memperbaiki masalah yang ditemukan secara otomatis.
Jika troubleshooter bawaan Windows tidak dapat memperbaiki masalah ini untuk anda, lanjutkan ke metode perbaikan berikutnya.
2. Reset atau Perbaiki Microsoft Store
Anda juga dapat memperbaiki atau mereset Microsoft Store di Windows 10 atau Windows 11 anda dan melihat apakah itu membantu. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
Di Windows 10:
- Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
- Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri.
- Di panel kanan, klik Microsoft Store dan kemudian klik Advanced options.
- Selanjutnya pergi ke bagian Reset. Kemudian, jalankan Reset terlebih dahulu untuk mengatur ulang aplikasi.
- Setelah selesai, restart komputer anda dan periksa.
- Jika itu tidak memperbaiki masalah, jalankan Repair.
- Setelah proses repair selesai, restart komputer anda dan periksa kembali.
Di Windows 11:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
- Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan klik Installed apps di panel kanan.
- Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Microsoft Store dan pilih Advanced options.
- Selanjutnya pergi ke bagian Reset dan jalankan opsi Reset. Ini akan mengatur ulang aplikasi.
- Setelah itu, restart komputer anda dan kemudian periksa kembali.
- Jika masalah berlanjut setelah mereset aplikasi, jalankan Repair untuk memperbaiki aplikasi.
- Setelah selesai, restart kembali PC anda dan periksa apakah masalah di Microsoft Store sudah teratasi atau belum.
3. Pastikan Anda Terhubung ke Koneksi Internet yang Stabil
Masalah ini mungkin karena koneksi internet yang buruk. Microsoft Store memerlukan koneksi internet aktif dan baik untuk membuka aplikasi dan menampilkan segalanya. Mungkin ada beberapa masalah konektivitas yang menyebabkan anda melihat layar hitam atau putih kosong di Microsoft anda Store. Oleh karena itu, pastikan anda terhubung dengan baik ke internet. Anda dapat mencoba memecahkan masalah Network dan koneksi Internet atau beralih ke koneksi jaringan lain. Atau anda dapat mencoba merestart router/modem anda dan periksa apakah masalah telah teratasi.
4. Bersihkan Cache Microsoft Store
Hal berikutnya yang dapat anda lakukan adalah membersihkan cache Microsoft Store. Banyak masalah dengan Microsoft Store diperbaiki saat anda menghapus cache terkait karena mungkin rusak seiring berjalannya waktu. Jadi, anda dapat melakukan hal yang sama dan periksa apakah masalahnya dapat diperbaiki atau tidak. Berikut cara melakukannya.
- Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk memuka Command Prompt dengan hak admin. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
- Selanjutnya di jendela command prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
- Tunggu hingga proses selesai dan kemudian dapat menutup jendela command prompt.
- Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Time & Language di jendela Settings.
- Di halaman berikutnya, klik Date & time di panel kiri.
- Sementara di panel kanan, aktifkan opsi Set time automatically dan Set time zone automatically.
- Setelah itu klik Sync now.
- Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
- Selanjutnya di jendela Settings, pilih Time & language di panel kiri dan di panel kanan klik Date & time.
- Di halaman berikutnya di panel kanan, aktifkan opsi Set time automatically dan Set time zone automatically.
- Setelah itu klik Sync now.
- Buka Windows PowerShell dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dan memilih PowerShell.
- Sekarang di jendela PowerShell, masukan perintah berikut dibawah ini dan Enter.
- Setelah selesai, restart komputer anda dan periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum.
Post a Comment for "Memperbaiki Microsoft Store Menampilkan Layar Hitam/Putih di Windows 10/11"