Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error This app does not support the contract specified or is not installed di Windows 10/11

 


Saat membuka aplikasi atau melakukan tugas apapun di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mendapatkan pesan error This app does not support the contract specified or is not installed. Jika demikian, maka artikel ini memberikan solusi perbaikan yang paling sesuai untuk berhasil menyelesaikan masalah ini di system anda.



Masalah ini dapat terjadi jika anda baru saja mengupdate driver atau Windows anda. Ketika sebuah aplikasi tidak mendukung atau tidak dikonfigurasi dengan Windows maka itu mungkin tidak berjalan dengan benar dan menghasilkan error ini. Namun, mungkin juga ada alasan lain mengapa error ini dapat terjadi di komputer anda seperti file system yang rusak, masalah registry atau user account anda yang rusak. Namun, sebagian besar error ini dapat dengan mudah diselesaikan dengan mengupdate aplikasi. Dalam artikel ini, saya akan membahas kemungkinan metode dan solusi untuk memperbaiki masalah ini.



Memperbaiki Error This app does not support the contract specified or is not installed


Anda dapat menerapkan solusi yang saya rekomendasikan dibawah ini tanpa urutan tertentu untuk memperbaiki error This app does not support the contract specified or is not installed dan lihat apakah anda dapat menyelesaikan masalah di perangkat anda.



1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter


Langkah pertama anda dalam upaya anda untuk memecahkan masalah dan memperbaiki error This app does not support the contract specified or is not installed yang muncul pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda adalah menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter dan lihat apakah itu membantu.


Untuk menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional Troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Windows Store Apps dan kemudian klik Run the troubleshooter di panel kanan untuk menjalankan troubleshooter.
  • Jendela Windows Store Apps Troubleshooter akan muncul. Ikuti petunjuk yang di tampilkan.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan kemudian klik Run yang ada di sampingnya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.



Meskipun ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah dengan aplikasi, namun Windows Store Apps Troubleshooter Windows 10 dan Windows 11 dapat melakukan tugasnya dengan baik. Ini dirancang untuk secara otomatis menscan dan memperbaiki masalah apapun yang dapat mencegah aplikasi yang anda peroleh dari Microsoft Store tidak berfungsi dengan benar. Semoga ini menyelesaikan masalah untuk anda.



2. Jalankan Scan SFC dan DISM


Solusi ini mengharuskan anda untuk memperbaiki file system menggunakan perintah SFC dan DISM. Untuk melakukan tugas ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.
DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth

  • Tunggu hingga proses selesai terlebih dahulu, kemudian masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
sfc /scannow

  • Setelah proses selesai, tutup jendela Command Prompt atau Windows Terminal.
  • Kemudian restart komputer anda.


Setelah anda menjalankan perintah diatas dan jika ada file system yang rusak, maka anda akan melihat pesan berikut:
Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired them. Details are included in the CBS.Log %WinDir%\Logs\CBS\CBS.log

Tetapi jika pesan berikut ditampilkan, maka anda dapat menjalankan perintah berikut dibawah ini:
Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them. Details are included in the CBS.Log %WinDir%\Logs\CBS\CBS.log

findstr /c:"[SR]" %windir%\Logs\CBS\CBS.log >"%userprofile%\Desktop\sfclogs.txt"

Perintah diatas akan membuka log di Desktop anda dan kemudian anda dapat secara manual mencari file yang menyebabkan error ini di komputer anda dan mengambil tindakan yang diperlukan. Anda dapat membaca artikel ini jika SFC gagal memperbaiki dan DISM menampilkan error 0x800f081f.


3. Update Windows dan Aplikasi Microsoft Store

Update software (juga dikenal sebagai patch) untuk OS atau aplikasi adalah serangkaian perubahan pada software untuk mengupdate, memperbaiki atau mengupgradenya. Perubahan pada software biasanya akan memperbaiki bug, memperbaiki kerentanan keamanan, menyediakan fitur baru atau meningkatkan performa/kinerja dan kegunaan.

Solusi ini mengharuskan anda untuk memastikan Windows diupdate ke versi terbaru. Anda dapat melakukan ini dengan memeriksa update di halaman Windows Update di jendela Settings dan menginstall update yang tersedia untuk perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda. Demikian pula, anda juga perlu memeriksa update aplikasi Microsoft Store secara manual. Biasanya, aplikasi Microsoft Store akan diupdate secara otomatis, tetapi jika karena alasan tertentu, itu tidak di update secara otomatis, maka anda harus melakukan update secara manual.


4. Buat User Account Baru

Karena shut down perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda yang tidak normal atau tidak terduga, maka mungkin cache aplikasi pengguna C:\Users\user_name\AppData\Local\Packages telah rusak. Dalam hal ini, untuk menguji apakah anda user account anda memiliki masalah, anda perlu membuat user account baru dan login ke akun baru tersebut. Jika masalah ini tidak muncul kembali, maka anda dapat memperbaiki profil pengguna yang rusak dan melihat apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, maka anda dapat menggunakan profil pengguna yang baru tersebut untuk menyelesaikan masalah. Anda dapat memindahkan data anda ke profil pengguna yang baru dan mengubah type account anda ke administrator jika diperlukan.


Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk memindahkan file dan data ke profil pengguna baru.
  • Backup file data profil pengguna di user account lama. Untuk itu, buka File Explorer dan buka Folder Options. Di Windows 10, klik View - Options - Change folder and search options. Di Windows 11, klik menu tiga titik dan pilih Options.
  • Di jendela Folder Options, alihkan ke tab View.
  • Kemudian, pergi ke bagian Advanced settings dan atur pengaturan berikut:
  1. Pilih opsi Show hidden files, folders, and drives.
  2. Hapus ceklist pada opsi Hide extensions for known file types.
  3. Hapus ceklist pada opsi Hide protected operating system files (Recommended).


  • Di File Explorer, temukan folder C:\Users\Old_Username, dimana C adalah drive tempat Windows diinstall dan Old_Username adalah nama profil yang ingin anda buat backupnya.
  • Pilih semua dengan menekan tombol Ctrl + A dan copy semua file dan folder di folder tersebut, kecuali file NtUser.dat, NtUser.ini, NtUser.log (atau jika tidak ada, kecualikan dua file log yang disebut ntuser.dat.log1 dan ntuser.dat.log2).


  • Kemudian, paste file ke lokasi backup yang anda pilih. Anda dapat mengambil profil user account lama anda dari lokasi backup ini jika diperlukan. Tetapi perlu diingat bahwa file yang berada di bawah C:\Users\Old_Username\AppData\Local\Packages kemungkinan rusak dan mungkin juga ada file lain yang rusak.
  • Sign out dari user account lama. Jika anda memiliki pesan email dalam program email, anda harus mengimpor pesan dan alamat email anda dan mentransfer file/data anda ke profil pengguna baru sebelum anda menghapus profil lama. Jika semuanya berfungsi dengan baik, anda dapat menghapus akun/profil lama.


5. Daftar Ulang atau Install Ulang Aplikasi yang Bermasalah

Solusi ini mengharuskan anda untuk terlebih dahulu mendaftarkan ulang aplikasi Microsoft Store yang bermasalah. Jika mendaftar ulang aplikasi tidak menyelesaikan masalah, maka anda dapat melanjutkan untuk menguninstall aplikasi dan kemudian menginstall versi terbaru aplikasi di perangkat anda. Tetapi seperti yang dilaporkan oleh beberapa pengguna yang terpengaruh, aplikasi yang dimaksud mungkin tidak terdaftar di Apps & features atau tombol Uninstall untuk aplikasi berwarna abu-abu di Settings Windows atau di Programs and Features di Control Panel. Dalam hal ini, anda dapat menguninstal program atau aplikasi melalui Command Prompt, PowerShell, Registry Editor atau menggunakan aplikasi uninstaller pihak ketiga. Metode uninstall apapun yang anda gunakan yang sesuai untuk anda, setelah selesai uninstall, anda dapat mengunjungi Microsoft Store untuk mendownload dan menginstall kembali aplikasi tersebut.


Jika tidak ada yang berhasil dan masalah yang anda hadapi saat ini masih belum terselesaikan, anda dapat mereset Windows dengan opsi untuk menyimpan file pribadi anda. Setelah reset selesai, anda dapat menginstall ulang semua aplikasi yang anda butuhkan.

Saya harap artikel ini membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mudah membuat aplikasi Android anda sendiri atau aplikasi terbaik untuk mengontrol PC Windows dengan perangkat Android.

Sekian tutorial kali ini. Semoga dapat membantu anda dalam memperbaiki error This app does not support the contract specified or is not installed di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error This app does not support the contract specified or is not installed di Windows 10/11"